Pasang Surut Air Laut

Attailah Petir
Pasang Surut Air Laut
Attailah Petir - Hai guys....... Lagi pada apa nih? Hari ini aku pengen ngajak kamu semua buat cari tau tentang pasang surutnya air di lautan nih geng, kenapa sih bisa terjadinya pasang surut? Apa kira-kira menurut kamu hal yang menyebabkan terjadinnya pasang surut air laut?

Nih aku jelasin, ini setau aku aja yah guys, berdasarkan yang aku baca di sebuah situs di internet, katanya nih faktor yang ngaruh dalam hal terjadinya pasang surut air laut adalah dasar perairan, letak benua sama pulau dan juga pengaruh gaya coriolis, gituh geng.



Dasar perairan apalagi di perairan yang dangkal nih geng bisa memperlambat gerakan pasang makanya suatu tempat itu bisa punya Lunital Interval yang gede guys, Tahanan dasar juga bisa ngeredam energi pasang, makanya kalau di perairan tertentu pasangnya tuh kecil banget.

Kategori dari pasang surut ini sendiri ada 4 macam yaitu pasang surut hari tunggal, ( diurnal tide ) yaitu pasang surut yang terjadi dalam sehari, terus ada pasang surut harian ganda ( semi diurnal ) yaitu pasang surut yang terjadi 2 kali dalam sehari, terus ada pasang surut campuran codong ke harian ganda ( mixed tide prevailing diurnal ) yaitu pasang surut yang terjadi 2 kali dalam sehari yang beda dalam tinggi sama waktu, dan yang terakhir ada pasang surut codong ke harian tunggal ( mixed tide prevailing diurnal ) yaitu pasang surut satu kali pasang dan satu kali surut dalam sehari yang beda banget dalam, tinggi sama waktunya.

Manfaat dari pasang surut ini buat orang-orang yang tinggal di bibir pantai adalah mereka bisa manfaatin kesempatan saat air lagi surut buat ikan-ikan yang nggak bakalan mungkin mereka tangkap waktu air lagi pasang, mereka bisa makek alat perangkap kayak bubu sama sero buat nangkap ikan waktu air lagi surut guys, selain itu juga bisa dimanfaatin buat ngintai air di tambak.

Nah, gitu guys pasan surut yang aku tau dan bisa aku share buat kamu melalaui postingan ini, mungkin sekian dulu aja ya guys, silahkan kamu share postingan ini ke temen-temen kamu yang lain, semoga postingan ini bisa bermanfaat buat kamu semuanya, terimakasih udah mampir di postingan ini dan sampai jumpa kembali di lain kesempatan, See You Guys.......




Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »