Protein



Attailah Petir - Protein adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer, polimer dari monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida, Protein itu sendiri berasal dari bahasa yunnani yaitu " Protos " dan artinya sendiri adalah " Yang Paling Utama", Jadi bisa dikatakan kalau Protein ini sendiri merupakan salah satu senyawa yang harus tercukupi di tubuh kita.


www.attailahpetir.com
Sumber Protein
Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan terkadang sulfur serta fosfor, Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus, Protein sendiri juga merupakan salah satu dari biomolekul raksasa, selain polisakarida, lipid, dan polinukleotida, yang merupakan penyusun utama makhluk hidup. Selain itu, protein merupakan salah satu molekul yang paling banyak diteliti dalam biokimia.

Protein terbaik terbagi menjadi Protein 2 yaitu protein hewani dan protein nabati.

Protein Nabati
Protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuhan, dan sebagian besar produk keluarga tanaman, seperti kacang dan kedelai yang banyak mengandung protein nabati, Resiko peningkatan kolesterol karena pengaruh dari protein nabati jauh lebih sedikit dan bahkan hampir nol, beberapa penelitian lain membuktikan bahwa mengkonsumsi protein kedelai ditempat protein hewani akan mengurangi kolesterol LDL secara signifikan, pengurangan ini hampir 13% dari LDL telah diamati melalui penggantian 50 gram daging dengan protein kedelai per hari, protein nabati sendiri banyak terdapat di dalam kacang tanah, Kacang merah, kedelai dan lain sebagainya.

Protein Hewani
Protein Hewani adalah protein yang berasal dari dari hewan, dan sebagian besar protein hewani itu terdapat dalam daging merah, daging ayam atau unggas, telur, ikan dan juga produk susuMenurut Prof. Hardinsyah MS PhD, Ketua umum PERGIZI Pangan Indonesia, protein hewani memiliki sangat banyak manfaat untuk tubuh. “Protein hewani membuat pertumbuhan sel-sel organ tubuh dengan baik atau memperbaiki sel tubuh yang rusak, meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu pertumbuhan,”.

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »