Gerbang Logika

Attailah Petir - Gerbang Logika merupakan rangkaian dasar yang membentuk komputer, jutaan transistor didalam microprosessor membentuk ribuan gerbang logika, sebuah gerbang logika sederhana memiliki satu terminal input dan satu terminal output, keluarannya juga bisa tinggi dengan nilai 1 atau rendah dengan nilai 0.
Gate Logic
Gerbang Logika
Keluarannya sendiri sangat bergantung pada level digital yang diberikan pada terminal input. Dalam gerbang logika dikenal 7 gerbang logika diantaranya adalah OR, AND, NAND, NOR, Inverter, EXOR dan EXNOR.


Untuk zaman sekarang ini gerbang logika yang paling sering digunakan berasal dari IC logika seperti 74xx atau 40xx, dalam 1 IC terdapat 4 sampai dengan 8 buah gerbang logika dan harganya sendiri juga sangat murah, hanya beberapa ribu rupiah saja.

Namun untuk IC yang diciptakan dengan teknologi tinggi seperti Prosessor Intel Pentium yang didalamnya memiliki berjuta-juta gerbang logika, yang pada dasarnya harga untuk setiap gerbang logika hanya beberapa ribu rupiah saja.

Baca Juga: Resistor

Gerbang logika NOT, NAND dan juga NOR merupakan gerbang logika dasar pada teknologi CMOS, sedangkan gerbang logika NOT, AND dan juga OR merupakan gerbang logika turunan dari gerbang logika dasar, hal tersebut dikarenakan pada proses pembuatan gerbang logika, jumlah transistor yang digunakan pada pembuatan gerbang logika NAND lebih sedikit sehingga menjadi lebih sederhana daripada gerbang AND, dan begitu juga dengan NOR.

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »