Jenis-jenis Komputer

Attailah Petir - Komputer adalah perangkat elektronik yang memanipulasi informasi ataupun data, Komputer sendiri mampu menyimpan, mengambil, dan mengolah data, Anda juga mungkin telah mengetahui bahwa Anda bisa menggunakan komputer untuk mengetik dokumen, mengirim e-mail, bermain game, maupun menjelajah Web, komputer juga terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan penggunaan serta fungsinya.
Attailah Petir
Komputer Apple

Spesial Purpose Computer 
Komputer jenis ini adalah komputer yang hanya mampu menyelesaikan satu masalah saja, maka dari itu komputer ini hanya program tertentu saja yang dijalankan dan itupun program yang memang dibutuhkan untuk di jalankan pada komputer tersebut, sebagai contoh yang paling sederhana adalah komputer yang digunakan di bank pasti program yang terdapat di dalam komputer tersebut hanya program yang berkaitan dengan dunia perbangkan dan contoh lainnya adalah komputer yang digunakan pada kilang minyak.

General Purpose Computer
Jenis komputer ini mampu untuk menyelesaikan berbagai macam masalah, dan contoh yang paling mudah nya adalah Komputer Digital dan Analog, tapi yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah komputer digital dan biasanya komputer ini digunakan untuk pendidikan dan juga bisnis.

Baca Juga: Oppo A3s

Komputer Analog Atau Analog Computer
Komputer Analog merupakan jenis komputer yang digunakan untuk mengolah data kualitatif dikarenakan komputer ini sendiri digunakan untuk memproses data secara berkesinambungan atau terus menerus, dan pastinya mengenal data sebagai besaran fisik yang diukur secara terus menerus, Output yang dihasilkan dari jenis komputer ini sendiri berupa dial atau grafik dan contoh yang paling simpelnya adalah besaran arus listrik.

Keuntungan dari Komputer ini tidak lain adalah bisa digunakan untuk memproses data dalam besaran fisik tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu. Sedangkan kelemahan dari Komputer Analog ini adalah kecepatannya yang sangat kurang.

Baca Juga: Sony Xperia TM

Komputer Digital Atau Digital Computer
Komputer Digital merupakan jenis Komputer yang digunakan dalam pengolahan data kuantitatif, dikarenakan tugas dari komputer ini sendiri adalah untuk mengolah data discrete ( Bilangan/angka yang terputus ) dan akan mengenali data sebagai sinyal diskrit dari tinggi rendahnya tegangan listrik ( ON atau OFF ), Keluaran dari Komputer Jenis ini sendiri bisa berupa angka, huruf, grafik ataupun gambar dan komputer jenis ini sendiri sangat banyak digunakan untuk aplikasi bisnis.

Keuntungan dari Komputer Digital ini sendiri tidak lain adalah mampu menyimpan data dan data tersebut masih bisa digunakan kembali jika data tersebut digunakan, mampu memproses data dengan lebih cepat dibandingkan dengan komputer analog dan mampu untuk melakukan perhitungan logika.

Baca Juga: Resistor

Komputer Hybrid
Sesuai dengan namanya, Komputer Hybrid merupakan kombinasi antara Komputer Analog dengan Komputer Digital, dimana Komputer Hybrid ini mampu untuk melakukan pengolahan data Kualikatif maupun kuantitatif, Komputer Hybrid ini sendiri selangkah lebih cepat dalam hal pengolahan data dibandingkan dengan jenis Komputer Analog dan Komputer Digital.

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »