Khasiat Bawang Putih

Attailah Petir - Bawang putih merupakan tanaman dari Genus Allium , Bawang Putih ini sendiri memiliki riwayat hidup yang panjang di dunia yakni 7.000 tahun silam dan banyak tumbuh bahkan banyak di budi dayakan di asia tengah, Bawang Putih ini sendiri sangat erat hubungannya dengan dunia masak-memasak dan hampir semua masakan di indonesia menggunakan bawang putih ini.
Bawang Putih
Bawang Putih 
Khasiat Bawang Putih ini sendiri juga sangat banyak dan banyak digunakan untuk mengobati penyakit tanpa adanya efek samping seperti obat-obat kimia yang beredar dipasaran. Bawang putih ini sendiri juga dijadikan sebagai bumbu di hampir semua makanan dan di indonesia sendiri, hampir setiap masakan dengan rasa yang menggugah selera pasti terdapat bawang putih didalamnya.

Adapun Khasiat Bawang putih adalah sebagai berikut:

Anti Microba
Microba
Microba
Khasiat Bawang Putih paling utama adalah sebagai Anti Microba, salah satu zat kimia aktif yang membuat bawang putih bermanfaat bagi kesehatan tubuh antara lain adalah allicin, studi dari jurnal Molecules tahun 2014 lalu, allicin diproduksi ketika bawang putih tersebut dihancurkan ataupun dicincang.

Menurut para peneliti, dengan dosis yang tepat allicin yang terdapat didalam bawang putih ini bisa digunakan sebagai antimikroba.

Mengendalikan Tekanan Darah
Khasiat Bawang Putih
Tekanan Darah
Khasiat Bawang Putih yang kedua adalah sebagai pengendali tekanan darah, dalam konsentrasi yang tidak berbahaya allicin yang terdapat didalam bawang putih ternyata juga bisa membantu mengendalikan tekanan darah,  Hal ini terbukti dari analisa 11 studi yang melihat orang-orang yang mengonsumsi 600-900 miligram (mg) bawang putih sehari dalam jangka waktu 12 sampai dengan 23 minggu.

Hasil yang didapatkan adalah rata-rata orang yang memiliki tekanan darah tinggi angka sistoliknya berkurang hingga 8,4 mmHg dan diastoliknya berkurang hingga 7,3 mmHg.

Pembunuh Kanker
Khasiat Bawang Putih
Sel Kanker
Khasiat Bawang Putih selanjutnya adalah sebagai pembunuh kanker, seperti yang kita tahu bahwa Kanker merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh ketidakteraturan perjalanan hormon yang bisa mengakibatkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal atau sering dikenal sebagai tumor ganas.

Dalam studi di jurnal Molecules 2014 lalu membuktikan bahwa allicin yang terdapat dalam bawang putih mampu mengursir sel kanker yang terdapat dalam tubuh.

Baca Juga: Protein

Namun walaupun demikian bukan berarti kanker bisa diobati dengan konsumsi bawang putih, memerlukan penelitian lebih dan juga uji klinis untuk bisa membuktikan kalau allicin yang terdapat dalam bawang putih benar benar efektif dalam membasmi sel-sel kanker.

Kanker itu sendiri meliputi kanker payudara, kanker servik, kanker kulit, kanker usus, kanker darah, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker nasofaring, kanker otak, kanker mulut, kanker lidah, kanker kelenjar getah bening dan masih sangat banyak kanker-kanker lainnya yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Itulah Manfaat atau Khasiat Bawang Putih yang bisa admin tuliskan di dalam postingan kali ini, mudah-mudahan di postingan selanjutnya admin bisa tuliskan lebih banyak lagi Manfaat ataupun Khasiat Bawang Putih. 

Baca Juga: Khasiat Daun Kelor

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »