Pulau Rubiah

Attailah Petir - Pulau rubiah merupakan salah satu pulau yang berada di ujung barat pulau sumatera yang menyajikan keindahan yang membuat para wisatawan berkata inilah surga dunia, Keindahan pulau sabang bahkan dikenal hingga ke manca negara, begitu juga dengan pulau rubiah.

Pulau Rubiah
Pulau Rubiah 
Pulau rubiah ini sendiri merupakan bagian dari kota sabang, Provinsi Aceh, Indonesia, letaknya yang berada di bagian barat laut dan juga pulau weh membuat pulau rubiah ini penasaran dan banyak dikunjungin para wisatawan, baik mereka yang datang dari dalam negeri maupun dari luar negeri.


Pesona laut yang ditawarkan di pulau rubiah ini sendiri juga tidak main-main, selain pemandangan pantainya yang terkenal sangat indah, pulau rubiah ini juga memiliki taman laut yang menjadi surganya para penyelam untuk melihat terumbu karang, ikan-ikan yang menemani para penyelam merupakan hiasan dari taman laut pulau rubiah ini.

Pulau rubiah ini sendiri memiliki luas sekitar 26 hektar, yang mana dengan luas sebegitu kecilnya untuk sebuah pulau, para wisatawan bisa berkunjung ke setiap sudut pulau dalam 1 sampai dengan 2 hari, dan satu yang mungkin menjadi kekurangan dari pulau rubiah ini, dan itu tidak lain adalah pulau rubiah ini belum berpenghuni layaknya pulau sabang yang sudah memiliki banyak penghuni.


Namun walaupun tidak berpenghuni, pulau rubiah masih memiliki satu warung dan menjadi satu-satunya warung di pulau rubiah yang menyajikan makanan untuk para wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan pulau rubiah ini.

Akses menuju ke pulau rubiah ini masih bisa dikatakan minim, pertama para wisatawan akan berangkat dari banda aceh menuju pulau weh dengan menggunakan kapal ferry sekitar 90 menit, namun jika para wisatawan memilih kapal cepat maka besar kemungkinan waktu untuk sampai ke pulau weh bisa didapat dalam 45 menit saja.

Sesampainya di pulau weh maka para wisatawan masih harus melanjutkan perjalanan kembali dengan menggunakan perahu motor yang memakan waktu sekitar 20 menit dari pulau weh, dan begitu sampai di pulau rubiah, semua kelelahan selama perjalan pasti akan terbayarkan dengan semua keindahan alam yang wisatawan dapatkan.

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »