Komponen Mahal Pada Mobil Untuk di Service

Attailah Petir - Mobil merupakan kendaraan roda empat yang sangat membantu orang di era modern ini, banyak orang yang menggunakan sepeda motor, namun tidak sedikir juga orang-orang yang senang mengendarai mobil dikarenakan kenyamanan yang diberikan pada mobil tidak bisa didapatkan pada sebuah sepeda motor.
Komponen Mobil
Spare Parts Mobil
Mobil juga merupakan sebuah kendaraan yang bergerak dengan menggunakan mesin, dan setiap koponen yang terdapat pada sebuah mesin mobil akan memiliki harga yang sama sekali tidak bisa dibilang murah bagi orang yang memiliki uang pas-pasan dan akan terasa murah bagi orang yang memiliki banyak uang.

Baca Juga: Penyakit Paling Sering Terjadi Pada Toyota Avanza

Beberapa komponen mobil yang tergolong mahal untuk service diantaranya:

Transmisi
Transmisi merupakan komponen mobil yang terdapat di bagian mesin yang memiliki peran untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda mobil, Transmisi ini juga menjadi komponen mobil yang paling sering digunakan oleh seorang pengemudi untuk memindahkan gigi mobil.

Semakin sering digunakan sebuah komponen pada sebuah barang makan akan memperbesar kemungkinan untuk semakin cepatnya terjadi pengurangan kualitas dari barang tersebut hingga akhirnya akan mengalami kerusakan, dan begitu pula halnya dengan komponen mobil yang dinamakan dengan transmisi ini.

Berbeda tempat servis maka akan berbeda pula patokan harga untuk servis sebuah kendaraan, namun untuk kerusakan pada bagian transmisi mobil, biasanya pengguna mobil harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 2 juta sampai dengan Rp 3 Juta untuk sekali bongkarnya, dan mobil dengan umur 8 tahunan bisa saja memakan biaya hingga Rp 5 Juta untuk sekali bongkarnya, biaya yang dikeluarkan tersebut bisa berbeda untuk setiap mobil.

Baca Juga: Perbedaan Sportscar, Supercar dan Hypercar

Mesin
Mesin merupakan komponen paling utama pada sebuah mobil, dikarenakan tanpa adanya mesin maka dijamin mobil tersebut tidak akan pernah bisa jalan sesuai dengan harapan, mesin juga menjadi komponen paling mahal pada sebuah mobil untuk di service.

Banyak kasus yang bisa terjadi pada komponen mobil yang satu ini seperti valve yang rusak hingga oli yang merembes, kerusakan mesin ini biasanya paling sering terjadi pada mobil yang memiliki jarak tempuh perjalanan yang jauh, sehingga komponen-komponen yang terdapad di dalam mesin mengalami penurunan kualitas yang akhirnya rusak.

Untuk sekali service mesin mobil, pengguna biasanya harus menyiapkan biaya sekitar Rp 1,45 Juta untuk sekali turun mesinnya, biaya yang admin sebutkan disini sebagai contoh adalah mobil sejuta ummat seperti Toyota Avanza dan juga Toyota Rush, biaya tersebut bisa saja menjadi lebih besar lagi jika seandainya kerusakan meluas hingga ke banyak komponen lain yang memiliki sangkut paut dengan mesin.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Bekas

Komponen AC
Komponen yang harus dijaga baik-baik selanjutnya adalah komponen-komponen AC, dikarenakan komponen AC ini masuk kedalam salah satu daftar komponen mobil yang tergolong mahal untuk di services. Seperti yang diketahui bahwa AC merupakan salah satu penyebab setiap pengguna dari mobil bisa betah berada di dalam mobilnya masing-masing.

Jika salah satu komponen AC bermasalah, maka biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit, sebagai salah satu contoh, untuk mengganti kompressor AC pada sebuah mobil dibutuhkan biaya yang tidak sedikir, paling sedikit pengguna harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 2,5 Juta hingga Rp 12 Juta, dan kompressor ini merupakan salah satu komponen AC Paling mahal yang terdapat pada AC mobil.

Lain halnya dengan tabung freon jika harus diganti maka pengguna mobil setidak nya harus membayar Rp 150 ribu hingga Rp 650 ribu.

Baca Juga: Mobil Truk

Turbo
Komponen mobil paling mahal untuk di service terakhir adalah Turbo, namun seperti yang diketahui bahwa turbo merupakan komponen mesin mobil yang tidak terdapat di semua mobil, namun kebanyakan mobil di indonesia untuk zaman sekarang ini sudah menggunakan komponen yang satu ini, dikarenakan tenaga yang dihasilkan hampir 2 kali lipat dari tenaga dasarnya.

Untuk mobil yang memiliki turbo, pengguna harus benar-benar menjaga dan merawat mobil tersebut, dikarenakan jika turbo bermasalah dan harus diganti, biaya yang harus dikeluarkan tidak akan kurang dari Rp 20 Jutaa dan untuk memperbaikinya pengguna juga harus mengluarkan biaya sebesar Rp 2 Juta paling kurang nya.

Itulah beberapa komponen termahal pada sebuah mobil untuk di service, maka langkah yang paling baik yang bisa dilakukan adalah sebelum mobil yang di miliki bermasalah, maka tidak ada salahnya jika dirawat dengan sebenar-benarnya perawatan mobil, dikarenakan jika mobil sudah rusak dan merembes kemana-mana, maka banyak anggaran yang harus dikeluarkan yang seharusnya bisa dipergunakan untuk keperluan lain.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Lamborghini Aventador SVJ Terbaru 2019

#AttailahPetir

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »