Objek Wisata Danau Laut Tawar Takengon

Attailah PetirLiburan sudah didepan mata, sangat banyak tempat yang bisa anda kungjungi bersama keluarga atau orang kesayangan anda masing-masing dan salah satu dari sekian banyak tempat yang anda bisa kunjungi untuk anda yang berada di Aceh adalah Danau Laut Tawar.
Danau Laut Tawar
Danau Laut Tawar
Danau laut tawar ini merupakan sebuah danau yang berada di tengah Aceh yakni di kota dingin Takengon Aceh Tengah, danau ini memiliki, luas sekitar 5.472 hektar dengan panjangnya yang mencapai 3.219 km dan menjadi salah satu destinasi wisata paling faforit bagi masyarakat aceh, terutama bagi mereka yang tinggal di kabupaten Aceh Tengah.


Pemandangan eksotis danau laut tawar membuat banyak orang berdatangan dari luar aceh tengah, seperti aceh utara, lhokseumawe, aceh timur, Pidie jaya, aceh barat, hingga banda aceh. Pemandangan danau laut tawar yang dikelilingi oleh pengunungan yang hijau membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama berada di destinasi wisata yang satu ini.

Sekitar 25 aliran sungai mengalir mengisi danau laut tawar ini dan debit air diperkirakan mencapai 10.043 liter per detik, rata-rata kedalaman dari danau yang satu ini adalah sekitar 8.9 meter dari permukaan jika diukur dari jarak 35 meter dari pinggir danau, 19.27 meter dari permukaan air jika diukur 100 meter dari pinggir danau dan sekitar 51.13 meter dari permukaan air dengan jakar 620 meter dari pinggir danau  laut tawar ini.


Sekitar 46 jenis plankton bisa dijumpai danau laut tawar ini dan dari 46 jenis plankton tersebut terbagi menjadi 11 kelas, setiap pengunjung bebas untuk mengelilingi danau laut tawar ini dengan menggunakan kendaraan yang mereka miliki masing-masing, namun juga harus sangat hati-hati agar tidak ceroboh hingga jatuh dan tenggelam di danau laut tawar.

Setiap lebaran dan tahun baru danau laut tawar ini selalu menjadi tempat faforit bagi para pengunjung, dan biasanya jalanan di areanya menjadi macet, jadi pengunjung bisa menghindari waktu tersebut.

Baca Juga : Pulau Rubiah Aceh

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »