Pengertian Ilmu Biologi

Attailah Petir - Biologi merupakan Ilmu yang mempelajari tentang kehidupan dan juga organisme hidup, dimana didalamnya sudah termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, perbesaran dan juga taksonominya.
biologi
Hewan Mini
Secara bahasa, biologi berasal dari bahasa yunani yaitu "bios" yang maknanya adalah kehidupan, sedangkan akhirannya adalah "logia" yang memiliki arti ilmu, jadi jika digabungkan, bios logia merupakan ilmu kehidupan, lebih tepatnya ilmu yang mempelajari tentang kehidupan.

Ilmu biologi ini bukanlah ilmu yang baru muncul di zaman sekarang ini, namun ilmu biologi ini sudah ada dari masa mesopotamia dan ilmuan islam yang menuliskan ilmu tentang botani tidak lain adalah al-jahiz dan juga ad-dinawari antara tahun 828 hingga 925.
Ilmu biologi ini menjadi salah satu mata pelajaran pokok bagi mereka yang sekolah di sekolah menengah atas dan mengambil jurusan IPA, dan dasar-dasar dari bilogi modern ini terbagi menjadi beberapa teori diantaranya:

Teori Sel
Teori sel ini merupakan teori yang menyatakan bahwa semua kehidupan ini berawal dari satu sel atau lebih yang direkresikan yang pada akhirnya tumbuh menjadi organisme multiseluler.

Teori Evolusi
Teori evolusi merupakan teori yang menyatakan bahwa kehidupan berubah dengan mekanisme evolusi, seperti perkembangan manusia pada masa lampau dengan keadaan manusia di zaman sekarang ini.

Teori Genetika
Teori genetika merupakan teori yang menyatakan bahwa perkembangan fisik makhluk hidup sangat bergantung pada gen yang di bawa sejak lahir.

 Baca Juga: Pengertian Globalisasi

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »