Perhitungan Biaya Usaha Laundry

Attailah Petir - Banyak usaha yang bisa dilakukan oleh banyak orang, namun tidak semua usaha menjanjikan setiap orang yang ingin membuka usahanya, tidak sedikit juga faktor penghambat setiap orang untuk memulai usaha dan salah satunya adalah modal yang benar-benar harus diperhitungkan.
Laundry
Laundry
Usaha laundry merupakan sebuah usaha yang paling gampang dan modalnya bisa dikatakan tidak terlalu besar layaknya usaha-usaha lain yang membutuhkan modal yang besar, dan untuk usaha laundry ini cocok dijalankan di berbagai daerah, mulai dari di perkotaan, hingga di perkampungan atau di pedesaan.

Berikut adalah perhitungan sederhana untuk membangun usaha laundry:

Mesin

Mesin merupakan komponen yang paling utama yang harus tersedia dalam menjalankan usaha laundry ini, dan mesin ini sendiri juga bukan hanya terdiri dari satu jenis, semua komponen yang berhubungan dengan elektronik dihitung sebagai mesin.

- 2 buah mesin cuci ( termasuk tabung pengering ) kapasitas 20kg: Rp 1.5 Juta
- Setrika Uap:                                                                              Rp 500.000
- Timbangan Kapasitas Maksimal 30Kg:                                          Rp 300.000

Peralatan Pendukung 

Peralatan pendukung merupakan beberapa komponen yang digunakan dalam menjalankan usaha laundry ini, beberapa komponen tersebut merupakan komponen dalam sekali hitung dan komponen di bawah ini bisa bertahan kurang lebih selama 1 bulan atau lebih.

- Deterjen, Penghilang Noda, Pewangi, Pelicin Strika+10kg            : Rp 500.000
- Ember, Gantungan Baju, Sikat, Keranjang, Plastik dan Lainnya     : Rp 1 Juta
- Spanduk, Brosur                                                                      : Rp 500.000

Total perkiraan modal utamanya adalah sebesar Rp 4.3 Juta

Biaya Operasional

Biaya operasional yang kita hitung disini merupakan biaya pengeluaran setiap bulannya dalam menjalankan usaha Laundry ini, dan walaupun tidak terlalu akurat 100% dengan pengeluaran yang sesungguhnya nanti, tapi perhitungan ini minimal sudah mendekati ke 100% nya.

- Gaji 1 orang pegawai                                                                : Rp 800.000
- Biaya listrik dan air                                                                   : Rp 500.000

Total Perkiraan biaya operasionalnya adalah sebesar Rp 1,3 Juta perbulan.

semua biaya yang dihitung disini belum termasuk biaya sewa tempat dan juga renovasi tempat, dikarenakan usaha laundry ini bisa dijalankan di rumah.

Perhitungan Untung
Perhitungan untung yang akan dihitung dibawah ini merupakan perhitungan untung berdasarkan upah standar untuk saat ini.
1 Kg cucian                                                                                  : Rp 6.000

Jika dalam 1 hari sanggup menerima hingga 20Kg cucian, maka upah yang bisa didapat adalah sebesar Rp 120.000.

Jika cucian masuk secara rutin 20Kg maka dalam 1 bulan pendapatan kotor nya adalah Rp 120.000 x 25 hari = Rp 3 Juta rupiah/ Bulan.

Dikarenakan pengeluaran biaya untuk biaya operasional setiap bulannya sebesar Rp 1,3 Juta, maka Rp 3.000.000 - 1.300.000 maka keuntungan bersih yang bisa didapatkan dalam satu bulan adalah sebesar Rp 1.700.000 Rupiah.

Nilai diatas yang sudah disebutkan tidak selamanya memiliki keakuratan 100%, bisa saja nilai tersebut meleset walaupun tidak terlalu jauh, dan bisa saja nilai tersebut akurat, namun disini perhitungan yang dilakukan juga belum termasuk biaya darurat atau biaya kebutuhan daruratnya, dan lagi-lagi biaya tersebut bukan merupakan biaya pokok yang harus ada, dikarenakan biaya darurat tersebut hanya dibutuhkan pada saat keadaan sedang darurat yang membutuhkan biaya diluar perkiraan.

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »