Tips Tetap Produktif Selama Ramadhan

Attailah Petir - Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan, siang harinya setiap orang-orang muslim diwajibkan untuk berpuasa, dan pada malam harinya di sunnahkan untuk mengerjakan sholat tarawih, bagi sebagian orang yang bekerja seharian hal ini akan terasa begitu berat dikarenakan rasa lelah dan juga letih yang mereka rasakan setelah seharian bekerja.
Bekerja
Bekerja
Namun semuanya akan terasa begitu mudah jika dijalankan dengan penuh keikhlasan, dan beberapa tips berikut bisa membantu setiap orang yang ingin tetap produktif selama bulan ramadhan.


Tidak Menunda Pekerjaan
Rasa malas seketika muncul saat perut mulai keroncongan, begitu juga dengan kondisi seseorang saat mereka berpuasa, tidak sedikit dari mereka merasa begitu malas dengan dalih lemas karena rasa lapar yang  mereka rasakan, pada saat yang sama juga mereka akan menunda apa yang mereka ingin kerjakan.

Maka dari hal itu yang harus dilakukan adalah tetap melanjutkan apa yang sedang dikerjakan meskipun rasa malas itu tetap muncul, dan pada akhirnya mereka akan tetap bersemangat sendiri nantinya saat mereka sudah mengerjakan pekerjaan tersebut.

Memperbanyak Membaca Al-Qur'an
Al-Qur'an merupakan kitab suci ummat islam yang menjadi pedoman hidup bagi setiap muslim, maka memperbanyak membaca al-qur'an merupakan salah satu jalan untuk mengikuti kesuksesan hidup di dunia dan juga diakhirat.

Agar tetap produktif selama bulan ramadhan maka ada baiknya bagi setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan untuk memperbanyak membaca al-qur'an hal tersebut sangat berguna untuk menenangkan hati dan juga membuat hidup menjadi lebih terarah, apalagi mampu untuk memahami maknanya.


Menghindari Gosip
Salah satu yang paling gampang dan paling banyak dilakukan orang saat bulan ramadhan terutama saat mereka sedang berkumpul dan tidak memiliki kegiatan adalah menggosipi orang lain, dan hal tersebut selain menjadi perbuatan dosa juga membuat waktu setiap orang terbuang dengan sia-sia.

Hal yang paling harus dilakukan jika ini sering terjadi adalah dengan menjauhi gosip dan mengerjakan apa yang bisa dikerjakan, jika tidak ada kembali saja ke poin kedua yaitu membaca Al-Qur'an dikarenakan membaca Al-Qur'an jauh lebih baik dari pada memberikan pahala untuk orang lain dengan cara menggosipi orang lain.

Tetap Menjaga Stamina
Tips terakhir yang bisa dilakukan untuk tetap produktif selama bulan ramadhan adalah dengan tetap menjaga stamina dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, cukup tidur, minum vitamin dan berolah raga secara rutin, dengan begitu nantinya puasa yang dilakukan akan berkah.

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »