Definisi Monokotil dan Dikotil

Attailah Petir - Monokotil atau yang sering disebut dengan sebutan panjangnya tumbuhan yang bijinya berkeping tunggal merupakan salah satu dari dua kelompok besar tumbuhan berbunga yang diajarkan secara klasik.
Tumbuhan Monokotil
Tumbuhan
Ciri yang paling menonjol dari tumbuhan monokotil ini tidak lain adalah bijinya yang tunggal dikarena hanya memiliki satu daun lembaga, berakar serabut, daun yang berseling, tumbuhan biji berkeping satu, tulang daun nya sejajar dan berbentuk pita. Pengelompokan nya masuk sebagai takson (sebagai kelas maupun subkelas) dalam bermacam sistem klasifikasi tumbuhan dan memiliki berbagai macam nama, seperti Monocotyledoneae, Liliopsida dan juga Liliidae.


Jenis kelompok dari tumbuhan ini mampu mencakup banyak sekali tumbuhan yang sangat berguna dalam kehidupan manusia. Sebagai sumber pangan, sumber energi nabati, sumber bahan baku industri, perumahan, dekorasi, pakaian, media penulisan, zat pewarna, dan dan masih sangat banyak lagi.

Beberapa klasifikasi sistem, monokotil dikenal memiliki berbagai macam nama,namun yang paling umum dikenal terbagi menjadi 4 yaitu:
  • Monocotyledones dalam sistem Bentham & Hooker dan sistem Wettstein.
  • Kelas Liliopsida dalam sistem Takhtajan dan sistem Cronquist.
  • Anak kelas Liliidae dalam sistem Dahlgren dan sistem Thorne (1992).
  • Kelas Monokotil dalam sistem APG dan sistem APG II.

Tumbuhan dikotil atau yang lebih dikenal dengan istilah tumbuhan berbiji terbelah dua ( Tumbuhan Berbiji/berkeping Dua ) merupakan sekumpulan tumbuhan berbunga yang mempunyai ciri khas yang sama yaitu mempunyai sepasang daun lembaga atau yang lebih dikenal dengan istilah kotiledon. Daun lembaga tersebut terbentuk sejak dalam tahap biji hingga biji tersebut sebagian besar anggotanya bersifat mudah terbelah dua, dan secara ilmiah, tumbuhan berbunga dibedakan menjadi dua kelompok besar seperti yang sudah kita sebutkan sebelumnya yaitu tumbuhan berkeping dua dan tumbuhan berkeping tunggal/satu (monokotil).
  • Kelompok besar yang monofiletik yang mempunyai ciri khas Magnoliopsida atau disebut dengan Eudikotil ("dikotil benar/sejati"), Magnoliaceae tidak tergolong kedalam dikotil sejati.Tumbuhan dikotil memiliki beberapa jenis diantaranya:Jenis getah-getahan (Euphorbiaceae), yang jika dilukai bagian tubuhnya akan mengeluarkan getah berwarna putih. Contohnya adalah Manihot utilissima (ketela pohon), Havea Brasiliensis (karet).
  • Jenis kacang - kacangan (Papilionaceace), ciri yang paling menonjolnya adalah mahkota bunganya berbentuk kupu - kupu, buahnya yang polong dan sering ditemukan bintil akar. Contohnya adalah Arachis hypogaea (kacang tanah), Vigna sinensis (kacang panjang).
  • Jenis terung terungan (Solanaceae), yang paling menonjolnya adalah bunganya yang berbentuk bintang, terompet, buah buni/buah kotak dengan lapisan dalam berair atau berdaging. Contohnya adalah Solanum lycopersicum (tomat), Capsicum annum (cabai)
Baca Juga: Definisi Biologi

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »