Khasiat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan Tubuh

Attailah Petir - Ubi jalar atau dalam bahasa Inggrisnya lebih dikenal dengan nama sweet potato merupakan sejenis tanaman budidaya, salah satu bagian yang bisa dimanfaatkan adalah daunnya yang digunakan untuk dimasak sebagai sayur, selain itu, daun ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan dari daunnya ini yang enak untuk dilihat.
Daun Ubi
Daun Ubi
Ubi jalar berasal dari daerah amerika selatan tropis yang hingga saat ini masih diperdebatkan, beberapa Kalangan tidak menyetujui asal muasal ubi jalar dari Papua banyak juga yang berpendapat bahwa orang Indian telah berlayar menuju ke barat melalui Samudra Pasifik dan membantu menyebarkan ubi jalar ke Asia.

Adapun khasiat yang dihasilkan dari daun ubi jalar ini sendiri adalah sebagai berikut:
Mengatasi Peradangan
Daun ubi jalar kaya akan kandungan antioksidan yang memiliki kandungan vitamin C yang lumayan banyak, kandungan antioksidan di dalam daun ubi jalar ini sangat berguna untuk mengatasi peradangan.

Beberapa masalah peradangan seperti radang sendi, asam urat, asma dan lainnya mampu untuk diobati dengan menggunakan daun ubi jalar, manfaat daun ubi jalar lainnya adalah bisa meredakan gejala nyeri akibat peradangan yang sedang terjadi di dalam tubuh manusia.

Mengatasi Masalah Pencernaan
Daun ubi jalar mempunyai kandungan serat makanan yang banyak, kandungan serat makanan yang terdapat di dalam daun ubi jalar ini sangat baik bagi kesehatan pencernaan tubuh kita, jika setiap orang mengonsumsi daun ubi jalar maka hal yang langsung terasa adalah saluran pencernaannya yang sehat.

Selain itu, manfaat lainnya dari daun ubi jalar bagi kesehatan pencernaan adalah bisa mengatasi masalah sulit buang air besar atau konstipasi, dengan terjaganya kesehatan saluran pencernaan maka kanker usus besar pun bisa saja dicegah.
Mencegah Kerusakan Lensa Mata
Terdapat dua zat penting yang terkandung didalam daun ubi jalar, kedua zat tersebut tidak lain adalah lutein dan xantin, lutein dan juga xantin merupakan zat yang ada di dalam retina dan lensa mata kita, dengan adanya kedua zat ini yang memiliki manfaat bagi kesehatan lensa mata dan retina.

Mengonsumsi daun ubi jalar yang mengandung lutein dan xantin bisa tetap ada di dalam retina dan lensa mata, adanya lutein dan xantin pada retina dan lensa bisa mencegah terjadinya kerusakan lensa mata.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Setiap orang pastinya ingin punya tubuh yang selalu dalam keadaan sehat supaya bisa melakukan banyak hal produktif, namun, tidak bisa dipungkiri jika adakalanya daya tahan tubuh melemah yang membuat tubuh jatuh sakit.

Jika merasa bahwa tubuh mudah terkena penyakit, maka yaang perlu dilakukan adalah mengonsumsi asupan yang banyak mengandung antioksidan seperti daun ubi jalar, kandungan antioksidan yang tinggi di dalam daun ubi jalar mampu untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari daun ubi jalar yang admin bisa share, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk para pengunjung.

Baca Juga: Khasiat Daun Bidara

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »