Pengertian Hukum

Attailah Petir - Hukum adalah sebuah sistem atau peraturan yang dibuat oleh manusia untuk membatasi ruang gerak manusia agar lebih terkontrol dan teratur, hukum juga bisa menjadi sebuah alat untuk manusia yang ingin mencari keadilan, sering kali manusia yang hidup di muka bumi tidak peduli dengan yang namanya hukum, bahkan ada beberapa kelompok manusia di muka bumi yang kebal dengan hukum dikarenakan kelompok manusia tersebut memiliki kemampuan finansial untuk membayar yang seharusnya tidak boleh ada.
Hukum
Hukum
Hukum juga bisa berbeda-beda pengertiannya jika dilihat dari berbagai pendapat, namun dalam kebanyakan buku dituliskan bahwa Hukum merupakan peraturan ataupun norma yang dibuat untuk mengatur tingkah laku manusia, menjaga ketertiban, keadilan, dan juga untuk mencegah terjadinya kekacauan. Selain itu juga hukum berfungsi untuk menjamin bahwa adanya kepastian hukum dalam masyarakat.

Baca Juga: Definisi Monokotil dan Dikotil

Maka dari hal itu, setiap masyarakat memiliki hak untuk memperoleh pembelaan di depan hukum, jika hal tersebut dilihat dan diamati secara serius, maka hampir tidak didapatkan untuk zaman sekarang ini, dikarenakan setiap kali seseorang ingin membela diri di depan hukum namun tidak memiliki benda yang namanya uang, pasti individu tersebut akan kalah di depan hukum, apa pun cerita yang mereka miliki.

Singkatnya, hukum memiliki pengertian sebagai sebuah peraturan atau ketetapan/ketentuan yang tertulis maupun tidak tertulis yang bertujuan untuk mengatur kehidupan masyarakat  dan juga menyediakan sanksi bagi orang-orang yang melanggar hukum.

Baca Juga: Cabang-cabang Ilmu Bioteknologi

Hukum Menurut Para Ahli

Menurut Plato
Menurut plato hukum dapat diartikan sebagai seperangkat peraturan yang tersusun secara baik dan teratur yang sifatnya mengikat hakim dan masyarakat.

Menurut Borst
Menurut Borst hukum memiliki pengertian sebagai keseluruhan tentang peraturan bagi setiap perbuatan manusia dalam kehidupan masyarakat. Dimana pelaksanaannya dapat dipaksakan untuk memperoleh keadilan.

Menurut Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja
Hukum adalah kaidah dan asas yang mengatur pergaulan hidup bermasyarakat dan memiliki tujuan untuk memelihara ketertiban dan meliputi lembaga dan proses untuk dapat mengwujudkan berlakunya kaidah sebagai kenyataan dalam masyarakat.

Baca Juga: Pengertian Ilmu Biologi

Menurut Achmad Ali
Hukum adalah seperangkat norma tentang sesuatu yang benar dan salah, yang dibuat dan diakui eksistensinya oleh pemerintah, baik dalam bentuk aturan tertulis maupun tidak tertulis, terikat sesuai dengan kebutuhan masyarakat secara menyeluruh dan dengan adanya sanksi bagi yang melanggar norma tersebut.

Itulah beberapa pengertian hukum menurut berbagai pendapat dari beberapa sumber yang admin tahu, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan para pembaca, jika masih terdapat kesilapan dan kejanggalan silahkan di perbaiki pada kolom komentar di bawah postingan ini.

Baca Juga: Pengertian Etimologi

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »