Perhitungan Sederhana Modal Usaha Bakso

Attailah Petir - Membuka usaha merupakan salah satu jalan menuju kesuksesan selain bekerja pada orang lain dengan upah yang di tentukan oleh orang yang membuka usaha tempat kita bekerja, dan salah satu usaha yang paling mudah dan bisa di coba dengan modal yang minim adalah usaha bakso.
Bakso
Bakso
Usaha bakso masuk kedalam kategori usaha kuliner, dan di indonesia ini usaha kuliner menjadi salah satu usaha dengan peluang paling baik dan paling banyak dikerjakan oleh orang-orang, bakso sudah menjadi makanan khas masyarakat indonesia, dan di setiap daerah pasti tersedia bakso, jadi tidak heran jika makanan yang satu ini masuk kedalam salah satu kategori makan yang paling laris di indonesia.

Baca Juga: Gelang Graff Diamond Hallucination Rp 731,5 Milliar

Selain memiliki banyak peminat, bakso juga menjadi salah satu makanan yang bahan bakunya sangat mudah didapatkan di pasaran, tinggal si pengelolanya saja yang harus bisa meracik bumbu dan juga bahan untuk di olah menjadi bakso yang lezat, dan jika usahanya ini berhasil dan bisa berjalan sesuai dengan rencana, maka tidak akan menutup kemungkinan untuk menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah.

Modal untuk usaha jualan bakso juga tidak terlalu besar seperti kebanyakan usaha lain pada umumya, sebagai contoh berikut ini adalah perhitungan sederhananya.

Baca Juga: Perthitungan Biaya Usaha Laundry

Dalam satu mangkok bakso biasanya penjual memiliki keuntungan bersih lebih kurang Rp 3.000, dan jika dalam satu hari seorang penjual bakso mampu menjual baksonya hingga 70 porsi, maka keuntungan yang bisa didapatkan dari penjualan bakso tersebut adalah sebesar ( Rp 3.000 x 70 porsi ) = Rp 210.000.

Jika penjual memiliki penghasilan Rp 210.000 per harinya, maka jika penghasilan ratanya sebesar Rp 210.000 per harinya, tidak bisa dipungkiri dalam satu bulan seoranga penjual bakso mampu meraup untung hingga Rp 6.300.000.

Jadi bisa dibayangkan seberapa besar rezeki seorang penjual bakso yang bisa mereka peroleh dalam satu bulannya yang melebihi gaji seorang PNS, itu merupakan keuntungan yang didapatkan dari hasil penjualan 70 porsi bakso untuk setiap harinya, namun jika si pedagang bakso tersebut mampu menjual baksonya hingga 100 porsi per harinya, maka penghasilan perbulannya mampu menembus angka Rp 9.000.000.

Baca Juga: Sepeda Rp 6 Milliar

Untuk modal awal yang dibutuhkan untuk menjual bakso adalah sebagai berikut:

  • Gerobak Bakso, bisa buat sendiri atau langsung beli ke orang yang bisa membuat gerobak, biasanya harga nya Rp 2.000.000.
  • Peralatan dan juga perlengkapan untuk memasak bakso seperti Gas LPG 3Kg, Gelas, Mangkok, Sendok, Garpu, Tenda, Kompor Gas, alat masak, Meja, Kursi, terpal dan beberapa peralatan lainnya memakan biaya lebih kurang sekitar Rp 3.000.000.
  • Bahan baku yang cakupannya adalah Daging sapi, Mie, Bihun, Garam, Masako, Saus, Kecap, Bawang Putih, Bawang Merah dan juga beberapa bumbu lainnya yang memakan biaya lebih kurang sekitar Rp 2.000.000.
  • Sewa tempat, jika menginginkan tempat yang aman untuk berjualan bakso bisa menyewa sebuah ruko, tapi akan memakan biaya yang tidak sedikit, tapi untuk menyewa tempat dengan harga lebih murah bisa numpang disekitar minimarket atau pusat tempat keramaian lainnya dengan harga yang lebih kurang bisa didapatkan dengan Rp 400.000.
Jadi, jika ditotalkan modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha jualan bakso tidak akan menyentuh angka Rp 8.000.000. dan keuntungan yang bisa didapatkan dari hasil penjualan bakso dalam 2 bulan diyakini mampu mengembalikan modal seorang penjual bakso.

Jadi tidak ada yang tidak mungkin jika seseorang mau berusaha lebih keras dan lebih giat lagi untuk mencari rezeki yang halal, tidak ada yang bisa menghalangi seseorang untuk sukses. Silahkan dicoba, silahkan berusaha, terus berdoa, mudah-mudahan semua keinginan bisa tercapai.

Baca Juga: Jam Tangan

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »