Tips Agar Ban Mobil Awet

Attailah Petir - Setiap orang pasti memiliki keinginan agar setiap barang yang memiliki selalu awet dan terjaga dengan baik, namun keinginan tersebut tidak hanya jadi hayalan semata, tapi bisa di wujudkan dengan bukti usaha dan mengerjakan apa yang sudah direncanakan.
Ban Mobil
Ban Mobil
Salah satu barang yang harus dijaga dengan sangat baik adalah kendaraan, dan kebanyakan kendaraan yang dimiliki oleh setiap orang di zaman sekarang ini sudah sangat beragam, dimana salah satu kendaraan tersebut adalah mobil.
Mobil adalah salah satu kendaraan yang banyak digunakan di zaman sekarang ini, dikarenakan banyak kemudahan yang bisa diambil dari sebuah mobil, mobil sendiri juga memiliki parts-parts yang harus dijaga dimana salah satunya adalah ban mobil.

Ban merupakan komponen mobil yang penting, dikarenakan tanpa adanya ban pada sebuah mobil, maka mobil tidak akan pernah bisa dikendarai di jalanan, dan jika ban yang terdapat pada sebuah mobil tidak di rawat atau di jaga dengan baik maka tidak akan menutup kemungkinan ban tersebut akan rusak, dan pada waktu-waktu tertentu ban juga akan mengalami ke ausan dan harus di ganti.

Namun sebelum ban tersebut aus atau rusak maka ada baiknya ban tersebut di rawat atau di jaga dengan beberapa cara berikut:

Baca Juga: Tips Merawat Komputer atau Laptop

Cek Kondisi Ban Secara Rutin
Salah satu cara untuk memastikan ban selalu dalam keadaan baik adalah dengan cara mengeceknya secara rutin, tapi tidak semata-mata hanya mengecek saja, ada baiknya setelah mengecek ban mobil tersebut ada baiknya untuk membersihkan ban masing-masing mobil, jika ban terlihat bersih dan rapi tidak hanya enak untuk dilihat, namun juga nyaman untuk di kendarai.

Lumpur yang menempel dan mengering pada celah-celah ban mobil akan menghambat performa dari mobil kesayangan anda, walaupun tidak signifikan, tapi akan cukup mengganggu jika di biarkan dalam waktu yang lama.

Baca Juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Rambut Panjang

Menukarkan Posisi Ban Secara Berkala
Kadang kala salah satu sisi ban mengalami ke ausan yang lebih cepat dari ban lainnya, maka salah satu solusinya tidak lain adalah dengan menukar ban tersebut dengan ban lainnya yang masih awet, ada baiknya jika menukar ban tersebut dalam jangka waktu tertentu agar keausan sama rata dan tidak membuat mobil anda goyang ketika berjalan, baik di kecepatan tinggi maupun di kecepatan rendah.

Begitu juga halnya dengan ban depan dan ban belakang, ban depan hanya bertugas menjalankan dan mengarahkan mobil, sedangkan ban belakang mobil memiliki tugas yang lebih berat dari ban depan dan keausan yang terjadi pada ban belakang mobil bisanya terjadi lebih cepat dari pada ban depannya, masa yang paling baik untuk menukar ban pada sebuah mobil adalah setiap 5.000km.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Mudah

Cek Tekanan Angin
Tekanan angin yang terdapat pada sebuah ban mobil juga sangat penting untuk diperhatikan, selalu pastikan tekanan angin pada masing-masing ban sudah sesuai dengan standar yang dibutuhkan ban, sehingga akan terhindar dari yang namanya kempes di tengah jalan, apa lagi di tempat-tempat yang tidak ada orangnya, hal tersebut akan berbahaya dan bisa membawa malapetaka.

Pastikan tekanan angin pada ban mobil sudah sesuai standarnya dikarenakan jika salah satu ban mobil tersebut anginnya berlebihan, maka tidak akan menutup kemungkinan mobil akan terasa goyang saat di kendarai, dan ban menjadi lebih cepat aus pada sisi-sisi tertentu.

Baca Juga: Cara Mengatur Jarak Baris di Word

Tidak membawa Muatan Berlebihan
Sering kali terjadi mobil pribadi menjadi mobil yang tumpangin banyak orang didalamnya yang jumlahnya berlebihan, hal tersebut selain berdampak tidak baik terhadap ban mobil, namun juga akan memiliki dampak yang kurang baik bagi keselamatan dan kenyamanan para penumpang.

Tekanan yang diberikan mobil pada ban akan sangat berpengaruh pada seberapa lama ban mobil tersebut bisa digunakan, dikarenakan semakin berat tekanan sebuah mobil ke ban nya maka akan semakin cepat ban tersebut mengalami keausan, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengisi beban mobil sesuai dengan standarnya masing-masing.

Itulah singkatnya sedikit tips agar ban mobil lebih awet dan lebih terjaga, tidak banyak yang perlu dilakukan tapi sangat membantu memper awet ban dari sebuah mobil, bahkan untuk beberapa mobil mewah harga bannya saja bisa untuk membeli satu unit sepeda motor yang baru, jika ban tersebut bisa dijaga agar tetap awet kenapa tidak di jaga saja?

Baca Juga: Cara Registrasi Kartu Sim

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »