Pengertian Ikatan Ion

Attailah Petir Ikatan Ion adalah ikatan yang terjadi karena adanya gaya tarik menarik antara ion yang berbeda muatan, dan ion-ion ini sendiri terbentuk karena serah terima elektron, Atom yang melepas elektron menjadi ion-ion positif sedangkan Atom yang menerima ion elektron menjadi ion negatif.
Ion
Ion
Ikatan ion biasanya terjadi antara atom-atom yang mudah melepaskan elektron ( Logam-logam golongan IA dan IIA ), dengan atom-atom yang mudah menerima elektron ( Terutama golongan VIA ) semakin besar perbedaan elektronegativitas antara atom-atom yang membentuk ikatan maka ikatan yang terbentuk semakin bersifat ionik.

Baca Juga: 

Sifat-sifat senyawa ionik diantaranya adalah:
Berbentuk kristal padat pada satu suhu tekanan ruang.
Memiliki titik leleh dan titik didih yang sangat tinggi.
Merupakan senyawa novolatile atau pun tidak mudah menguap.
Biasanya larut ke dalam air.
Tidak akan larut kedalam minyak dan juga pelarut seperti etanol atau pun          bensin.
Mampu menghantarkan arus listrik.

Ikatan Kovalen  ( Homovolar )
Ikatan kovalen atau Homovolar ini merupakan ikatan kimia yang melibatkan penggunaan bersama elektron valensi bersama dua atom yang diberikan, elektron valensi yang digunakan bersama tersebut berasal dari masing-masing atom yang saling berikatan.

Ikatan kovalen terjadi antara dua atom yang sama-sama cenderung menangkap elektron untuk mencapai konfigurasi elektron-elektron seperti gas mulia.

Baca Juga: 

Ikatan Kovalen polar
Ikatan kovalen polar adalah ikatan kovalen yang mempunyai perbedaan keelektromagnetifan dalam bentuk molekulnya yang tidak simetris.

Atom-atom pembentukannya memiliki daya tarik yang sama terhadap pasangan elektron persekutuannya, hal ini terjadi karena perbedaan keelektromagnetifan kedua atomnya, Elektron persekutuan akan bergeser ke arah atom yang lebih elektronegatif akibatnya terjadilah pemisahan kutub positif dan negatif.

Ikatan Kovalen NonPolar
Ikatan Kovalen NonPolar merupakan Titik muatan negatif elektron persekutuan berhimpit, sehingga molekul pembentukannya tidak terjadi momen dipol, atau dengan kata lain bahwa elektron persekutuan mendapatkan gaya tarik yang sama.

Baca Juga: 

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »