Pengertian Perdagangan Internasional

Attailah Petir - Perdagangan internasional merupakan pertukaran modal atau barang dan juga jasa, yang melintasi perbatasan atau wilayah internasional, dibeberapa negara didunia, perdagangan internasional berperan pentinng dalam Produk Domestik Bruto ( PDB ).
 Perdagangan Internasional
Perdagangan Internasional
Baik industril, transportasi maju, perusahaan multinasional, offshoring dan juga outsourcing berperan penting dalam perdagangan global, dan pertumbuhan perdagangan internasional ini sendiri merupakan komponen dasar dari yang namanya globalisasi.


Keuntungan Perdagangan Absolut
Keuntungan perdagangan absolut akan terlihat pada saat negara-negara mampu untuk memproduksi suatu komoditas dengan acuan biaya yang lebih rendah untuk setiap unitnya, dibandingkan dengan mitra dagannya.

Zona Ekonomi Khusus
Zona ekonomi khusus atau yang lebih dikenal dengan Special Economic Zone merupakan daerah yang hukum ekonomi dan juga hukum lainnya lebih condrong ke pasar bebas dari pada hukum nasional negara tersebut.
Dalam artian di daerah ini hukum nasional bisa saja kalah khusus untuk daerah Zona Ekonomi Khusus.

Baca Juga: Pengertian Hukum

Kawasan Perdagangan Bebas
Kawasan perdagangan bebas adalah Blok dagang yang menjadi anggota didalamnya adalah negara-negara yang sudah menandatangani pernjanjian perdagangan bebas dengan tujuan untuk menghapus tarif, kuota impor dan juga preferensi pada barang dan jasa yang diperdagangkan antar negara.
Dan di kawasan perdagangan bebas ini penduduknya bebas untuk pindah antar negara, selain bebas untuk berdangan, kawasan perdagangan bebas ini ternyata juga bisa dianggap sebagai kawasan atau perbatasan terbuka, bahkan di Uni Eropa yang memiliki anggota 27 negara sudah memiliki kawasan perdagangan bebas dan perbatasan terbuka.

Asia pasifik juga disebut sebagai daerah dagang paling terintegrasi di dunia, karena perdagangan intraregional yang mampu mencapai 50 sampai dengan 60% dari keseluruhan aktivitas impor dan juga ekspor di asia pasifik.

Aktivitas ekspor barang untuk konsumen seperti Televisi, Radio, Sepeda dan juga beberapa tekstil lainnya ke Amerika Serikat, Eropa dan juga jepang yang menjadi pendorong paling penting untuk ekspansi ekonomi.

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »