Tips Menabung Anak Muda

Attailah Petir - Sebagian besar anak muda dengan dengan usia rata-rata 20-an masih belum bekerja dan belum memiliki penghasilan, dan hal tersebut merupakan sebuah tantangan bagi mereka untuk bisa memenage uang yang mereka miliki, uang yang diberikan oleh orang tua mereka sebagai uang jajan bisa mereka kelola dengan baik.
Uang Tabungan
Uang Tabungan
Namun untuk menabung dengan uang jajan yang pas-pasan yang diberikan oleh orang tua bukanlah hal yang mudah untuk dilkukan, dikarenakan tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk kehidupan mereka yang penuh dengan tantangan, apa lagi di zaman sekarang ini semuanya serba beli.


Namun beberapa tips di bawa ini mungkin bisa membantu mereka yang ingin menabung dengan uang tersebut.

Cari Pemasukan Tambahan dan Kurangi Pengeluaran

Langkah pertama yang bisa dicoba adalah dengan mencoba mulai dari membiasakan diri untuk menambah pemasukan dan mengurangi angka pengeluaran.Apalagi di zaman sekarang ini, dengan dukungan teknologi informasi yang cepat sekali perkembangannya, Anda bisa memanfaatkan keahlian untuk menciptakan sumber pendapatan sampingan.

Cobalah untuk menjual keahlian Anda sebagai seorang freelancer, entah itu di bidang desain grafis, pemrograman, tulisan hingga terjemahan, digital marketing, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan dunia internet.

Atau, dapatkan pendapatan sampingan dari iklan di blog. Sangat mudah untuk membuat sebuah blog kemudian isi dengan konten yang menarik agar blog yang di buat tersebut banyak dikunjungi orang. Anda juga bisa menulis ebook atau produk digital lainnya kemudian dijual di blog yang anda buat tersebut.


Di sisi lain, kurangi terus pengeluaran Anda, misalnya bila frekuensi Anda menonton film di bioskop selama ini seminggu sekali, anda bisa mengurangi menjadi satu bulan sekali.

Jika biasanya Anda makan siang di resto atau di kafe setiap hari, kurangin menjadi 2 kali seminggu dan sebagainya, begitu juga halnya dengan transportasi, cari yang paling murah dan tetap sesuai dengan Anda.

Menginvestasikan Tabungan
Jika sudah memiliki penghasilan yang bisa ditabung, maka tidak ada salahnya jika anda menyisihkan sedikit demi sedikit untuk diinvestasikan.

Menabung memang membawa untung karena dengan anda menabung maka tabungan anda bisa dijadikan sebagai dana darurat dan kapan pun anda butuh, anda bisa menarik uang kapan saja dari tabungan yang sudah anda tabung.

Menabung juga bisa membantu Anda mencukupi setiap kebutuhan sesuai dengan nominalnya, sebaliknya, jika hanya bergantung pada tabungan semata, yang terjadi adalah uang Anda malah berkurang nilainya sedikit demi sedikit, maka tidak ada salahnya jika anda menginvestasikan dana yang anda miliki untuk masa depan anda.


Hindari Kartu Kredit
Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang membuat proses belanja menjadi sangat mudah, namun dibalik kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit tersebut tersimpan sesuatu yang mengerikan yang harus anda hindari jika anda memang benar-benar memiliki keinginan yang kuat untuk menabung.

Tidak sedikit orang yang tidak sadar dengan apa yang sudah mereka beli dikarenakan mereka terus dan terus mengambil yang mereka inginkan, dan tanpa sadar, pada akhir bulan tagihan kartu kredit akan membengkak dan membuat orang yang memiliki kartu kredit tersebut kebingungan harus meminjam uang kemana untuk membayar tagihan tersebut.

Pada kenyataanya juga kemudahan yang diberikan oleh kartu kredit membuat orang ingin memiliki sesuatu yang lebih dari apa yang mereka dapatkan tanpa memikirkan apa resiko dibalik yang mereka ambil tersebut.

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »