Tips Mengemudi Hemat

Attailah Petir Di era modern ini, berkendara merupakan hal yang wajar dan banyak dilakukan oleh setiap orang hampir setiap hari, dikarenakan untuk zaman sekarang ini, kendaraan sudah menjadi barang wajib untuk kita miliki.
Tips Berkendara Hemat
Tips Berkendara Hemat
Setiap orang memiliki kendaraan sendiri dan versi berkendara tersendiri, ada yang berkendara pelan, sedang hingga kencang, namun setiap tipe berkendara pasti memiliki keunggulan tersendiri dari segi penghematan bahan bakar.

Mobil menjadi salah satu alat transportasi yang banyak digunakan oleh kebanyakan orang di zaman sekarang ini, dan mobil juga menjadi kendaraan yang lebih boros bila dibandingkan dengan sepeda motor.

Mengendarai mobil dengan cara yang baik dan benar akan lebih menghemat bahan bakar, dan berikut merupakan tips berkendara hemat yang berhasil admin kumpulkan dari beberapa sumber.


Menjaga Putaran Mesin
Yang paling penting dalam berkendara hemat adalah menjaga putaran mesin kendaraan yang kita kemudikan, biasanya torsi yang paling efisien mensin ada pada rentang putara 2.000 hingga 3.000 rpm, jika putaran mesin terlalu tinggi maka yang akan terjadi adalah suplai bahan bakar ke ruang mesin menjadi lebih besar.

Maka dalam hal ini, salah satu cara berkendara hemat adalah dengan menjaga putaran mesin agar tetap pada rpm yang rendah, dan melakukan perpindahan gigi pada rentang 2.000 hingga 3.000 rpm.


Mengemudi Cerdas
Salah satu cara menghemat bahan bakar adalah dengan cara mengemudikan mobil yang dimiliki secara cerdas, tidak mengikuti adrenalin yang keluar, walaupun mobil yang dikemudikan memiliki performa yang tinggi, namun untuk mendapatkan jarak tempuh yang jauh dengan bahan bakar yang sama, maka ada baiknya mengendarai mobil dengan cerdas.

Salah satu caranya adalah dengan melaju konstan, biasanya setiap mobil memiliki angka konstan tersendiri, namun kebanyakan mobil sekarang ini memiliki laju konstan 60 hingga 70km/jam dengan rpm yang rendah, semakin anda agresif dalam menginjak pedal gas, maka akan semakin banyak juga bahan bakar yang masuk ke ruang mesin untuk dibakar.


Menghindari Menginjak Gas dan Rem Secara Mendadak
Banyak orang yang sadar akan hal ini, namun tidak sedikit juga dari mereka yang tidak menghiraukan hal tersebut, padahal, dengan menginjak gas secara mendadak, ECU akan memerintahkan untuk menyuplai bensin ke mesin hingga maksimal, hal tersebut dikarenakan pada saat berakselerasi, sebuah mobil membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk menggerakkan mobil tersebut.

Untuk pengereman secara mendadak tentu akan memaksa setiap pengendara mobil untuk menginjak gas yang lebih dalam agar kecepatan semulanya bisa didapatkan, solusi agar terhindar dari berkendara boros bahan bakar adalah dengan menginjak gas dengan halus dan santai, hal tersebut akan membuat penumpang yang berada di belakang juga merasa nyaman dan tidak terhentak oleh tenaga mesin.

Itulah 3 tips yang bisa anda coba terapkan untuk anda yang sering menggunakan kendaraan roda 4 agar berkendara anda bisa jauh lebih hemat dan penumpang di bagian belakang juga merasa nyaman.

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »