Asal Mula Agama Hindu Budha

Attailah PetirAgama hindu budha merupakan agama yang lahir dan berkembang pertama kali di india, agama ini terlebih dulu lahir jika dibandingkan dengan agama budha.
Patung
Patung 
Agama Hindu
Awal mula lahirnya agama hindu adalah pada saat kedatangan bangsa arya di india pada tahun 1.500 SM, bangsa arya sendiri merupakan keturunan dari Indo-Jerman, bangsa arya masuk melalui celah kalibar dan bergerak ke arah selatan yaitu punjab.

Setelah bergerah ke arah selatan kemudian dilanjutkan dengan penyebaran ke arah tenggara yaitu ke daerah sungai ganggana dan yamuna, dimana daerah tersebut di kemudian harinya dikenal dengan nama Doab.


Mulai saat itulah bangsa arya bercampur dengan penduduk asli india yaitu bangsa dravida yang sudah memiliki kebudayaan yang tinggi dan karena percampuran tersebutlah kemudian menghasilkan kebudayaan baru yakni kebudayaan hindu.

Agama Budha
Agama budha adalah agama yang mulai muncul dari ajaran sidharta gautama, sidharta sediri lahir di taman lumbini pada 563 M, dan ayahnya bernama sudhodana dari kerajaan kapilawast dan ibunya yang bernama maya.

Budha sendiri merupakan tokoh sejarah yang mendirikan agama budha, sedangkan dharma adalah ajaran dari pemeluk agama budha sedangkan sanggha disebut dengan triratna. Agama budha ini juga memiliki 2 aliran yakni aliran mahayana dan aliran Hinayana.

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »