Kegunaan Hutan Magroove

Attailah Petir - Hutan memiliki sejuta kegunaan bagi kehidupan manusia, hutan itu sendiri memiliki sangat banyak jenis dan ragamnya, salah satu jenis hutan yang paling banyak bisa di jumpai oleh kebanyakan orang pada umumnya adalah hutan Magroove.
  Pohon Mangroove
Pohon Mangroove
Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki sangat banyak pulau, tentu juga memiliki sangat banyak pantai yang membutuhkan tanaman atau pohon yang bernama Mangroove ini, dikarenakan manfaat yang dimiliki magroove ini sangatlah banyak, dan salah satuny adalah untuk mencegah itrusi air laut agar airu yang ada didarat tidak menjadi payau dan tetap layak untuk dikonsumsi.

Akar dari pohon Magroove ini berguna untuk mengendapkan lumpur dan dengan adanya endapan lumpur tersebut tentu akan menghalangi air laut untuk merembes ke tanah di darat. Selain itu, pohon Magroove juga memiliki kegunaan untuk mencegah erosi dan abrasi, seperti yang diketahui bahwa setiap pinggiran sungai atau sudut sungai selalu runtuh akibat terjangan air saat hujan tiba.

Baca Juga
Pohon Paria Gunung
Asal Mula Rumput Laut

Begitu pula halnya dengan bibir pantai yang terkena hempasan ombak, jika hal tersebut terus dibiarkan tanpa adanya penanganan khusus, maka tidak akan mustahil lama kelamaan daratan akan terkikis sedikit-demi sedikit oleh ombak dan juga terjangan air di sungai, dan salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah menanam pohon Magroove ini agar tanah yang terdapat di bibir pantai atau sungai yang terkena terkena terjangan ombak tidak mudah runtuh dan rata begitu saja.

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari pohon mangroove ini adalah sebagai sumber makanan bagi satwa liar seperti kura-kura, biawak, monyet, burung, ular dan masih sangat banyak lagi hewan yang tinggal di sekitar hutan mangrove ini, dan bila hutan mangroove ini di hancur maka besar kemungkinan yang akan terjadi pada manusia yang ada dimuka bumi adalah malapetaka, dikarenakan sangat banyak manfaat dan kegunaan yang bisa didapatkan dari hutan magroove ini.

Baca Juga
Jahe Berasal Dari India
Monyet Cinta Damai

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »