Orde Reformasi di Indonesia

Attailah Petir - Era Pasca Soeharto atau Orde Reformasi di Indonesia dimulai pada pertengahan tahun 1998, lebih tepatnya pada saat Presiden Soeharto mengundurkan diri dari kursi kepresidenan pada 21 Mei 1998 dan digantikan oleh wakil presiden BJ Habibie.
Orde Reformasi di Indonesia
Krisis finansial Asia atau yang lebih dikenal dengan istilah krisis moneter yang menyebabkan ekonomi Indonesia melemah dan semakin besarnya ketidakpuasan masyarakat Indonesia terhadap pemerintah yang dipimpinan Soeharto saat itu menyebabkan terjadinya demonstrasi besar-besaran yang dilakukan berbagai organ aksi mahasiswa di berbagai wilayah di Indonesia.


Pemerintahan Soeharto menjadi semakin disorot setelah Tragedi Trisakti yang terjadi pada 12 Mei 1998 yang menyebabkan 4 mahasiswa tertembak mati yang kemudian memicu Kerusuhan pada bulan Mei 1998 sehari lebih tepatnya setelah penembakan 4 mahasiswa tersebut. Gerakan mahasiswa pun meluas hampir diseluruh wilayah di Indonesia dibawah tekanan yang besar baik dari dalam maupun dari luar negeri, dan pada akhirnya Soeharto akhirnya memilih untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

Pada pemilu yang diselenggarakan pada tahun 1999, partai PDI-P pimpinan Megawati Soekarnoputri yang berhasil mendapatkan suara terbanyak (sekitar 35%). Namun, karena jabatan presiden masih dipilih oleh MPR saat itu, Megawati tidak secara langsung menjadi presiden. Abdurrahman Wahid, pemimpin PKB, partai dengan suara terbanyak kedua waktu itu terpilih kemudian sebagai presiden Indonesia ke-4. Megawati sendiri dipilih Gus Dur sebagai wakil presiden.


Masa pemerintahan Gus Dur Abdurrahman Wahid diwarnai dengan berbagai gerakan-gerakan separatisme yang semakin berkembang di Aceh, Maluku dan Papua. Selain itu, banyak kebijakan Abdurrahman Wahid yang ditentang oleh MPR maupun DPR.

Beberapa poin penting yang terjadi di indonesia selama tahun 1999 diantaranya adalah
  • Kekerasan etnis/agama terjadi di Maluku
  • Pemisahan Timor Timur menjadi negara merdeka melalui referendum yang disponsori oleh PBB; konflik antar pro-kemerdekaan dan pro-Indonesia menimbulkan banyak korban jiwa.
  • Pemilu 1999 - Pemilihan umum yang bebas diselenggarakan di Indonesia
  • Pengangkatan Abdurrahman Wahid sebagai Presiden.

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »