Taman Nasional Gunung Lauser

Attailah Petir Indonesia kaya akan sumber daya alam, dan salah satu kekayaan alam tersebut berada di bumi Aceh, lebih tepatnya di Taman Nasional Gunung Lauser, Keindahan alam TNGL ini mampu membuat siapapun yang pernah berkunjung ke tempat ini untuk kembali ke Taman Nasional Gunung Lauser ini.
Taman Nasional Gunung Lauser
Taman Nasional Gunung Lauser
Kawasan yang masuk ke dalam Pelestarian alam di Indonesia ini memiliki luas 1.094.692 hektar, lokasinya berada di bumi Aceh, di ujung sumatera. Kawasan yang masuk kedalam Taman Nasional Gunung Lauser ini diantaranya adalah Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Tengah, Gayo Lues, Bener Meria, dan juga Aceh Tamiang membuat TNGL ini menjadi salah satu Taman nasional terluas di Aceh.

Taman Nasional Gunung Lauser ini mulai didirikan pada tahun 1980 yang dikelola langsung oleh kementerian kehutanan dan masuk kedalam Situs Warisan Dunia UNESCO yang membuat TNGL ini patut di acungi jempol, dikarenakan tidak banyak dan tidak sembarangan tempat bisa masuk ke situs tersebut.


TNGL ini memiliki ketinggian 3.404 meter diatas permukaan laut di Aceh yang diisi oleh berbagai ekosistem asli dari pantai hingga puncak gunung tertinggi di Aceh, kawasan dalam Taman Nasional Gunung Lauser ini juga terbagi lagi menjadi beberapa kawasan hutan diantaranya adalah Hutan lebat khas hujan tropis yang dikelola dengan sistem zonasi dan dimanfaatkan untuk tujuan penelitian.

Selain itu, Taman Nasional Gunung Lauser ini memiliki 3 fungsi utama yaitu:
  1. Perlindungan sistem penyangga kehidupan.
  2. Pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistem.
  3. Pemanfaatan secara lestari sumber alam hayati dan ekosistem.
Dan di Taman Nasional Gunung Lauser ini terdapat sekitar 130 jenis mamalia dimana 89 diantaranya dilindungi dan menjadi spesies langka masih bisa ditemui di Taman Nasional Gunung Lauser ini.

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »