Tips Merawat Tanaman Kopi Yang Baik dan Benar

Attailah Petir - Tanaman kopi merupakan salah satu tanaman yang tumbuh di kebanyakan wilayah di indonesia, salah satu wilayah yang paling banyak di budidayakan tanaman kopi adalah di dataran tinggi Gayo Luess, dimana di wilayah ini sebagian besar penghasilan masyarakatnya berasal dari tanaman Kopi.
Selain itu, kopi juga menjadi minuman pembuka di pagi hari untuk kebanyakan masyarakat di Aceh, tidak hanya sampai disitu, salah satu bisnis yang paling maju di Aceh adalah Warkop ( Warung Kopi ), Tersedia berbagai jenis kopi di tempat tersebut dan adanya hampir di setiap daerah di seluruh aceh.

Untuk menanam tanaman kopi tentu akan membutuhkan perawatan hingga kopi yang ditanam tersebut berbuah sempurna dan siap untuk di panen, dan berikut merupakan 3 Tips Merawat Tanaman Kopi yang bisa Admin Share.

Baca Juga

Pemupukan
Untuk memenuhi kebutuhan akan hasil kopi yang berlimpah tentu langkah-langkah yang harus di tempuh tidak akan semudah yang dibayangkan, salah satu jalan untuk mengusahakan merawat kopi agar bisa mendapatkan hasil yang baik adalah dengan memberi pupuk yang cukup untuk tanaman kopi.

Tujuan pemberian pupuk ini sendiri adalah untuk mencukupi akan kebutuhan hara pada tanaman kopi, jika kebutuhan hara ini tidak tercukupi biasanya yang akan terjadi adalah pertumbuhan akan terhambar, tanaman akan layu, kurus dan tentunya tanaman kopi akan tidak produktif.

Pemangkasan
Pemangkasan yang dimaksud disini bukan berarti memangkas keseluruhan dari pohon kopi, namun pemangkasan yang dimaksud disini adalah pemangkasan dilakukan pada bagian-bagian tumbuhan dalam waktu tertentu dan dengan ukuran tertentu.

Untuk pemangkasannya sendiri bisa dilakukan 2 kali dalam satu tahun dengan tujuan untuk mempebaiki tumbuhan kopi tersebut agar hasil yang didapatkan kedepannya bisa menjadi lebih baik dan lebih memuaskan, terdapat 3 jenis pemangkasan yang bisa dilakukan yakni pemangkasan bentuk, pemangkasan produksi dan juga pemangkasan penundaan.

Wilwilan
Wilwilan merupakan salah satu langkah untuk merawat tanaman kopi, Wilwilan yang dimaksud disini merupakan pembuangan cabang yang pertumbuhannya kurang baik seperti membuang tunas air dan juga cabang kipas, tujuannya sendiri adalah untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman secara generatif tidak terganggu.

Tujuan akhir yang diharapkan adalah tanaman kopi mampu bernafas dengan lega, tidak terganggu oleh banyak dahan pengganggu, dan lebih tahan terhadap serangan hama.

Itulah 3 Tips merawat tanaman kopi yang bisa admin share pada postingan kali ini, jika memang dianggap bermanfaat silahkan di share ke teman-teman yang lain dan boleh tuliskan pendapat anda jika dirasa masih ada yang kurang tepat, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »