Sejarah Awal Berdirinya Youtube

Attailah Petir - Youtube sudah menjadi guru visual yang paling berharga untuk sekarang ini, dikarenakan hampir semua orang bisa belajar melalui platform yang satu ini, hal-hal yang tidak diajarkan di tempat lain besar kemungkinan bisa ditemukan di Youtube. Jadi siapapun yang memiliki niat untuk belajar secara free dan mudah, dimana pun bisa langsung mengunjungi situsnya di www.youtube.com.
Youtube Platform
Youtube Platform
Selain bisa digunakan untuk belajar, para pebisnis juga bisa memanfaatkan platform youtube ini sebagai media gratis untuk mempromosikan produk-produk yang mereka buat ke banyak orang tanpa batas, bahkan bisa dipromosikan hingga ke berbagai belahan dunia yang tentunya secara gratis, hanya saja hal yang perlu di ingat bahwa platform ini merupakan platform yang terhubung ke internet, maka kewajiban anda adalah harus menyediakan penghubungnya baik itu speedy maupun kartu seluler dengan teknologi HSPDA atau 4G.

Bagi kebanyakan orang yang pandai membuat video yang bermanfaat juga bisa menyalurkan hobinya di platform youtube ini dan bisa menghasilkan pundi-pundi dollar dengan cara mengupload video yang mereka miliki ke platform tersebut, jika video yang mereka buat menjadi perhatian banyak orang maka mereka bisa memonetize video tersebut agar dipasangkan iklan oleh pihak google, namun kembali lagi ke persyaratan yang harus dipatuhi oleh para content creator tersebut.
Tidak sedikit dari mereka yang mampu membuat conten video yang di share ke youtube dengan kualitas yang tidak kalah dari televisi bahkan lebih mendidik, mereka mampu menghasilkan puluhan hingga ratusan ribu dollar dari platform ini. Jadi tidak heran jika ada orang yang mengatakan bahwa youtube untuk sekarang ini sudah lebih dari TV.
 Pengguna Youtube
Pengguna Youtube
Awalnya youtube ini didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan juga Jawed Karim, yang sebelumnya adalah salah satu karyawan barisan paling depan di PayPal. Hurley mulai belajar desain di Indiana University of Pennsylvania, sedangkan Chen dan Karim belajar ilmu komputer di University of Illinois at Urbana-Champaign.

Asal mula YouTube dimulai dari sebuah perusahaan teknologi yang merangkak dan didanai oleh investasi dalam jumlah yang tidak sedikit yakni senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006, kantor pertama YouTube berada di atas sebuah restoran Jepang dan juga pizzeria di San Mateo, California. Domain www.youtube.com ini mulai aktif pada 14 Februari 2005 dan spontan situs ini mulai dikembangkan lagi pada bulan-bulan berikutnya.

Video pertama yang di unggah di YouTube berjudul Me at the zoo, dimana video ini menampilkan pendiri pendamping Jawed Karim di San Diego Zoo dan video ini mulai diunggah pada tanggal 23 April 2005 dan masih ada sampai sekarang.
Pemilihan nama www.youtube.com bukan tanpa tantangan, dikarenakan memunculkan masalah dengan situs yang namanya hampri sama dengan youtube ini, dan situs tersebut tidak lain adalah www.utube.com. Pemilik situs ini "Universal Tube & Rollform Equipment" mengajukan tuntutan hukum terhadap YouTube pada November 2006 setelah situsnya ini dibanjiri oleh para pengunjung yang ingin berselancar di YouTube, kemudian Universal Tube itu mengubah nama situsnya menjadi www.utubeonline.com pada bulan Oktober 2006 lalu dan tidak lama kemudian, Google Inc. mengumumkan bahwa mereka telah membeli YouTube dengan harga yang sangat fantastis, yakni senilai $1,65 miliar Dollar atau setara dengan Rp 23,181,569,026,976 ( 23,18 Trilliun Rupiah ) "untuk kurs rupiah sekarang" dalam bentuk saham. Persetujuan ini diselesaikan pada 13 November 2006 lalu, Google selaku pihak pembeli tidak memberikan informasi terlalu rinci mengenai biaya operasi YouTube dan pendapatan YouTube.
Youtube
Youtube
Namun di tahun 2007 ditulis "tidak material" dalam pengisian formulir wajib Bulan Juni 2008, sebuah artikel yang diterbitkan di majalah forbes yang memperkirakan pendapatan YouTube tahun 2008 yang mampu menembus angka mencapai $200 juta, setelah memperhatikan kemajuan penjualan iklannya, para pengunjung YouTube rata-rata menghabiskan waktu sekitar 15 menit dalam sehari untuk menonton video di sana dan akan sangat berbeda dengan warga amerika yang menghabiskan waktu sekitar 4-5 jam sehari yang digunakan untuk menonton televisi.

31 Maret 2010 YouTube mulai memperkenalkan desain situs baru dengan tujuan menyederhanakan UI nya dan juga untuk meningkatkan waktu yang dihabiskan pengguna di situs youtube ini, Manajer Produk Google Shiva Rajaraman mengatakan "Kami merasa perlu mundur sedikit dan membereskan segalanya." sedangkan pada Pada bulan Mei 2010, YouTube mulai ramaikan hingga dari dua miliar video per hari, jumlah yang dianggap "nyaris dua kali lipat penonton primetime di ketiga jaringan televisi terbesar Amerika Serikat". Mei 2011, YouTube juga telah melaporkan bahwa di blog perusahaannya dimana situs ini menerima lebih dari tiga miliar kunjungan per harinya dan pada Bulan Januari 2012, YouTube menyatakan bahwa jumlah tersebut naik menjadi empat miliar per hari, dan angka tersebut adalah sebuah angka kunjungan yang sangat fantastis untuk sebuah situs.


Youtube terus seperti itu hingga sekarang pengunjungnya yang sudah tidak terhingga, pengunjung youtube dimulai dari anak-anak hingga orang tua. Seperti itulah asal muasal situs youtube yang sudah sangat populer di era modern ini, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk anda para pengunjung, Terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya......

Baca Juga
Hari Eskrim Sedunia
56% Orang Sulit Tidur Karena Uang

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »