Sistem Pendidikan di Rusia

Attailah Petirpendidikan merupakan salah satu jalan bagi seseorang menuju kesuksesan, orang yang memiliki pendidikan yang tinggi pastinya akan memiliki peluang yang besar juga untuk sukses, begitu juga sebaliknya, namun bukan berarti juga kalau orang yang sudah menempuh pendidikan tinggi menjadi jaminan untuk sukses, dikarenakan pada dasarnya, untuk sukses dibutuhkan usaha yang lebih dari setiap pribadi seseorang.
 Pendidikan di Rusia
Pendidikan
Setiap negara yang ada di dunia ini pasti memiliki sistem pendidikan yang berbeda-beda dan bisa dikatakan kalau sistem pendidikan yang berbeda-beda tersebut adalah masing-masing cara dari setiap negara untuk menciptakan generasi yang cerdas dan lebih unggul dari yang sudah ada, begitu juga halnya dengan salah satu negara yang pernah menjadi negara terkuat di dunia, yakni Rusia.

Sitem pendidikan di negara rusia pada dasarnya sama saja dengan sistem pendidikan di negara-negara lainnya di dunia, namun beberapa keunikan yang bisa dilihat dari sistem pendidikan di negara tersebut yang tidak lain adalah mengklarifikasikan murid-muridnya dari awal dalam satu kelas atau pada tingkatan kelas yang pertama.
Walaupun dalam satu kelas, namun mereka lebih memilih untuk menjadikan anak-anak didikan mereka dalam 3  kelompok di dalam kelas atau didalam ruangan tersebut, kelompok pertama adalah untuk mereka yang baik, jujur dan bisa diandalkan, jadi untuk kelompok ini isinya adalah anak-anak yang memang baik dalam artian mudah diatur, tidak sering membuat masalah, jujur dalam artian tidak suka berbohong atau semacamnya dan bisa diandalkan dalam artian mereka adalah anak-anak yang memang memiliki kemampuan berfikir yang baik ( Cerdas ).

Kelompok yang kedua adalah kelompok anak-anak yang biasa-biasa saja dan cukup, dalam artian kelompok anak-anak yang kedua ini merupakan kelompok anak-anak berada ditengah diantara anak-anak anak dari kolompok yang ketiga, tidak terlalu baik namun juga tidak nakal, dikatakan terlalu jujur juga tidak tapi suka berbohong pun tidak juga maupun mereka juga tidak secerdas anak-anak pada kelompok yang pertama tadi, namun juga mereka tidak bodoh-bodoh amat.
Kelompok Anak di Rusia
Kelompok Anak di Rusia
Sedangkan untuk anak-anak kelompok yang ketiga adalah anak-anak yang memang memiliki watak yang ekstrim dan susah untuk diajarkan, dikarenakan mereka adalah anak-anak yang nakal, susah diatur dan punya kebiasaan buruk, walaupun anak-anak tersebut punya kebiasaan buruk, nakal dan susah diatur, namun mereka tetap di tempatkan di kelas yang sama, di ruangan yang sama, dikelas yang sama dengan anak-anak dari kelompok satu dan dua tadi, akan tetapi kelompoknya saja yang berbeda, namun sayangnya untuk sekarang ini sistem pendidikan semacam ini sudah banyak yang ditinggalkan dirusia.

Kota pendidikan yang di rusianya lebih dikenal dengan nama Tomsk. Tomsk ini merupakan sebuah kota di rusia yang dikenal sebagai kota pendidikan, hal tersebut terbukti dari kehadiran para pelajar baik siswa maupun mahasiswa dari berbagai penjuru dunia yang banyaknya lebih dari 100.000 pelajar, terdapat 1 universitas tertua di siberia yang tidak lain adalah Tomsk State Univ.

Dikota Tomsk ini juga terdapat sekitar 6 universitas negeri, Tomsk juga mempunyai perpustakaan yang bernama Pushkin Library  dan menyimpan koleksi langka dari literatur rusia. Dikarenakan tomsk ini merupakan kota pendidikan di rusia, maka tidak heran jika di tomsk ini juga tersedia asrama yang berkualitas untuk mahasiswa, namun walaupun asrama tersebut berkualitas tinggi tetap saja harganya sangat-sangat terjangkau.

Baca Juga
Pengertian Pancasila dan Ideologi
Definisi Ikatan Semi Polar

Berbeda dengan sistem pendidikan di tempat kita dimana yang lebih lama belajarnya ada pada sekolah dasar, di rusia sekolah dasar hanya 4 tahun saja, dengan jam belajar 4 sampai dengan 5 jam perharinya, namun untuk pendidikan di sekolah menengah pertama atau SMP nya memiliki jam belajar yang lebih panjang dibandingkan dengan sekolah dasar tadi, yakni 5 tahun baru bisa menyelesaikan pendidikan di SMP dengan jam belajar yang lebih tinggi yakni selama 5 hingga 8 jam perharinya, sedangkan untuk SMA normal-normal saja yakni 2 sampai dengan 3 tahun belajar.




Perbandingan biaya kuliah di eropa yang begitu mahal mungkin sudah diketahui oleh kebanyakan orang, namun bagaimana dengan biaya kuliah di rusia? Fakta membuktikan bahwa biaya kuliah di rusia jauh lebih murah bila dibandingkan dengan negara-negara lain di eropa, dan bagi mereka yang memiliki prestasi yang baik di beberapa kampus di rusia akan mendapatkan diskon biaya kuliah.

Kuliah gratis juga tersedia bagi mereka yang berhasil masuk melalui ujian masuk yakni Uniform State Examination ( EGE ), ujian tersebut bebas diikuti oleh mahasiswa dari berbagai negara, baik dari rusia itu sendiri, maupun dari luarnegeri atau dari negara selain rusia.

Yang paling menarik dengan sistem pendidikan di rusia adalah teknik pendekatan tenaga pengajar dengan para mahasiswanya, mereka yang sungkan untuk bertanya kepada dosen tidak perlu khawatir dengan kesungkanan mereka dikarenakan dosen sendiri yang akan membimbing dan membantu mereka dalam hal belajar, terutama pada saat mahasiswa sedang berhadapan dengan skripsi.

Mahasiswa juga akan menerima banyak tugas praktik dari dosen dengan tujuan agar mahasiswa tersebut mengerti apa yang sedang mereka kerjakan, jadi dosen tidak akan menilai mahasiswanya hanya dari ujian tulis saja, tapi keseluruhannya dinilai oleh para dosen di rusia.

Baca Juga
Pengertian dan Jenis-jenis Besaran
Orde Reformasi di Indonesia

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »