5 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

Attailah Petir - Kunyit atau kunir merupakan salah satu tanaman rempah-rempah dan bisa menjadi bahan obat-obat herbal yang asli dari wilayah asia tenggara, banyak orang yang hanya memanfaatkan kunyit ini sebagai salah satu bahan untuk memasak di dapur dikarenakan banyak dari mereka yang tidak mengetahui manfaat atau khasiat dari kunyit ini. 
Kunyit
Kunyit
Kunyit ini bisa tumbuh dengan sangat baik pada karakter tanah yang lembab dan perawatan nya pun sangatlah mudah, dikarenakan tanaman kunyit ini hanya membutuhkan kelembaban dan air yang cukup pada tanah, bahkan jika anda sering membuang kunyit yang lebih dari yang anda ambil untuk anda masak anda masih bisa cek ke tempat yang anda buang tersebut, jika tempat tersebut lembab dan berada di tanah maka besar kemungkinan kunyit tersebut akan tumbuh kembali dengan sangat baik. 

Baca Juga

Kunyit ini sendiri juga memiliki sejuta manfaat ataupun khasiat untuk kesehatan manusia, beberapa manfaat diantaranya adalah: 

Meredakan Peradangan 
Peradangan
Peradangan
Zat aktif kurkumin dalam kunyit yang tidak lain adalah antioksidan pastinya mengandung efek antiradang poten, kurang lebih terdapat sekitar 200 miligram kurkumin dalam satu sendok teh kunyit segar yang diparut halus atau kunyit dalam bentuk bubuk. Kurkumin yang terdapat pada kunyit ini diyakini bekerja dengan cara memblokir kerja sitokin dan enzim yang menjadi penyebab inflamasi dalam tubuh. 

Kurkumin juga bekerja untuk mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin dalam tubuh, di lain sisi kurkumin ini juga mampu untuk meningkatkan produksi kortison alami pada kelenjar adrenal. Selain itu, berbagai hasil uji praklinis melaporkan khasiat dari kunyit ini yang menjanjikan untuk berbagai penyakit terkait peradangan. Mulai dari kanker, penyakit kardiovaskular, sindrom koroner akut, radang sendi, aterosklerosis, dan diabetes. 

Namun sayang nya, hingga sejauh ini belum ada satu pun penelitian besar yang mampu memverifikasi bukti-bukti manfaat anti radang kunyit pada manusia. 

Mengobati Penyakit Maag 
Sakit Maag
Sakit Maag
Tanaman kunyit sudah sejak lama populer digunakan sebagai obat untuk gangguan pencernaan alami. Maka tidak heran pada saat gejala maag kambuh, orang-orang tua kita dulu menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan rasa nyeri akibat dari penyakit maag tersebut. Penyakit maag bisa timbul akibat timbulnya luka di lambung karena infeksi bakteri H. pylori, konsumsi obat antinyeri jangka panjang, racun rokok, alkohol, dan makanan tertentu. 

Beberapa hal tersebut bisa mengikis lapisan dinding usus dan kerongkongan sehingga bisa memicu refluks asam lambung naik. Maka dari hal itu, penelitian dari jurnal Pharmacognosy Reviews mengamati efek curcumin ini untuk mengobati peradangan akibat dari luka dan juga melindungi perut dari iritan-iritan tersebut dengan meningkatkan produksi lendir pada dinding lambung. 

Selain itu, artikel dalam jurnal Systematic Reviews juga mengatakan bahwa kunyit juga membantu mengurangi frekuensi kekambuhan gejala maag. Dikarenakan kurkumin yang terdapat didalam kunyit juga bekerja untuk mengendalikan produksi asam lambung dan empedu yang berlebih. 

Meredakan Gejala IBS ( Irritable Bowel Syndrome ) 
IBS
IBS
Irritable Bowel Syndrome (IBS) merupakan sindrom pencernaan yang memengaruhi kerja usus besar, IBS ini terjadi karena kerusakan pada cara kerja sistem usus, namun tidak ada tanda-tanda akan adanya kerusakan jaringan. Umumnya kemunculan sindrome ini ditandai dengan serangan sakit perut yang berulang, sakit perut tersebut mulanya diawali oleh otot-otot usus yang terus berkontraksi seperti ingin buang air besar, dan biasanya kontraksi seperti ini terjadi hingga beberapa kali dalam sehari. Akan tetapi, kontraksi akan lebih sering terasa ketika penderitanya baru selesai makan makanan tertentu seperti sayuran tertentu atau kopi. 

Baca Juga

Banyak sekali penelitian tentang IBS ini yang hasilnya berbeda-beda, dan kunyit dikatakan sangat aman dan mudah ditoleransi untuk orang-orang yang yang menderita IBS ini, penelitian dari Singapura yang dimuat dalam Journal of Clinical Medicine tahun 2018 lalu juga memperlihatkan bahwa kunyit mengurangi intensitas sakit perut yang diakibatkan oleh gejala IBS ini. Potensi tersebut berasal dari efek antioksidan dan juga antiradang kurkumin yang bisa membantu melancarkan kerja dari otot-otot pencernaan. 

Penelitian yang sama juga menemukan manfaat lain dari kunyit yakni untuk menyeimbangkan koloni bakteri baik didalam usus, selain masalah diare yang diakibatkan oleh IBS ini, kunyit juga sangat baik untuk mengatasi diare yang sebabkan oleh keracunan makanan, kandungan magnesium dan kalium yang terdapat di dalam kunyit ini mampu membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras karena diare. 

Mengurangi Rasa Mual 
Mual
Mual
Manfaat dari kunyit ini akan sangat tersasa saat diracik dengan bubuk lada hitam, dimana kunyit akan sangat manjur untuk meredakan mual dibandingkan dengan mengonsumsi kunyit saja. Sebuah studi dalam jurnal Food tahun yang dilakukan pada tahun 2017 lalu, yang membuktikan bahwa menambahkan lada hitam kedalam kunyit untuk dikonsumsi pada saat mual mampu membantu manfaat rempah kuning agar lebih terasa maksimal. Karena sebetulnya setelah kunyit tersebut dikonsumsi, kandungan curcumin dalam kunyit lambat diserap ke dalam aliran darah dan hal inilah yang membuat anda kehilangan manfaatnya. 

Penelitian tersebut menunjukkan piperin yang terdapat di dalam lada hitam mampu meningkatkan penyerapan curcumin sampai dua ribu persen lebih cepat ke dalam darah sehingga siap untuk digunakan oleh tubuh kita. Piperin ini juga memperlambat pemecahan curcumin oleh hati sehingga lebih bertahan lama didalam darah. 

Mengendalikan Gula Darah 
Gula Darah
Gula Darah
Diabetes menjadi masalah yang paling banyak dihadapi oleh orang di zaman sekarang ini, maka tidak heran jika banyak kasus yang didapat oleh pihak-pihak rumah sakit di berbagai daerah di seluruh indonesia. Bagi anda yang memiliki masalah dengan penyakit yang satu ini maka tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk menggunakan pengobatan alami untuk mengendalikan gula darah tetap stabil, dimana salah satu langkah yang bisa anda coba adalah dengan memanfaatkan kunyit

Sebuah studi tinjauan terbitan tahun 2013 menunjukkan bahwa curcumin mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa suplemen ekstrak kunyit mampu untuk membantu meningkatkan fungsi insulin, menstabilkan kadar gula darah, dan juga membuat gejala diabetes lebih mudah ditangani, hal ini yang kemudian membantu menurunkan risiko komplikasi terkait diabetes yang diakibatkan oleh peradangan. 

Namun untuk kelanjutannya masih diperlukan lebih banyak lagi uji klinis lainnya untuk memastikan manfaat dari kunyit ini untuk diabetes. 

Itulah 5 Khasiat Kunyit yang bisa admin share pada postingan ini, pada dasarnya manfaat dari kunyit ini sangatlah banya, tidak hanya 5 saja, dan banyak orang-orang tua kita dulu memanfaatkan kunyit ini sebagai salah satu obat herbal yang tanpa efek samping seperti kebanyakan obat-obatan kimia yang beredar di pasaran saat ini, namun kembali lagi ke zaman yang kita jalani sekarang ini.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »