Tahapan Pendidikan di Indonesia

Attailah Petir - Pendidikan merupakan sesuatu yang penting bagi kehidupan setiap orang terutama di zaman sekarang ini, jenjang pendidikan di setiap negara juga hampir sepenuhnya sama, yang membedakan nya hanyalah sistem pendidikan yang diterapkan di masing-masing negara, tapi selebihnya seharusnya sama saja tidak akan terdapat banya perbedaan.
Pendidikan
Belajar
Di indonesia anak-anak akan menempuh jenjang pendidikan yang paling awal yang memang harus mereka tempuh sebelum mengenal lebih jauh pelajaran yang dianggap sulit untuk anak-anak, Pendidikan PAUD ( Pendidikan Anak  Usia Dini ) merupakan pendidikan yang paling depan bagi mereka, dikarenakan anak-anak yang masuk PAUD adalah anak-anak yang memang masih sangat kecil dan baru bisa diajarkan cara menulis dan membaca.

Baca Juga

Jika anak-anak yang belajar di PAUD sudah menyelesaikan pendidikannya dengan baik, maka biasanya anak-anak tersebut di wisudakan dan melanjutkan pendidikan mereka ke tahap pertama yakni sekolah dasar atau yang lebih dikenal dnegan sebutan SD, di sekolah SD ini mereka akan menghabiskan waktu selama 6 tahun untuk belajar ilmu-lmu dasar, mulai dari Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS dan masih banyak lagi di siplin ilmu yang akan mereka pelajari pada tahapan ini.

Sesudah menyelesaikan pendidikannya di tahapan SD ini para murid melanjutkan pendidikan mereka di sekolah menengah pertama atau yang lebih dikenal dengan sekolah SMP, pada tahapan ini sebutan yang cocok untuk mereka yang sudah berada di jenjang pendidikan SMP adalah Pelajar, dan pada tahapan ini mereka sudah mulai belajar lebih mendalam apa yang mereka pelari di sekolah dasar, baik itu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS dan lain sebagainya.

Lama Pendidikan yang akan mereka tempuh adalah selama 3 Tahun dan mereka di tuntut untuk bisa menguasai semua pelajaran yang ada di sekolah mereka masing-masing, agar mereka bisa melanjutkan pendidikannya di sekolah menengah atas, dan seperti biasanya, bagi mereka yang sudah kelas 3 mereka akan menghadapi ujian kelulusan dikarenakan salah satu syarat kelulusan adalah harus mengikuti Ujian Negara ( UN ) terlebih dahulu.

Setelah lulus dari SMP barulah mereka melanjutkan pendidikan tingkat ketiga yakni SMA atau yang lebih dikenal dengan nama panjangnya yakni Sekolah Menengah Atas. Nah, pada jenjang pendidikan tingkat ini, sebutan yang cocok untuk mereka yang menempuh pendidikan di jenjang ini adalah Siswa, jika di perhatikan pada masing-masing tahapan pendidikan memiliki sebutan tersendiri untuk masing-masing jenjang.

Lama Pendidikan SMA ini adalah selama 3 tahun, dan pada tahapan ini mereka sudah mulai di fokuskan berdasarkan masing-masing keahlian, Untuk SMA terdapat 2 jurusan yang bisa mereka incar, yakni Jurusan IPA atau jurusan IPS. Namun bagi mereka yang memilih jalur keahlian atau Sekolah Menengah Kejuruan mereka akan langsung berhadapan dengan keahlian yang mereka ingin dalami, seperti Jurusan Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Perbaikan dan masih banyak lagi jurusan yang bisa mereka pilih.

Untuk Lama pendidikan nya sendiri juga tidak akan lebih dari 3 tahun seperti yang di targetkan, jika mereka tidak lulus tepat pada waktunya maka setiap tahapan pendidikan harus mengulangi kembali agar bisa lulus pada tahun yang akan datang.
Pendidikan
Pict 1

Setelah 12 Tahun pendidikan di masing-masing tingkatan tadi selain PAUD, maka tibalah waktunya bagi mereka untuk melanjutkan pendidikan tingkat tinggi atau kuliah, namun hal ini boleh di lanjutkan boleh tidak, bagi yang memiliki kesempatan tidak ada salahnya untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang satu ini.

Baca Juga

Untuk pendidikan lanjutan ini memiliki 2 jalur yakni jalur Strata dan jalur vokasi, jalur Strata dan jalur vokasi, jalur Strata menghasilkan lulusan dengan titel S sedangkan jalur vokasi nantinya akan mendapatkan gelar yang sedikit berbeda, sesuai dengan keahlian yang mereka miliki. Lulusan D1 tidak memiliki gelar, Lulusan D2 juga belum memiliki gelar, sedangkan jalur D3 sudah memiliki gelar yakni Ahli Madya atau yang lebih dikenal dengan Am.d.

Sesuai dengan D nya masing-masing, D1 lama pendidikan yang akan mereka tempuh normalnya adalah selama 1 tahun, D2 lama pendidikan yang akan mereka tempuh selama 2 tahun namun masih belum memiliki gelar , sedangkan untuk D3 akan menempuh pendidikan selama 3 tahun akan mendapatkan gelar Am.d. dan D4 akan menempuh pendidikan selama 4 tahun dengan gelar yang akan di dapatkan adalah SST ( Sarjana Sains Terapan ).
Pendidikan
Pict 2
Sedangkan jalur Strata mereka akan mendapatkan gelar S yang di mulai dari S1, S2 dan S3. Waktu yang dibutuhkan menyelesaikan pendidikan sarjana selama 4 hingga 6 tahun dengan gelar yang akan didapatkan adalah S, yang ujung dari S itu sesuai dengan jurusan dan juga program study yang diambil. sedangkan untuk pendidikan S2 dikenal dengan Postgraduate atau Magister, dan pada jenjang pendidikan ini mereka akan membutuhkan waktu lebih kurang selama 1,5 hingga 2 tahun lamanay dan mendapatkan gelar M ( Master ).

jenjang pendidikan terakhir dan yang paling tinggi untuk saat ini adalah S3 atau yang lebih dikenal dengan program Doctoral, lama pendidikan yang harus di tempuh untuk mendapatkan gelar Doktor ini adalah selama 5 hingga 7 tahun. Jadi, Jika seseorang ingin menyelesaikan pendidikan dari SD hingga selesai S3 dengan catatan semua bekjalan dengan lancar, maka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendidikan tersebut adalah selama 27 tahun lebih kurang.

Jika di hitung umur masuk SD adalah 5 tahun maka ditambah semua jenjang pendidikan yang ditempuh selama 27 tahun maka total waktu yang dibutuhkan untuk sukses belajar adalah pada umur 32 tahun.

Itulah sedikit banyak nya ulasan yang bisa admin share pada postingan dan bagi yang ingin menambahkan atau menyempurnakan apa yang sudah admin tulis, silahkan tuliskan saja pada kolom komentar di bawah artikel ini.

Baca Juga 

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »