5 Khasiat Buah Mengkudu

Attailah Petir – Mengkudu ( Morinda Citrifolia ) atau dalam bahasa aceh dikenal dengan nama Boeh Keumeudee merupakan buah yang berasal dari daerah asia tenggara, buah mengkudu ini termasuk ke dalam keluarga Rubiacae. 
Khasiat Buah Mengkudu
Buah Mengkudu
Tanaman yang satu ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500m diatas permukaan laut, tinggi dari pohonnya sendiri bisa mencapai 3 hingga 8 meter, tergantung dari umur mengkudu tersebut. Bunga bongkolnya berwarna putih sedangkan saat sudah menjadi buah akan berubah warna menajai hijau mengkilap dan banyak terdapat totol-totol, namun ketika buah mengkudu tersebut sudah tua akan terlihat berwarna putih dengan bintik-bitik hitam di sekujur buahnya. 

Orang-orang betawi banyak yang memanfaatkan daun muda dari pohon ini untuk membuat nasi goreng betawi, penggunaan daun muda tersebut agar rasa dari nasi goreng tersebut tidak berubah menjadi pahit, karena jika menggunakan daun yang sudah tua maka rasa yang dihasilkan nasi goreng yang mereka goreng akan menjadi pahit. Masyarakat Aceh secara tradisional memanfaatkan buah mengkudu ini sebagai sayur dan juga rujak, sedangkan daunnya digunakan sebagai salah satu bahan Nicah Peugaga atau menu wajib saat bulan puasa. 

Baca Juga

5 Khasiat lain dari buah mengkudu akan coba mimin sebutkan pada postingan ini diantaranya adalah 

Mencegah Kanker 
Khasiat Buah Mengkudu
Kanker
Salah satu khasiat dari buah mengkudu ini adalah sebagai pencegah bagi penyakit kanker, seperti yang kita tahu bahwa kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia, penyakit ini diakibatkan oleh pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker dan dalam pengembangannya ini sel-sel tersebut bisa menyebar ke berbagai bagian tubuh yang ujung-ujungnya akan menyebabkan penderitanya meninggal. 

Peran buah mengkudu adalah sebagai pencegah dari penyakit tersebut dikarenakan buah mengkudu kaya akan antioksidan yang mampu untuk mengatasi resiko terjadinya penyakit kanker yang sangat mematikan tersebut. Walaupun rasa dari buah mengkudu ini pahit, namun sifat-sifatnya akan sangat merangsang kekebalan tubuh yang bersifat melawant tumor. 

Menurunkan Kolesterol 
Khasiat Buah Mengkudu
Kolesterol
Manfaat kedua yang bisa didapatkan dari buah mengkudu ini adalah mampu untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh, kolseterol ini sendiri merupakan zat yang diproduksi oleh organ hati secara alami, akan tetapi zat tersebut juga bisa ditemukan did dalam makanan yang berasal dari hewan seperti daging dan juga susu dan kolesterol ini sendiri bisa mengganggu kesehatan tubuh jika kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi. 

Jika anda adalah tipe orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi maka ada baiknya jika anda coba untuk memperbanyak mengonsumsi buah mengkudu ini, dikarenakan buah mengkudu ini akan membantu mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan kadar pipoprotein dengan kepadatan yang tinggi, yang mana lipoprotein tersebut adalah jenis kolesterol yang baik yang bermanfaat bagi tubuh kita. 

Mengatasi Demam
Khasiat Buah Mengkudu
Demam
Manfaat yang bisa didapatkan dari buah mengkudu selanjutnya adalah buah mengkudu sangat bermanfaat untuk mengatasi demam, dikarenakan sifat antivirus yang terdapat di dalam buah mengkudu ini bisa membantu penyembuhan demam, nyeri hingga batuk. Seperti yang kita tahu bahwa demam merupakan peningkatan suhu tubuh sementara dalam menanggapi penyakit atau rasa sakit. 

Baca Juga

Adapun gejala-gela dari demam adalah penderita akan merasa dingin ketika orang lain tidak merasakan dingin tersebut, dingin yang menggigil, kulit akan terasa panas saat di sentuh, timbul sakit kepala, kehilangan selera makan, dehidrasi, depresi, sulit untuk konsentrasi, mengantuk hingga berkeringat, maka jika gejala tersebut muncul pada diri anda maka ada baiknya bagi anda untuk mengkonsumsi buah mengkudu

Mengobati Penyakit Arthritis 
Khasiat Buah Mengkudu
Kronis
Manfaat ke empat yang bisa didapatkan dari buah mengkudu ini adalah sebagai salah satu jalan untuk mengobati penyakit arthritis, seperti yang kita tahu bahwa penyakit Arthritis merupakan salah satu penyakit yang bersifat kronis yang terjadi seumur hidup, biasanya penyakit tersebut akan menyerang pria dan wanita yang usianya di atas 55 tahun, orang-orang yang menderita penyakit ini akan mengalami pembengkakan dan kaku pada sendi hingga bisa menyebabkan gerakan tubuh menjadi sulit dan terasa sakit. 

Untuk mengobati penyakit arthritis ini tidak ada salahnya jika coba untuk mengonsumsi jus mengkudu untuk mengatasi rasa sakitnya, dengan mengonsumsi buah mengkudu ini juga bisa mengurangi kerusakan sendi yang terjadi karena penyakit arthritis tersebut. Tidak hanya sampai disitu saja, mengkudu segar juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan radang sendi yang diakibatkan oleh penyakit arthritis tersebut. 

Menghindari Kerusakan Otak Akibat Strok
Khasiat Buah Mengkudu
Stroke
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa stroke merupakan kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang dikarenakan penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, tanpa darah otak tidak akan bisa mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang cukup, sehingga sel-sel yang terdapat pada sebagian area otak akan mati. 

Maka dari hal itu, salah satu jalan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengonsumsi buah mengkudu, dikarenakan mengkudu mengandung antioksidan dan antiinflamasi, anda bisa mengonsumsi buah mengkudu tersebut dengan cara yang menggugah selera yakni dengan membuatkan jus mengkudu agar rasanya lebih enak. Tidak ada salahnya jika anda mengonsumsi jus mengkudu ini setiap hari karena manfaatnya yang begitu luar biasa dan sangat membantu untuk menghindari kerusakan otak akibat dari penyakit paling mematikan di dunia yakni stroke. 

Itulah sedikit banyaknya informasi yang bisa admin share pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat, terimakasih dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »