5 Manfaat Cabe Untuk Kesehatan Tubuh


Attailah PetirCabe merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak di tanam di kebun-kebun kecil di pekarangan warna, dan di beberapa tempat cabe ini di tanam dalam jumlah yang besar mengingat akan apa yang ditawarkan saat musimpanen tiba, jika harga cabai melonjak tinggi, para petani cabe biasanya akan mendapat untuk puluhan bahkan hingga ratusan juta rupiah, tergantung dari banyaknya cabe yang mereka tanam.
5 Khasiat Cabe Untuk Kesehatan Tubuh
Gigit Cabe
Seperti yang kita tahu bersama bahwa cabe juga berguna sebagai pelengkap salah satu bahan untuk memasak di dapur, dimana tanpa cabai rasanya masakan apa pun yang dimasak tidak akan sempurna. Rasa dari cabe ini yang pedas menjadi kesan tersendiri bagi kebanyakan orang apalagi mereka yang tinggal di luar negeri yang bahkan ada yang sampai membuat kontes makan cabai terbanyak dan terpedas di dunia saking sayang nya pada cabai.

Cabe ini masih masuk kedalam keluarga paprika dan juga tomat atau dengan sebutan ilmiahnya yakni capsicum annum. Cabe juga dikenal memiliki sangat banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, walaupun rasanya pedas, tapi cabe memiliki manfaat sangat banyak untuk kesehatan tubuh 5 diantaranya akan coba kita sebutkan kali ini, dan berikut adalah 5 Khasiat Buah Cabe Untuk Kesehatan Tubuh:

Baca Juga
Khasiat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan Tubuh

Pelepasan Rasa Sakit
5 Manfaat Cabe Untuk Kesehatan Tubuh
Rasa Sakit
Rasa sakit yang dirasakan oleh tubuh memang akan sangat mengganggu aktivitas keseharian kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari, namun akan sangat membantu jika rasa sakit tersebut bisa dihilangkan. Salah satu cara menghilangkan rasa sakit tersebut dengan memanfaatkan cabe, dikarenakan bisa merangsang pelepasan endrofin di dalam tubuh.

Diantara kebanyakan rasa sakit yang dialami tubuh, namun hanya beberapa rasa sakit saja yang bisa dihilangkan dengan mengkonsumsi cabe, dimana diantaranya adalah Herpes Zoster, Bursitis, Neuropati Diabetes dan Kejang Otot Bahu, serta penyakit yang paling banyak di derita orang di zaman sekarang ini yang tidak lain adalah penyakit Rematik.

Capsaicin yang terdapad pada cabe akan bekerja sama dengan reseptor rasa sakit, maka dengan adanya sensasi rasa panas yang dihasilkan oleh Capsaicin tersebut membuat ujung saraf berhenti mengirim sinyal sensasi rasa sakit yang dirasakan oleh tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung
5 Manfaat Cabe Untuk Kesehatan Tubuh
Penyakit Jantung
Penyakit Jantung merupakan sebuah kondisi dimana jantung mengalami gangguan, bentuk gangguan yang dialami oleh jantung tersebut juga bisa bermacam-macam mulai dari Gangguan Pembuluh Darah Jantung, Gangguan Irama Jantung, Gangguan Katup Jantung maupun Gangguan yang terjadi karena faktor Keturunan.

Seperti yang kita tahu bersama bahsa fungsi utama dari jantung ini sendiri adalah untuk mengaliarkan darah yang kaya akan oksigen ke seluruh anggota badan manusia, sedangkan darah yang kurang akan kadar oksigen akan dikembalikan kembali ke jantung untuk diteruskan ke ventrikel kanan.

Penyakit yang akan munjul jika jantung bermasalah diantaranya adalah Penyakit Arteri Koroner, Aritmia, Penyakit Jantung Bawaan, Kardiomiopati, Infeksi Jantung dan juga Penyakit Katup Jantung. Maka sebelum penyakit jantung tersebut menyerang kita, ada baiknya bagi kita untuk menghindari penyakit tersebut dan salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi cabe.

Dikarenakan cabe memiliki Vitamin B6 dan juga asam Float serta Pottasium dan juga beta karoten, Vitamin B juga mampu untuk mengurangi level Homocysteine, dimana jika tingginya level dari Homocysteine ini bisa merusak sel pembuluh darah dan meningkatkan resiko penyakit jantung ( Stroke ).

Melancarkan Pernapasan
5 Manfaat Cabe Untuk Kesehatan Tubuh
Paru-paru
Sistem pernafasan merupakan sebuah proses pergantian udara ke dalam tubuh yang memegang peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia, dikarenakan dengan bernafas, kita bisa memperoleh oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh dengan tujuannya mampu menghasilkan energi pada sel tubuh manusia ini.

Selain itu dengan bernafas juga akan membuang zat limbah pada tubuh seperti karbon dioksida yang dihembuskan keluar melalui hidung manusia. Jika sistem pernafasan kita terganggu, maka beberapa penyakit yang berakibat fatal bisa terjadi seperti Penyakit Asma, Alergi ataupun Reaksi Anafilatik, Bronkitis dan Juga Penyakit Paru Obstuktif Koronis atau yang lebih dikenal dengan PPOK.

Baca Juga

Dalam hal ini cabe akan sangat berguna untuk membantu melancarkan saluran pernapasan pada paru-paru sehingga bisa mengurangi resiko terjadinya Penyakit Asma. Vitamin A yang terdapat pada cabe berguna untuk mengurangi radang paru-paru yang terjadi karena asap rokok yang dikonsumsi oleh para perokok, dikarenakan asap rokok mengandung benzopyrene yang sangat berbahaya dan mampu menghancurkan Vitamin A yang terdapat dalam tubuh kita.

Mencegah Bisul Lambung
5 Manfaat Cabe Untuk Kesehatan Tubuh
Bisul Lambung

Banyak orang yang mengatakan kalau mencegah lebih baik dari pada mengobati, hal tersebut juga berlaku pada manfaat dari buah cabe ini, dikarenakan cabe sangat berguna untuk membunuh bakteri yang kemungkinan tertelan oleh kita. Selain itu, cabe juga sangat berguna untuk memberikan stimulasi sel-sel yang akan melapisi lambung guna mengeluarkan zat-zat yang melindungi lambung.

Bisul Lambung atau yang biasa dikenal dengan istilah Tukak Lambung ini merupakan sebuah penyakit yang timbul akibat luka yang terjadi pada lapisan sepanjang sistem pernernaan kita. Seperti yang kita tahu bahwa lambung ini adalah bagian dari saluran pencernaan yang memiliki peran yang sangat penting untuk membunuh kuman dan juga mencerna makanan yang diterima saat kita makan.

Gejala-gejala yang akan muncul saat terjadinya penyakit ini diantaranya adalah Mual, Perut Kembung, Sering Bersendawa, Hilangnya Selera makan, Rasa Nyeri yang Panas pada bagian perut dan yang paling tampak saat dilihat oleh mata adalah penurunan berat badan. Selain itu penyakit ini ini juga bisa menular ke orang lain melalu kontak langsung dengan air liur, maka ada baiknya sebelum hal tersebut terjadi dan kondisi semakin memburuk bagi kita untuk menghindari penyakit tersebut dimana salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi cabe.

Mencegah Terjadinya Resiko Kanker Usus Besar
5 Manfaat Cabe Untuk Kesehatan Tubuh
Kanker Usus Besar
Usus besar atau kolon merupakan bagian dari usus antara usus buntuk dengan rektum, fungsi yang paling utama dari usus besar ini tidak lain adalah untuk menyerap air yang berasal dari feses. Tidak hanya itu, usus besar juga memiliki peran untuk Menyimpan dan mengeliminasi sisa makanan, Menjaga keseimbangan cairan eleltrolit yang terdapat dalam tubuh dengan cara menyerap air dan juga untuk Mendehidrasi bakteri di dalam tubuh.

Kanker usus besar merupakan tumor ganas yang tumbuh pada usus besar dan gejala yang paling umum terjadi jika terserang penyakit yang satu ini adalah Buang Air Besar ( BAB ) yang berdarah. Untuk penyebab terjadinya penyakit Kanker Usus besar ini sendiri terdiri dari beberapa penyebab, dimana diantaranya adalah Pola Makan yang kurang teratur, Terlalu banyak mengonsumsi daging merah dan juga lemak, Merokok, Mengonsumsi Minuman Beralkohol dan juga salah satu penyebab nya adalah kurang nya Olahraga seseorang.

Dalam hal ini, Cabe yang memiliki kandungan Vitamin C yang sangat berguna untuk peningkatan Imune tubuh, Cartonoid lycopene, Beta Caroten dan juga Asam Folat yang terdapat pada cabe merah akan sangat berguna untuk mengurangi resiko kanker usus besar, selain itu Asam Folat juga sangat berguna untuk metabolisme tubuh yang sehat.

Nah , dari 5 Khasiat Buah Cabe Untuk Kesehatan Tubuh tersebut apakah anda akan tetap tidak suka dengan cabe? Hanya saja cara pengolahan cabe untuk di konsumsi yang salah oleh sebagian besar orang, dikarenakan tidak terlalu banyak yang tahu bahwa biji cabe dan juga kulit cabe yang tidak digiling dengan sempurna bisa menjadi masalah baru untuk kesehatan tubuh kita.

Semoga informasi yang admin share pada postingan kali ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semuanya, Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »