5 Tips Berbelanja Bulanan Hemat

Attailah Petir Berbelanja untuk mencukupi kebutuhan hidup merupakan hal yang tidak terelakkan dan sudah menjadi kebutuhan hidup bangi kebanyakan orang, tidak peduli apakah mereka masih muda, anak-anak hingga orang tua pun membutuhkan benda yang namanya uang, namun dalam hal pengelolaan uang juga harus diperhatikan dengan baik agar uang yang akan di keluarkan nantinya bisa lebih hemat dan bisa lebih teratur. 
5 Tips Berbelanja Bulanan Hemat
Belanja
2 hal yang paling utama yang akan sangat berpengaruh dalam hal perencanaan keuangan keluarga dan pastinya harus sangat di perhatikan adalah sumber pemasukan uang dan juga pengeluaran setiap bulannya agar lebih jelas dan lebih terpantau, namun akan lebih baik lagi jika anda mengikuti beberapa tips yang akan mimin sebutkan berikut ini. 

Baca Juga

Manfaatkan Sistem Amplop 31 
5 Tips Berbelanja Bulanan Hemat
Amplop
Tujuan dari penggunaan sistem amplop 31 ini adalah agar penggunaan anggaran belanja menjadi lebih terarah dan lebih terkendali, dikarenakan sering dari kita yang menggunakan uang belanja yang melebihi ekspektasi yang telah kita tentukan. Dengan penerapan sistem amplop 31 ini mungkin pengeluaran seseorang akan lebih terarah dan terkendalikan. 

Langkah untuk menerapkan nya pun sangatlah mudah, anda hanya perlu menyediakan 31 amplop untuk anda masukkan uang sesuai dengan kebutuhan harian anda, kebutuhan uang yang dimasukkan ke dalam amplop tersebut meliputi uang untuk membayar cicilan rumah, uang kontrakan, uang bensin, gas,uang untuk bayar listrik, uang saku anak-anak hingga uang tabungan untuk dana darurat, setiap amplop tersebut tuliskan nomer 1 hingga 31 yang artinya amplop tersebut akan diambil setiap harinya sesuai dengan tanggal. 

Jangan Tergoda Dengan Brand 
5 Tips Berbelanja Bulanan Hemat
Branded
Tidak sedikit dari kita yang tergoda dengan barang-barang branded yang harganya diluar nalar, dan hal tersebut tentunya akan sangat mengganggu anda dalam hal pengelolaan uang belanja bulanan anda, dimana anda harus benar-benar menyisihkan sangat uang untuk membeli sebuah barang bermerek yang biasanya harganya tidak main-main. 

Baca Juga

Tidak ada salahnya jika anda coba untuk mencari jenis barang yang mirip dengan barang branded yang ada inginkan dengan dengan kualitas yang juga mirip-mirip namun dengan harga yang lebih terjangkau dengan barang asli yang anda inginkan, hal tersebut tentunya akan membuat anda bisa menghemat sangat banyak pengeluaran bulanan anda yang bisa digunakan untuk kebutuhan yang lain. 

Buat Menu Masakan Mingguan 
5 Tips Berbelanja Bulanan Hemat
Bahan Masakan
Jika anda merupakan ibu rumah tangga yang harus memasak setiap harinya untuk keluarga anda yang ada dirumah mungkin anda bisa mencoba menggunakan cara ini yakni membuat menu masakan mingguan anda. Tujuan terbesarnya adalah untuk menghemat lebih banyak uang yang keluar untuk kebutuhan masak anda, selain itu anda juga tidak akan membuat orang yang menikmati masakan terebut merasa bosan dengan masakan yang sama setiap harinya, dan yang terpenting adalah anda tidak akan membuat makanan yang anda masak tersebut mubazir karena belanja bahan untuk memasak yang berlebihan. 

Buatlah Daftar masakan yang akan anda masak untuk seminggu dengan jenis masakan yang berbeda, tulis semua bahan yang dibutuhkan untuk memasak masakan tersebut dan perhitungkan uang yang dibutuhkan untuk berbelanja setiap harinya, biasanya dengan cara tersebut anda akan lebih menghemat pengeluaran anggaran anda, tentunya hal ini adalah hal yang sangat sepele dan banyak diabaikan oleh kebanyakan orang, namun cara yang satu ini sangat ampuh untuk menghemat uang belanjaan bulanan untuk kebutuhan dapur. 

Catat Penggunaan Uang & Simpan Nota Pembelian 
5 Tips Berbelanja Bulanan Hemat
Nota Belanja
Cara yang ke Empat ini merupakan cara yang tidak lazim dan banyak diabaikan oleh kebanyakan orang, namun bagi mereka yang cerdas dalam hal pengelolaan uang bulanan menyimpan nota pembelian barang saat mereka berbelanja merupakan hal yang wajib, dikarenakan setiap dari mereka pasti akan menghitung pengeluaran bulanannya pada akhir bulan, jika mereka tidak sempat mencatat pengeluaran mereka maka tidak ada salahnya untuk melihat kembali nota berbelanja mereka masing masing. 

Selain itu, perlu diketahui bahwa pengeluaran bulanan mereka akan sangat berpengaruh terhadap kebiasaan mereka dalam berbelanja, dikarenakan setiap bulan jika mereka menghitung dengan baik pasti mereka pernah membeli sebuah barang yang mungkin masuk ke dalam kategori tidak diperlukan, dan hal terebut tentunya akan sangat tidak baik jika dibiarkan terus menerus dikarenakan lama kelamaan akan membuat perekonomian setiap keluarga menjadi terhambat, maka dari itu tidak ada salahnya untuk menyimpan nota pembelian dan mencatat penggunaan uang berbelanja setiap bulannya. 

Kurangi Penggunaan Kartu Kredit 
5 Tips Berbelanja Bulanan Hemat
Kartu Kredit
Terakhir Tips Belanja Hemat Bulanan yang bisa mimin sebutkan pada postingan kali ini adalah dengan mengurangi penggunaan kartu kredit dan mungkin tips yang satu ini semua orang akan setuju dan banyak juga dari mereka yang protes dengan tips yang satu ini, dikarenakan kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit ini memang tidak akan pernah tergantikan oleh apa pun, walaupun begitu anda tetap harus mengurangi penggunaan kartu kredit tersebut demi kebutuhan bulanan anda yang lebih baik. 

Banyak dari mereka yang kewalahan sendiri karena lalai dalam penggunaan kartu kredit mereka masing saking asyiknya berbelanja dengan mudah saat menggunakan kartu kredit, dan pada akhir bulan mereka beru merasakan betapa susahnya mengontrol uang yang mereka miliki jika terlalu bergantung pada kartu kredit yang mereka miliki masing-masing. 

Itulah sedikit banyaknya Tips & Trick yang bisa mimin share pada postingan ini, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk anda, silahkan dicoba semoga semua berjalan sesuai dengan rencana, Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »