5 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Attailah PetirBanyak orang yang ingin mobil yang mereka gunakan dijaga sebaik mungkin, terutama saat musim hujan tiba, yang mana mobil akan membutuhkan perhatian lebih dalam hal perawatan agar mobil yang digunakan tersebut bisa berjalan dengan mulus dan bisa tetap awet. 
Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan
Merawat Mobil Ketika Musim Hujan
Sejumlah alasan mulai dari keselamatan penumpang mobil tersebut hingga keinginan unuk mempertahankan mobil agar bisa tahan lebih lama dari yang seharusnya juga menjadi alasan tersendiri bagi sebagaian besar orang. Mobil yang terjaga dan terawat dengan baik biasanya akan lebih enak saat dikemudikan bila dibandingkan dengan mobil yang tidak terjaga dan tidak terawat sama sekali, apalagi mobil, jika mobil yang dimaksud adalah mobil yang sama sekali tidak diperhatikan pada saat musim penghujan tiba. 

Baca Juga

Pada postingan ini admin ingin sharing mengenai 5 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan yang admin ketahui dan menurut admin dan berikut adalah Tips-tips nya. 

Cek Kondisi Ban Mobil 
5 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan
Ban Mobil
Yang paling utama yang harus diperhatikan untuk mobil anda sebelum mengoperasikan mobil tersebut saat musim hujan tiba adalah mengecek kondisi ban mobil, apakah ban mobil anda masih bagu atau masih layak untuk digunakan? Jika ban mobil tersebut sudah botak atau sudah retak maka sebaiknya segera ganti dengan ban yang baru agar keselamatan anda saat berkendara lebih terjamin. 

Ban yang botak dan sudah tidak bagus mungkin akan sangat merepotkan anda ketika berjalan di aspal pada saat kondisi aspal basah dikarenakan permukaan jalan akan menjadi lebih licin dari yang biasanya, maka sebaiknya ganti saja ban yang sudah tidak layak untuk digunakan tersebut dengan ban yang baru agar anda bisa lebih nyaman saat berkendara tanpa ada rasa was-was. 

Cek Kondisi Rem 
5 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan
Rem Mobil
Kedua yang harus diperhatikan saat musim penghujan tiba adalah kondisi rem baik itu kanvas rem maupun disk brakenya yang bisanya akan sangat mudah untuk kotor, maka tidak ada salahnya jika anda coba untuk membersihkan kanvas rem yang kotor tersebut agar tidak ada bunyi-bunyian pada bagian rem mobil anda, jika kanvas rem mobil anda masih dalam keadaan bagus atau baru diganti maka cukup dibersihkan saja agar kotoran-kotoran yang terdapat pada kanvas rem tersebut hilang dan tidak terjadi bunyi-bunyian pada rem mobil anda. 

Rem adalah salah satu komponen yang penting pada sebuah mobil yang harus benar-benar diperhatikan demi keselamatan para penumpang nya, dikarenakan sangat banyak kasus mobil kecelakaan di jalan raya yang merenggut korban jiwa salah satu penyebabnya adalah rem mobil yang blong. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi rem mobil anda apakah dalam kondisi bagus atau sudah jelek? Jika masih bagus cukup di bersihkan saja, namun jika sudah tidak layak untuk digunakan maka segera ganti dengan kanvas rem yang baru agar lebih terjamin. 

Cek Wiper Blade 
5 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan
Wiper
Mengendarai mobil saat sedang hujan memang menimbulkan suka duka tersendiri, suka nya biasanya pada saat hujan sering tidak terjadi kemacetan, sedangkan untuk dukanya adalah jarak pandang ke depan akan terhalang oleh air hujan, apalagi hujan yang terjadi bgitu lebat yang menyebabkan jarak pandang ke depannya menjadi lebih terhalang, maka yang harus dilakukan adalah menurunkan kecepatan agar tidak terjadi resiko yang begitu besar. Dan sangat membahayakan. 

Baca Juga

Namun yang perlu dilakukan dan yang paling penting sebanarnya adalah menyalakan wiper mobil anda masing-masing setelah menurunkan kecepatan, hal ini penting karena kebersihan kaca mobil yang terkena air hujan saat jatuh akan sangat mengganggu pengemudi mobil, lihat dan amati baik-baik kaca depan mobil anda apakah airnya bisa disapu bersih oleh wiper? Jika tidak maka yang harus dilakukan adalah membersihkan wiper blade nya, jika memang kotor cukup di bersihkan saja, namun jika sudah usang dan tidak layak untuk digunakan lagi maka ada baiknya jika wiper blade tersebut diganti saja. 

Sebenarnya ada satu komponen lagi yang juga harus di cek disini yaitu kondisi motor wipernya, apakah masih bisa bekerja dengan normal? Jika tidak segera ganti dengan motor yang baru agar penggunaanya lebih maksimal dan pastikan juga air wiper dalam keadaan penuh, hal ini bertujuan untuk 

Pastikan Lampu Menyala 
5 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan
Lampu Mobil
Ketika sedang berkendara dalam keadaan hujan jarak pandang dengan mobil lain di depan tentu akan sangat terbatas, dikarenakan ketebalan air hujan yang jatuh, maka dari itu tidak ada salahnya untuk menyalakan lampu mobil anda masing-masing, hal tersebut bertujuan untuk memberitahukan kepada mobil lain yang sedang melaju dengan kecepatan yang lebih tinggi dari mobil yang anda kemudikan. 

Jangan nyalakan Lampu Hazard kecuali sedang dalam keadaan berhenti atau dalam keadaan darurat, karena bayangannya adalah orang akan mengira bahwa anda sendang berhenti di pinggir jalan, resiko dari menyalakan lampu hazard pada saat sedang jalan adalah tabrakan, karena dalam keadaan hujan tidak akan menutup kemungkinan salah satu lampu seen anda akan tidak akan terlihat oleh pengemudi di balakang mobil anda karena ketutupan air hujan di kaca mobilnya. 

Maka dari itu, anda cukup menyalakan lampu utama nya saja, dan pastikan semua lampu dalam keadaan hidup, baik lampu dim, lampu dekat, lampu jauh, lampu senja, lampu belakang semua normal. 

Jangan Menerjang Banjir 
5 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan
Menerjang Banjir
Tips yang terakhir yang bisa admin share pada postingan kali ini untuk Untuk Merawat Mobil Saat hujan adalah dengan tidak menerjang banjir walaupun groud clearens mobil anda tingga. Hal ini bertujuan agar tidak ada air yang masuk ke dalam beberapa komponen mobil tidak ter rendam air, karena pada dasarnya air hujan yang tergenang di sebuah tempat sudah terkontaminasi dengan berbagai macam cairan lainnya yang menjadi fatal bagi mobil anda. 

Walaupun sudah ada research development mobil tersebut bisa digunakan untuk menerjang banjir tetap saja mobil tersebut adalah sebuah mobil bukan perahu, beberapa komponen yang mungkin bisa menjadi korban jika mobil tersebut sering digunakan untuk menerjang banjir adalah Aki, ECU, Balas Lampu, Box Kering, dan juga beberapa komponen lain yang tidak seharusnya boleh terkan air, hindari sebisa mungkin untuk menerjang banjir jika ingin mobil anda tetap dalam keadaan awet. 

Namun jika memang sudah terpaksa dan tidak ada jalan lain, maka yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa mobil anda mampu untuk menerjang ketinggian bajir yang ingin di terobos, dan jika mobil sudah mulai jalan dalam air, usahakan untuk mempertahankan putaran mesin pada kecepatan tinggi dan jalan dalam keadaan pelan agar cipratan air tidak terlalu kencang. 

Nah, itulah 5 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan tiba yang bisa admin share pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk anda, Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »