Beberapa Alasan Paling Umum Untuk Kuliah di Jerman

Attailah Petir - Negara Jerman merupakan salah satu negara yang menarik bagi mahasiswa internasional dibandingkan negara-negara Eropa lainnya seperti Inggris dan juga Perancis. Hal tersebut merupakan hasil studi yang dilakukan oleh Study.EU.
Alasan Kuliah di Jerman
Universitas di Jerman
Sedangkan inggris dan juga Amerika Serikat yang biasanya dikenal sebagai salah satu negara dengan tujuan faforit bagi para penimba ilmu. Memang untuk hal tersebut menjadi fakta yang tidak pernah terbantahkan, akan tetapi untuk eropa, universitas terbaik hanya bisa ditemukan di Jerman.

Sebuah study yang dilakukan oleh Study.EU yang menganalisa 30 negara di benua eropa, dan hasil yang di dapatkan dari studi tersebut adalah jerman berada pada peringkat paling atas dengan total poin yang didapatkan adalah sebanyak 80,7 dari poin mksimalnya 100.

Baca Juga

Sedangkan inggris hanya mendapatkan poin sebanyak 75,8 dan perancis juga jauh di bawahnya yakni sebanyak 68,6 poin saja. Tahun lalu juga jerman masih bertahan menjadi negara dengan universitas terbaik di eropa, Beberapa alasan yang menjadi acuan setiap orang yang beberapa diantaranya akan coba mimin sebutkan pada postingan kali ini, beberapa alasan tersebut merupakan alasan yang paling umum bagi mereka yang memilih kuliah di jerman.

Bebas Bayaran "Sifatnya Relatif"
Alasan Kuliah di Jerman
Uang
Universitas Jerman hanya bebas bayaran jika calon mahasiswa yang mendaftar ke universitas negeri juga diterima oleh universitas tersebut. Selain itu, untuk para calon mahasiswa yang juga memiliki keinginan untuk kuliah dalam kondisi seperti warga Jerman biasa, mereka harus menghadapi tantangan yang sama layaknya warga jerman dengan program studi yang lain dari itu, atau di universitas swasta, kualitasnya juga tidak kalah bagus, akan tetapi mereka harus bayar seperti halnya orang-orang jerman pada umumya, dan itu sama sekali tidak murah.

Boleh Bekerja 20 Jam/Minggu
Alasan Kuliah di Jerman
Bekerja
Visa mahasiswa dari luar jerman dibatasi oleh jumlah waktu yang boleh digunakan untuk bekerja, Bagi mahasiswa tanpa paspor Uni Eropa, batasnya adalah 120 hari per tahun. Dalam semester kuliah para mahasiswa hanya boleh bekerja selama 20 jam per minggunya, namun biaya hidup di Jerman lebih murah bila dibandingkan dengan kebanyakan kota di AS dan Inggris, sebaiknya jangan pernah mencoba kerja secara illegal dikarenakan resikonya yang sangat besar salah satunya adalah di eksploitasi, dan jika tertangkap bisa dideportasi.

Baca Juga

Beasiswa 
Alasan Kuliah di Jerman
Beasiswa
Banyak tawaran beasiswa bagi mahasiswa asing dari berbagai bidang yang bisa di pilih oleh masing-masing orang, dan tentunya juga berlaku bagi kita yang berasal dari indonesia, Jika kita memiliki prestasi yang baik dan gigih dalam mencari beasiswa, maka kesempatannya bisa saja diperoleh dengan mudah. DAAD yang merupakan lembaga negara Jerman yang memberikan beasiswa paling banyak bagi mahasiswa asing, tidak hanya itu, banyak juga yayasan-yayasan yang memberi beasiswa dengan spesifikasi tertentu.

Bisa Berbahasa Jerman Dengan Baik
Alasan Kuliah di Jerman
Berbahasa Jerman
Banyak Orang yang tidak akan setuju dengan alasan yang satu ini, namun kebanyakan dari mereka yang tidak bisa di kota besar dan menjadi orang asing namun tidak bisa menguasai bahasanya dan dalam pembahasan ini adalah bahasa Jerman. Memang ada sebagian program studi yang juga ditawarkan dalam bahasa Inggris, akan tetapi akan sangat mudah bagi kita untuk menjalani hidup di jerman jika kita bisa berbahasa jerman, apalagi jika bisa berbahasa jerman dengan baik, setiap kesalahan pengucapan kata dalam bahasa jerman setiap harinya bisa diperbaiki dengan kebiasaan dalam berbicara dengan orang-orang jerman.

Kemungkinan Ingin Menetap
Alasan Kuliah di Jerman
Jerman
Alasan yang mungkin tidak akan masuk akal seperti beberapa alasan yang sudah mimin sebutkan adalah besar kemungkinan mereka yang melanjutkan kuliah di jerman memiliki tujuan untuk tinggal selamanya di negara tersebut, alasan setiap orang pun bisa berbeda-beda. Dikarenakan banyak yang mengatakan bahwa mendapatkan pekerjaan di jerman lebih mudah jika memiliki skill setelah menyelesaikan studi dibandingkan dengan di negeri kita sendiri.

Itulah beberapa alasan paling umum orang-orang untuk kuliah di jerman yang berhasil admin rangkum pada postingan ini, bisa saja alasan setiap orang berbeda dengan yang sudah admin sebutkan , semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »