Ikan Buntal Merupakan Ikan Paling Mematikan

Attailah Petir Tetraodontidae atau Ikan Buntal adalah ikan muara dan laut yang berasal dari kelas ordo Tetraodontiformes, Secara morfologi, ikan-ikan tersebut termasuk dalam kategori ikan yang serupa dengan ikan landak yang memiliki tulang belakang luas dan juga besar.
Ikan Buntal Merupakan Ikan Paling Mematikan
Ikan Buntal
Ikan buntal ini dipercayai sebagai vertebrata paling beracun kedua di dunia setelah katak racun emas dikarenakan organ-organ dalam seperti hati dan kadang kulit mereka memiliki racun yang sangat mematikan dari kebanyakan hewan lain yang bisa dimakan, akan tetapi, daging dari beberapa jenis ikan ini dijadikan sebagai makanan oleh orang-orang jepang yang dikenal dengan nama Fugu dan di korea disebut sebagai bok sedangkan di tiongkok disebut dengan nama he-he tun-tun yang mana ikan buntal ini akan disiapkan oleh juru masak yang tahu bagian tubuh mana yang aman untuk dikonsumsi dan seberapa banyak kadarnya.
Adapun ciri-ciri yang paling umum dari ikan buntal ini diantaranya adalah:

  • Mempunyai kemampuan untuk mengembungkan tubuhnya, hal tersebut dilakukan oleh ikan buntal ini dengan tujuan untuk mengusir atau pun menakut-nakuti lawannya.
  • Memiliki duri disekujur tubuhnya yang tajam dan juga beracun untuk melindungi dari dari musuh yang menyerang.
  • Ikan ini termasuk kedalam golongan karnivora ( Pemakan Daging ).
Berdasarkan pengalaman beberapa orang yang pernah mengkonsumsi ikan ini di beberapa restoran jepang mengatakan bahwa rasa dari ikan buntal ini sangat enak.

Seperti yang sudah admin sampaikan sebelumnya bahwa ikan buntal ini memiliki tetrodotoxin di dalam tubuhnya, dimana zat tersebut merupakan salah satu racun alam yang paling fatal. Bila ingin dibandingkan dengan racun hama  seperti sianida, tetrodotoxin ini 10.000 kali lebih berbahaya meskipun hanya dikonsumsi oleh orang dewasa sebanyak 0.001mg. Racun tersebut mampu membunuh orang dalam jangka waktu kurang dari setengah jam saja.

Dikarenakan ikan buntal ini memiliki racun yang sangat berbahaya, maka tidak heran jika ikan buntal ini tergolong ke dalam hewan vertebrata paling beracun ke dua di dunia setelah katak beracun. Bagian yang paling beracun dari ikan buntal ini terdiri 3 bagian tubuh, diantaranya ada pada bagian telur, saluran pencernaan dan juga pada bagian hati.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »