Pohon Tertua di Dunia

Attailah PetirPohon menjadi sesuatu yang penting untuk zaman sekarang ini, dimana keberadaan pohon yang semakin lama semakin berkurang karena di tebang dan digunakan oleh manusia. Beberapa jenis pohon yang ada di dunia memiliki masa hidupnya masing-masing, namun beberapa diantaranya memiliki masa hidup yang sudah tergolong lama. 
Pohon Tertua di Dunia
Pohon Besar Sequoia
Pohon Sequoia merupakan salah satu pohon tertua yang masih hidup hingga saat ini, walaupun habitat dari pohon Sequoia ini hampir punah, namun di beberapa tempat pohon Sequoia ini dilindungi. 

Baca Juga

Pohon Sequoia ini adalah satu-satunya pohon yang masih bertahan hidup dari ribuan tahun yang lalu, dikarenakan pohon ini sudah berevolusi sejak zaman dinosaurus silam. Untuk saat ini, tempat yang masih banyak terdapat pohon Sequoia ini berada di Pengunungan Sierra, dan organisasi Save the Redwoonds sudah menyepakati untuk mengambil Hutan Sequoia yang menjadi hutan terbesar yang masih tersedianya pohon Sequoia ini. 

Rouch selaku pemilik hutan yang sudah berdiskusi selama hampir dua dekade ini akhirnya setuju menyerahkan tanah seluas 530 hektar yang sudah dimiliki sejak perang dunia kedua ini untuk di jadikan hutan lindung oleh organisasi Save the Redwoonds, dikarenakan memang banyak pohon-pohon lain seperti pohon Stagg tersedia di hutan milik Rouch tersebut. 
Pohon Tertua di Dunia
Pohon Sequoia
Keluarga Roch menjual hutannya dengan harga yang sangat fantastis, yakni senilai 15 Juta Dollar, dan setelah kepemilikan diambil alih, pihak konservasi alam pastinya akan bekerja sama dengan ahli ekologi untuk memulai misi mereka yakni untuk melindungi pohon sequoia dari efek pemanasan global. 

Walaupun pohon sequoia tersebut mampu untuk beradaptasi dengan perubahan suhu yang begitu ekstrim, namun terdapat acaman yang mungkin tidak bisa dihindarkan oleh pohon yang satu ini selain cuaca dan suhu, yakni kekeringan dan kebakaran hutan, dan hal tersebut bukan ulah makhluk lain, akan tetapi manusia lah yang melakukannya. 

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »