Tips Memelihara Kelinci

Attailah Petir Memelihara hewan bagi sebagian orang merupakan sebuah hobi, banyak hewan yang bisa di pelihara di sekitar rumah tempat kita tinggal, ada hewan yang memang jinak untuk dipelihara di area perumahan, namun ada juga hewan liar yang di jinakkan yang dipelihara di dalam sebuah kompleks perumahan, tentu hal tersebut akan mengganggu ketenangan banyak orang. 
Tips Memelihara Kelinci
Kelinci
Salah satu hewan imut yang mudah dipelihara dan tidak membuat banyak orang terganggu adalah kelinci, dikarenakan kelinci hanya memakan tanaman seperti wortel, kangkung, bahkan juga beberapa jenis sayuran lainnya, dimana sayuran yang diberikan untuk kelinci ini sendiri bisa sisa dari sayuran yang di masak untuk kebutuhan rumah tangga. 

Walaupun untuk merawat kelinci ini tidak terlalu rumit, namun admin punya beberapa tips yang bisa dicoba untuk menjaga kelinci tersebut agar bisa tetap hidup dengan baik. Berikut adalah beberapa Tips Memelihara Kelinci di area perumahan versi mimin: 

Baca Juga

Menyiapkan Kandang 
Tips Memelihara Kelinci
Kelinci Dalam Kandang
Seperti yang kita tahu bahwa setiap makhluk hidup pasti membutuhkan tempat untuk berteduh, begitu juga dengan hewan mungil yang satu ini, kelinci merupakan hewan yang memiliki berat yang bisa mencapai 4kg atau lebih, dan dalam hal ini tentunya anda yang ingin memelihara kelinci harus menyiapkan kanda yang kuat dengan panjang minimalnya sekitar 1,5 meter dengan tinggi sekitar 0,75 meter dan lebarnya 0,75 meter. 

Menyiapkan kandang yang memadai untuk kelinci yang akan diperlihara haruslah di perhatikan baik-baik, dikarenakan kandang yang akan dibuat tersebut adalah tempat untuk kelinci yang akan dipelihara tersebut tinggal, di kandang tersebut kelinci harus bisa berbaring dan merentangkan tubuhnya dengan nyaman, serta harus ada juga space ruang untuk tempat makan, air dan kotak kotoran. 

Melapisi kandang Dengan Jerami atau Serutan Kayu 
Tips Memelihara Kelinci
Jerami
Selanjutnya hal yang harus dilakukan untuk merawat kelinci yang anda miliki adalah melapisi kandang yang sudah di buat tadi dengan menggunakan jerami ataupun serutan kayu, hal tersebut bertujuan untuk membuat kelinci yang akan tinggal di dalam kandang tersebut merasa nyaman. 

Jadi ada baiknya jika kandang tersebut di isi dengan jerami ataupun serutan kayu, selain membuat lantainya menjadi lebih empuk, jerami dan serutan kayu tersebut akan membuat tubuh kelinci terasa hangat pada saat kelinci anda tidur. Jerami tersebut juga harus anda jaga agar tidak sampai berjamur, dan ada baiknya setiap 6 bulan sekali jerami tersebut diganti dengan jerami yang baru agar kelinci lebih betah dengan kondisi kandang nya yang nyaman. 

Siapkan Tempat Kelinci Bersembunyi ( Rumah Kecil ) 
Tips Memelihara Kelinci
Rumah Kecil
Ada baiknya jika anda juga memiliki rumah kecil untuk kelinci tersebut bersembunyi, dan letakkan tempat untuk menaruh cemilan untuk di isi nantinya di depan rumah kecil tersebut dengan cemilan untuk di makan oleh kelinci anda masing-masing, bisa dalam bentuk kayu maupun plastik selama bisa membuat kelinci nyaman anda bebas untuk memilih material apa pun. 

Untuk material rumah kecil tersebut ada baiknya jika dibuat dari bahan kayu agar tidak terlalu panas dan tidak membuat rumah kecil tersebut berkarat. Kelinci sangat suka bersembunyi dan mereka juga akan merasa terlindungi saat ada sesuatu yang menurut mereka mengancam keselamatannya. 

Beri Makanan Secara Teratur 
Tips Memelihara Kelinci
Kelinci Makan
Memberi makan kelinci merupakan hal yang penting agar kelinci bisa tetap sehat, dan dalam hal ini rumput segar merupakan komponen utama yang harus ada dalam jumlah yang tidak terbatas, Rumput timothy, gandum dan juga brome merupakan pilihan yang paling cocok untuk makanan utama kelinci kesayangan anda. 

Baca Juga

Rumput tersebut bisa anda tanam sendiri ataupun anda bisa beli di toko hewan peliharaan, jika anda memiliki area rumah yang lumayan luas maka tidak ada salahnya untuk menanam sedikit makanan kelinci ini sendiri, namun jika anda tidak ingin direpotkan oleh hal tersebut, maka tidak ada salahnya untuk memilih membeli saja agar urusan lebih mudah. 

Hindari Memberi Makanan Yang Tidak Sehat 
Tips Memelihara Kelinci
Makanan Anak Kelinci
Jika sebelumnya adalah anda harus memberi makanan agar kelinci anda tetap sehat, maka hal yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah memilih makan yang baik untuk kelinci dan jangan sesekali memberi makan yang tidak baik untuk kelinci anda, dikarenakan hal tersebut akan merepotkan anda sendiri nanti kedepannya. 

Jangan memberi makanan seperti bumbu, biji-bijian, padi-padian atau daging, karena hal tersebut akan berbahaya untuk kesehatan kelinci yang anda pelihara nantinya, ada baiknya anda memberikan sayuran yang dibutuhkan dan baik untuk kelinci anda seperti wortel, bayam, kol hijau, daun ketumbar dan juga daun lobak bisa diberikan untuk kelinci kesayangan anda. 

Sediakan Air Bersih 
Tips Memelihara Kelinci
Kelinci Minum
Air juga menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan, terutama kebersihan dari air itu sendiri untuk di konsumsi oleh kelinci perliharaan anda, anda tentu akan sedikit kerepotan karena anda harus mengganti air setiap hari agar air tersebut terjaga kebersihannya, bisa anda taruh ke dalam 1 mangkuk agar mudah untuk di minum oleh kelinci anda masing-masing. 

Usahakan untuk menggunakan air yang higienis agar kelinci tetap sehat dan tidak mudah terserang oleh penyakit, dikarenakan dengan memberi air putih yang baik untuk dikonsumsi oleh kelinci, maka besar kemungkinan kelinci akan cepat tumbuh dan lebih sehat, namun jika air yang digunakan adalah air yang kurang bersih ( Kotor ) maka besar kemungkinan air tersebut tidak akan di konsumsi oleh kelinci kecuali si kelinci tersebut sudah benar-benar merasa haus. 

Menyediakan Waktu Untuk Bermain Bersama Kelinci 
Tips Memelihara Kelinci
Bermain Dengan Kelinci
Sama seperti memelihara hewan-hewan lainnya yang membutuhkan perhatian dari orang yang memelihara hewan tersebut, begitu juga halnya dengan kelinci, kelinci juga akan lebih cenderung mengenal si pemilik jika si pemilik tersebut sering dilihat oleh si kelinci, maka ada baiknya jika bisa menyediakan waktu untuk bermain bersama hewan mungil tersebut agar anda dikenali oleh kelinci peliharaan anda sendiri. 

Pada dasarnya hampir semua hewan memiliki sifat yang sama terhadap orang-orang yang memeliharanya, kelinci akan ketakutan jika orang yang merawatnya tidak sering datang dan bermain, dikarenakan orang yang terlihat oleh kelinci tersebut tidak boleh terasa asing bagi si kelinci itu sendiri. 

Nah, Itulah sedikit banyaknya Tips & Trick yang bisa mimin share pada postingan kali ini, jika Tips & Trick tersebut masih terasa kurang anda masih bisa googling lagi untuk informasi yang lebih banyak lagi, dikarenakan masih banyak kekurangan informasi yang bisa mimin share. Terimakasih dan sampai jumpa. 

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »