5 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh


Attailah Petir – Madu merupakan cairan yang berwarna kecoklatan yang dikumpulkan oleh lebah dan memiliki sangat banyak manfaat bagi manusia terutama untuk urusan kesehatan. Seperti yang kita tahu bahwa madu ini adalah obat yang paling alami yang disediakan oleh alam melalui tahapan proses yang tidak menggunakan mesin namun hanya menggunakan hewan kecil berupa lebah yang mengambil Nektar dari Bunga.
5 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh
Madu
Nektar yang diambil tersebut kemudian dikumpulkan di sarangnya dan di simpan yang pada akhirnya akan menjadi madu dan diambil oleh orang-orang yang memang sudah berpengalaman dalam pengambilan madu dari sarang lebah, dikarenakan jika orang-orang biasa yang mengambil tanpa ketrampilan khusus, maka besar kemungkinan mereka tidak akan selamat dari sengatan lebah yang sangat menyakitkan.

Tapi hal tersebut tidak berlaku bagi mereka yang memang sudah mengerti cara mengambil madu tersebut dari sarag lebah. Madu itu sendiri memiliki aroma dan warna yang berbeda-beda tergantung dari jenis Nektar Bunga yang diambil oleh lebah yang biasanya terdapat diarea sekitar sarang lebah tersebut.

Baca Juga

Lebah memproduksi madu dalam jumlah yang sangat banyak, namun mereka hanya mengambil untuk diri sendiri dalam jumlah yang sedikit, selebihnya orang yang akan mengambil madu tersebut. Adapun manfaat dari madu tersebut pada dasarnya sangatlah banyak, namun kali ini admin ingin mengajak anda semua untuk melirik 5 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh.

Perawatan Kulit
5 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh
Perawatan Kulit
Kulit merupakan bagian terluar dari bagian tubuh manusia dimana kulit akan melindungi serta menutup bagian dalam dari kulit seperti daging, urat, darah dan masih banyak lagi yang ditutup oleh kulit tersebut, bagian yang paling penting yang ditutup oleh kulit dan terlihat oleh kebanyakan orang biasanya ada pada bagian muka, dimana kulit pada bagian muka harus benar-benar dijaga dan dirawat dengan baik karena penampilan anda tidak akan sempurna tanpa wajah yang baik.

Untuk merawat kulit tersebut agar tetap terlihat segar dan bersih salah satu jalan adalah dengan memanfaatkan madu. Madu tersebut bisa digunakan layaknya menggunakan masker pada wajah dimana manfaatnya akan begitu terasa untuk mereka yang memiliki masalah dengan yang namanya jerawat.

Cara menggunakannya pun sangatlah mudah yakni dengan mencuci wajah hingga bersih dengan air lalu oleskan madu tersebut pada bagian wajah yang sudah di cuci bersih, usap dengan menggunakan telapak tanggan dan biarkan lebih kurang selama 10 menit baru setelah itu dibilas. Bagi anda yang memiliki masalah dengan kulit kasar pada bagian tumit, anda juga bisa memanfaatkan madu ini sebagai solusi yang paling jitunya.

Namun cara penggunaanya sedikit berbeda dengan penggunaan di bagian wajah, karena untuk bagian tumit  madu harus dicampur dengan sedikit baking soda lalu oleskan pada bagian tumit yang kasar tersebut.

Penyembuh Luka
5 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh
Penyembuh Luka
Masih dari bagian luar dari tubuh, manfaat kedua dari madu ini adalah sebagai penyembuh luka walaupun tidak banyak orang yang percaya akan hal yang satu ini, namun khasiat dari madu ini benar-benar mampu untuk menyembuhkan luka secara alami dikarenakan madu merupakan anti bakteri, anti jamur antibiotik dan juga sebagai antiseptik yang sangat berguna untuk penyembuhan luka.

Penyembuhan luka akan menjadi lebih cepat dengan menggunakan madu bila dibandingkan dengan menggunakan Obat-obatan kimia lainnya walaupun madu ini merupakan salah satu obat-obatan alami yang disediakan oleh alam tanpa pengolahan manusia sedikitpun.

Namun belakangan ini sudah mulai muncul beberapa perusahaan sudah mulai memanfaatkan madu ini untuk membuat perban penyembuhan luka sejenis madu yang disebut Madu Manuka dimana Madu Manuka ini sudah pernah digunakan untuk mengobat lesi kulit seperti MRSA.

Cara untuk membuatnya pun bisa dikatakan cukup gampang, anda hanya perlu memotong selembar kasa steril lalu oleskan madu pada kasa steril tersebut dan letakkan kasa steril yang sudah anda olesi madu tersebut pada baigan tubuh yang terluka, setelah itu anda hanya tinggal menempel kasa steril tersebut dengan Selotif Bedah Tahan Air dan ganti perban luka tersebut dengan cara yang sama agar proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

Menyehatkan Rambut
5 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh
Menyehatkan Rambut
Rambut merupakan salah satu bagian terpenting bagi wanita untuk memaksimalkan penampilan mereka, seorang wanita yang memiliki paras yang cantik tapi rambutnya terlihat acak-acakan dan jelek maka dapat dipastikan penampilan si wanita tersebut tidak akan terasa lengkap karena rambutnya yang acak-acakan tersebut, akan tetapi jika wanita tersebut memiliki rambut yang indah walaupun tidak memiliki rupa yang terlalu cantik rasa-rasanya masih enak untuk dilihat.

Walaupun bagi seorang wanita muslim rambut tidak akan pernah mereka perlihatkan secara langsung kepada semua orang namun perawatan rambut adalah hal yang penting bagia semua orang termasuk kaum laki-laki. Salah satu menyehatkan rambut pada dasarnya sangatlah mudah karena tidak akan membutuhkan trik khusus jika kita memiliki Madu, memang tidak banyak orang yang tahu akan hal ini karena biasanya madu hanya menyembuhkan beberapa penyakit ringan, tapi ternyata madu juga sangat berguna untuk menyehatkan rambut.

Baca Juga

Madu yang masih mentah bisa dimanfaatkan untuk membuat masker rambut pelembab yang bergizi dimana hal tersebut akan membuat rambut menjadi lebih berkilau. Cara untuk menggunakannya pun cukup mudah.

Campurkan 1 sendok makan madu dengan 4 gelas air hangat lalu oleskan pada rambut anda dan biarkan selama beberapa menit yang selanjutnya dibilas dengan menggunakan air bersih hingga bersih, jika sudah dibilas hingga bersih anda tinggal mengeringkan saja rambut anda seperti biasanya anda keramas. Perlu dicatat selama menggunakan madu sebagai pengganti Conditioner jangan menggunakan conditioner apa pun selain madu ini, karena hal tersebut akan membahayakan rambut anda.

Meningkatkan Kualitas Tidur
5 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh
Tidur
Setiap kita pasti membutuhkan yang namanya tidur yang cukup agar bisa bekerja dengan baik dan lancar tanpa ada gangguan, hal yang terjadi jika kita tidak bisa tidur adalah rasa pusing, sakit kepala, emosi meluap, badan menjadi panas dan masih banyak lagi hal-hal yang tidak menyenangkan yang akan kita rasakan yang tentunya hal tersebut tidak ingin dialami oleh siapapun.

Salah satu untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah dengan mengonsumsi madu, dikarenakan beberapa riset menyatakan bahwa mereka yang mengonsumsi madu memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi madu sama sekali, seperti yang sudah admin katakan diatas tadi kalau madu ini merupakan produk alam yang sangat baik untuk digunakan oleh manusia tanpa efek samping.

Cara untuk mengonsumsinya pun cukup mudah, anda hanya perlu mencampurkan satu sendok madu ke dalam segelas susu hangat, gunanya adalah untuk meningkatkan efek penghasil melatoninnya di dalam tubuh agar anda mendapatkan kualitas tidu yang baik. Melatonin itu sendiri adalah homrmon yang dilepaskan oleh tubuh pada saat seseorang tidur.

Waktu yang paling baik untuk mengonsumsi madu adalah sebelum tidur, hal tersebut bertujuan untuk mendetoksifikasi darah dan getah bening dengan baik, membantu sirkulasi yang tepat dan juga sebagai pengaturan hormon selama istirahat.

Menyehatkan Usus
5 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh
Usus
Salah satu organ tubuh yang sangat penting yang ada di dalam tubuh manusia adalah usus, dimana usus ini sendiri berguna untuk menyerap air dari feses, secara umum usus terbagi kedalam 2 bagian yakni usus kecil dan usus besar. Usus kecil ini sendiri memiliki fungsi untuk penyerapan nutrisi di dalam makanan dan minuman sedangkan usus besar memiliki fungsi untuk menyimpan dan mengeliminasi sisa-sisa makanan.

Untuk menjaga agar usus ini bisa tetap sehat maka salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi madu, dikarenakan madu mengandung pre-biotik yang sangat berguna bagi usus, karena bisa memberik makan bakteri baik yang ada di dalam usus kita. Selain itu madu juga berguna untun membantu mengatasi gangguan pencernaan dan bagusnya jika obat-obatan yang produksi secara kimiawi memiliki efek samping, justru madu ini tidak memiliki efek samping sama sekali.

Untuk ibu hamil juga bisa menggunakan madu ini sebagai obat mual dan caranya pun cukup mudah, anda hanya perlu menggunakan sedikit madu dan jahe ke dalam air hangat lalu diminum. Sebegitu banyakya manfaat yang diberikan oleh madu tersebut namun tidak banyak orang yang sadar akan hal yang sepele ini.

Itulah 5 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh yang bisa admin sebutkan pada postingan ini, silahkan dicoba, semoga bisa bermanfaat tertuma anda yang memang sedang menderita salah satu penyakit yang tersebutkan tadi dan mudah-mudahan bisa lekas sembuh. Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »