Istilah Yang Sering Digunakan Dalam Pelajaran Kimia

Attailah Petir Dalam mata pelajaran kimia terdapat sangat banyak sekali istilah-istilah yang digunakan untuk menyebutkan unsur-unsur nya, kabanyakan para siswa dituntut untuk menghafal atau paling kurangnya mereka harus mengingat setiap istrilah dalam pelajaran kimia tersebut.
Istilah Yang Sering Digunakan Dalam Pelajaran Kimia
Kimia
Beberapa istilah tersebut akan coba Admin sebutkan pada postingan ini berdasarkan apa yang admin search langsung di buku mata pelajaran kimia untuk sekolah SMA.

Atom
Atom merupakan partikel terkecil penyusun unsur yang masih mempunyai sifat dari unsur itu sendiri, diameter dari Atom tersebut diperkirakan berukuran antara 30 hingga 150Å.

Baca Juga

Inti Atom
Jika yang diatas adalah pengertian dari Atom, maka Inti Atom ini merupakan tumpukan dari 2 jenis Nukleon ( partikell penyusun inti ) yang terdiri dari proton dan juga Neutron.

Elektron Valensi
Selanjutnya ada Elektron Valensi, Elektron Valensi ini merupakan elektron yang berada pada bagian kulit terluar.

Ikatan Ion
Ikatan Ion merupakan ikatan yang terjadi akibat dari adanya gaya tarik menarik antara ion yang berbeda muatan.

Jari-jari Atom
Jari-jari atom adalah jarak elektron terluar ke inti atom, semakib besar  jumlah kulit suatu unsur makan akan semakin besar pula jari-jari atomnya.

Energi Ionisasi
Energi Ionisasi Ini meupakan energi yang dibutuhhkan untuk melepaskan 1 elektron dari atom atau ion dalam keadaan gas.

Afinitas Elektron
Afinitas Elektron ini adalah tenaga yang dilepaskan jika penambahan elektron pada sebuah atom dalam keadaan gas.

Baca Juga

Keelektromagnetifan Suatu Unsur
Keelektromagnetifan suatu unsur merupakan kemampuan yang relatif suatu atom untuk menarik elektron terdekat dari atom lainnya yang saling berkaitan dalam suatu senyawa.

Ikatan Kovalen ( Homo Polar )
Ikatan Kovalen ini merupakan ikatan kimia yang melibatkan penggunaan bersama elektron valensi oleh 2 atom yang saling berkaitan.

Ikatan Kovalen Polar
Ikatan Kovalen Polar ini merupakan ikatan kovalen yang memiliki perbedaan keelektromagnetifan dan bentuk molekulnya yang tidak simetris.

Ikatan Kovalen Nonpolar
Ikatan kovalen nonpolar merupakan titik negatif elektron persekutuan berhimpit sehingga pada molekul pembentuknya tidak terjadi momen dipol.

Ikatan Kovalen Koordinasi ( Semi Polar )
Ikatan Kovalen Koordinasi ini merupakan ikatan yang terjadi jika pasangan elektron yang digunakan bersama berasal dari salah satu atom yang membentuknya.

Ikatan Hidrogen
Ikatan Hidrogen adalah gaya tarik menarik antara atom H dengan Atom lainnya yang mempunyai keelektromagnetivan besar pada suatu molekul dari senyawa yang sama.

Nah, itu dia beberapa istilah yang sering digunakan dalam mata pelajaran kimia untuk sekolah SMA terutama untuk mereka yang sedang belajar materi tentang Atom yang berhasil admin rangkum, materi-materi tersebut admin kutip dari beberapa buku mata pelajaran kimia yang admin buat dalam sebuah artikel yang mudah-mudahan bisa membantu anda selaku pengunjung blog ini. Selamat belajar, raih cita-cita anda setinggi mungkin, semoga Sukses, Terimakasih & Sampai jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »