Pisang


Attailah Petir Banyak buahan yang bisa dikonsumsi manusia yang ada di muka bumi ini dimana salah satu pohon tersebut tidak lain adalah pohon pisang. Pohon pisang ini sendiri merupakan jenis tanaman yang memiliki batang yang lunak dengan daun yang besar dan memanjang, selain itu pohon pisang ini sendiri memiliki buah yang bisa dikonsumsi oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Pisang
Pisang
Buah pisang memiliki bentuk yang bulat dan memanjang yang berjejer pada satu deretan yang tumbuh dalam beberapa tingkat di satu tangkai nya. Sebelum sampai masanya matang, buah pisang ini berwarna hijau sedangkan saat buah pisang sudah mulai matang maka kulit dari buah pisang ini akan menguning dan ada juga beberapa jenis pisang yang pada saat matangnya akan berwarna jingga, merah, hijau, ungu dan ada juga yang berwarna hampir kehitam-hitaman.

Baca Juga

Buah pisang ini juga memiliki banyak sekali ragam dan jenisnya seperti pisang yang masuk kedalam kelompok Diploid yaitu pisang seribu, pisang lilin dan juga pisang mas, sedangkan untuk Kelompok Trploid, partenokarp seperti pisang susu dan juga banito. Untuk pisang ambon atau pisang embun itu juga masih memiliki sangat banyak ragamnya lagi seperti Ambon putih, Amboh hijau, Gros Michel, Cavendish dan juga pisang barangan.

Kelompok lain dari Triploid partenokarp adalah seperti pisang raja, Silk dari amerika selatan, pisang tanduk, pisang kepok dan juga pisang siam. Selanjutnya juga ada pisang dari kelompok tetraploid partenokarp  dan masih banyak sekali kelompok-kelompok pisang lainnya yang ada di dunia ini yang akan membuat setiap orang yang ingin mengonsumsi buah pisang kebingungan dalam memilih pisang kesukaan mereka.
Pisang
Buah Pisang
Tanaman pisang ini tidak dibudidayakan secara khusus di indonesia karena tanaman yang satu ini bisa tumbuh hampir di berbagai tempat di tanah bumi pertiwi ini, dikarenakan tanaman ini sangat gampang untuk tumbuh dan beradaptasi di mana saja, maka tidak heran kalau tanaman pisang ini bisa ditemui hampir di semua tempat bahkan di pekarangan rumah warga di indonesia, seperti di tepi-tepi lahan tanaman lain, pekarangan rumah hingga di tepi sungai juga bisa di jumpai pohon pisang.

Pisang ini sendiri juga sangat mudah terkena serangan penyakit karena sempitnya keragaman genetik, jika sebuah perkebunan yang pisangnya sudah terkena penyakit maka kebun di samping nya sudah harus bersiap-siap untuk ketularan penyakit pada pohon pisang mereka karena penyebaran hama dan juga penyakit pada tanaman pisang ini sangat mudah dan cepat. Hama yang biasanya menyerang tanaman pisang tidak lain adalah kumbang cosmopolites sordidus dimana pisang yang sudah berbuah akan memiliki bercak khitam pada buah tersebut akibat ulah dari kumbang cosmopolites sordidus.

Sedangkan untuk penyakitnya sendiri yang biasanya menyerang dalah penyakit Panama, penyakit Sigatoka, penyakit Darah dan juga penyakit Layu Bakteri Xanthomonas.

Pisang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan manusia karena pisang ini memiliki 136 kalori dalam setiap 100 gram pisang tersebut dan kalau dibandingkan dengan buah apel nilai energi yang diberikan oleh pisang ini 2 kali lebih tinggi dari pada buah apel yang hanya memiliki 54 kalori dari 100 gram apel.

Baca Juga

Namun bukan tanpa kekurangan, karbohidrat dari pisang ini proses penyediaan energinya sedikit lebih lambat bila dibandingkan dengan Gula Pasir dan juga Sirup akan tetapi kalau dibandingkan dengan Nasi, Biskuit dan juga sejenis Roti karbohidrat dari pisang ini memiliki proses yang lebih cepat, jadi tidak heran jika banyak dari atlet saat sedang istirahat mengonsumsi pisang sebagai cadangan energi mereka untuk bertarung nanti.

Selain itu pisang ini juga kaya akan mineral seperti Kalium, Magnesium, Fosfor, Kalsium dan juga Zat Besi. Untuk mengonsumsi buah yang satu ini setiap orang bisa melakukannya dengan mudah, karena hanya perlu mengupas kulitnya dengan tangan tanpa bantuan apa pun lalu isi dari buah pisang ini bisa langsung di konsumsi.

Tapi ada juga cara lain untuk mengonsumsi buah pisang ini dengan mengolahnya menjadi molen, di goreng dan juga digunakan untuk membuat berbagai macam adonan oleh mereka yang memiliki keahlian di dapur. Bagi orang yang tinggal di pedesaan yang terlalu jauh dari kota, buah pisang ini menjadi makanan wajib untuk bayi yang baru lahir selain dari ASI yang diberikan oleh ibunya masing-masing.

Pisang yang di campur dengan sedikit nasi putih dan di gling halus dengan menggunakan punggung sendok sedikit demi sedikit di suapkan ke mulut bayi sebagai makanan pertamanya. Maka tidak heran jika hampri di semua rumah di pedesaan daerah pelosok memiliki phon pisang di pekarangan rumah setiap penduduk, karena mereka berasumsi kalau memang bisa di buat dan tidak usah dibeli kenapa tidak di buat saja.
Pisang
Pisang
Budi daya pisang pada dasarnya sangat mudah untuk dilakukan, karena pisang hanya perlu ditanam sekali saja yang untuk selanjutnya pisang akan memiliki anak pada bagian pangkal dan akan semakin banyak dengan sendirinya, hanya saja yang perlu dijaga adalah hewan peliharaan seperti sapi dan juga kambing yang kerap memakan daun bahkan pucuk dari pisang itu sendiri, selebihnya tinggal menanam bibit pisangnya saja yang dipisahkan dari induknya yang sudah pernah ditanam sebelumnya.

Hampir semua bagian dari Pisang bisa dimakan, mulai dari inti pohonnya, jantung pisang hingga buahnya bisa di konsumsi oleh manusia dengan segala manfaatnya. Sedangkan untuk daunnya sendiri masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan memanfaatkan untuk membuat nasi putih kerucut dengan daun pisang yang sudah di layu, selain itu daun pisang juga digunakan untuk membuat kue kukus yang menghasilkan aroma khas nya tersendiri.

Walaupun yang paling banyak dimanfaatkan dan terlihat dipasaran adalah buahnya saja, namun kalau ditelaah lebih jauh lagi hampir semua bagian dari pisang bisa dimanfaatkan kecuali akarnya yang admin belum tahu bisa digunakan untuk apa, namun yang jelas dari pohon hingga ke bagian atasnya semua bisa dimanfaatkan tanpa ada yang terbuang sedikit pun.

Itulah sedikit banyak nya informasi yang bisa admin share pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi anda selaku para pembaca semuanya. Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »