Search Engine Bing


Attailah PetirSelain dari Google yang kita kenal sekarang ini, ternyata masih ada mesin pencari lain di internet yang lebih dari satu jenis, dimana salah satunya adalah Bing. Tidak banyak yang tahu tentang mesin pencari ( Search Engine ) yang satu ini dikarenakan sangat jarang digunakan, bahkan kadang-kadang ada diantara kita yang sudah menggunakan search engine bing ini tapi tidak sadar bahwa kita sudah masuk ke search engine tersebut.
Search Engine Bing
Bing
Untuk situs nya sendiri adalah www.bing.com dan bing ini merupakan buatan Microsoft yang sudah sangat mendunia dan banyak digunakan oleh orang-orang untuk kebutuhan browsing. Sebelumnya Bing ini dikenal dengan nama Live Search, Windows Live Search dan juga MSN Search yang bernaung dibawah Microsoft.

Bing mulai diperkenalkan oleh Steve Ballmer selaku CEO Microsoft pada 28 mei 2009 lalu pada acara konferensi All Things Digital yang bertempat di San Diego, Amerika serikat. Tidak lama setelah diperkenalkan atau lebih tepatnya pada tanggal 1 juni 2009 Bing resmi di luncurkan dan langsung menjadi penggantinya mesin pencari Microsoft yang sebelumnya yakni Live Search.

Baca Juga

Pengelompokan kategori pencarian dari search Engine yang satu ini dibagi menjadi 4 kategory yakni Web, Images, News dan juga xRank. Web digunakan untuk mencari halaman atau situs yang dinginkan oleh masing-masing User, Images digunakan untuk searching gambar, News digunakan untuk Searching berita dan xRank digunakan untuk searching konten yang sedang trending di Bing itu sendiri.

Tidak berhenti sampai disitu saja, Pada 29 Juli 2009 Bing kembali dengna power yang lebih besar dengan menggerakkan Yahoo yang sebelumnya sudah sangat dikenal oleh kebanyakan orang sebagai salah satu Search Engine di dunia maya selain dari Google.

Walaupun tidak sepopuler Google namun Bing bisa dikatakan sangat sukses dalam membuat mesin pencari sampai-sampai mampu untuk menggerakkan yahoo yang memang sudah lebih dulu dikenal. Seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya bahwa sebelum Bing, Microsoft sudah pernah menciptakan 3 mesin pencari yakni MNS Search, Windows Live Search dan juga Live Search.

MSN Search adalah search engine pertama yang dibuat oleh Microsoft pada 1998 lalu dimana MSN ini terdiri dari mesin, Indeks dan juga web crawler. Dari pertama berdiri MSN search ini terus berkembang dan semakin sempurna hingga pada akhirnya Microsoft bekerja sama dengan Picsearch khusus untuk bisa menampilkan pencarian gambar.

Windows Live Search adalah pengembangan dari MSN Search yang ternyata belum bisa menggeser dominasi Google Search dan mesin pencari ini baru siap untuk digunakan pada 11 september 2006 dan pengembangan dari MSN Search sebelumnya adalah Windows Live Search ini sudah memiliki kemampuan untuk melakukan pencarian yang lebih spesifik seperti Website, Berita, Gambar, Musik dan berbagai konten lainnya yang dibutuhkan oleh masing-masing User.

Baca Juga

Live Search ini merupakan pengembangan terakhir yang dilakukan oleh Microsoft sebelum akhirnya berubah menjadi Bing, sebenarnya bing ini muncul karena banyaknya perubahan kebijakan oleh Microsoft untuk mesin pencari terbaru mereka yang ujung-ujungnya Bing resmi digunakan oleh semua orang di berbagai belahan dunia.

Walaupun tidak selengkap Google namun fitur yang ditawarkan untuk Search Engine juga lumayan lengkap dimana diantaranya sudah ada Best Match yang mampu menampilkan hasil pencarian yang lebih relevan dengan kata kunci yang di inputkan oleh User, Interface Future yang mampu untuk menampilkan gambar background berubah-ubah setiap harinya, Media Future yang memungkinkan penggunanya untuk mencari gambar dan video yang di inginkan selama memenuhi persyaratan Bing.

Instant Answer yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat, Bing Maps yang merupakan peta virtual layaknya google maps, Bing Travel yang bisa menampilkan informasi dan ancang-ancang seputar liburan bagi orang-orang yang membutuhkan.

Dengan segenap fitur yang ditawarkan oleh Search Engine yang satu ini, maka tidak heran jika Bing mampu untuk bersaing langsung dengan Google karena beberapa faktor yang sudah pernah admin sebutkan tadi, namun kalau di indonesia sendiri admin sangat yakin Bing sangat-sangat terasa asing dan bahkan akan dianggap aneh jika kita menggunakan Search Engine yang satu ini karena saking asing nya bing tersebut di telinga masyarakat indonesia.

Namun diluar negeri tidak sedikit dari mereka yang menggunakan search engine yang satu ini karena berbagai alasan tertentu.

Itulah sedikit banyaknya informasi yang berhasil admin rangkum pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda selaku para pembaca. Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »