5 Alasan Paling Umum Kuliah Sambil Bekerja


Attailah Petir Semakin lama kebutuhan hidup yang harus dipenuhi semakin banyak sedangkan untuk mendapatkan pekerjaan juga sama sekali bukan merupakan perkara yang mudah dikarenakan sangat sulit mendapat pekerjaan yang benar-benar menghasilkan, bukan menghasilkan kerja namun menghasilkan uang. Bagi setiap anak-anak muda milenial kuliah sambil kerja merupakan sebuah kewajiban dikarenakan selain bisa membantu perekonomian keluarga namun bekerja sambil kuliah juga bisa mempermudah mahasiswa nantinya untuk memperoleh penghasilan setelah selesai dari dunia pendidikan.
5 Alasan Paling Umum Kuliah Sambil Bekerja
Kuliah Sambil Bekerja
Kebutuhan akan uang saat sedang kuliah sangatlah banyak, maka jika tidak melakukan sesuatu yang bisa menghasilkan uang ketika sedang kuliah maka tidak mustahil mahasiswa terpaksa harus berhenti kulia. Namun lain halnya mereka yang memiliki finansial yang mencukupi dalam arti kata memiliki orang tua yang memiliki keuangan yang baik dan mampu untuk menyekolahkan mereka hingga ke jenjang tertinggi sekalipun.

Sebenarnya sangat banyak alasan mereka yang bekerja sambil kuliah, namun 5 Alasan berikut merupakan Alasan paling kuat bagi para mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, dan ini merupakan pendapat dari admin semata, mungkin saja dalam hal ini kita akan berbeda pendapat namun hal tersebut sama sekali tidak masalah selama kita masih dalam satu kesatuan yakni NKRI.

Baca Juga

Berikut adalah 5 Alasa Paling Umum Kuliah Sambil Bekerja:

Agar Lebih Pandai Dalam Membagi Waktu
5 Alasan Paling Umum Kuliah Sambil Bekerja
Manajemen Waktu
Mau tidak mau, suka atau tidak suka setiap orang yang ingin sukses kuliah sambil bekerja maka mereka harus bisa membagi waktu untuk kuliah dengan bekerja, karena keduanya sama-sama memiliki peranan yang penting untuk menunjang kehidupan mereka, tidak mungkin seorang mahasiswa meninggalkan kuliahnya karena pekerjaan dan tidak mungkin juga untuk meninggalkan pekerjaan demi menyelesaikan kuliah karena biaya untuk kuliah itupun dihasilkan dari pekerjaan yang sedang mereka kerjakan.

Maka mau tidak mau, suka atau tidak suka mereka harus bisa membagi waktu untuk mereka bekerja agar mereka bisa menghasilkan uang untu menunjang aktivitas kuliah mereka, walaupun untuk sekarang ini sudah banyak kampus-kampus baik itu universitas maupun Fakultas yang menyediakan sangat banyak sekali beasiswa yang bisa digunakan atau dimanfaatkan oleh para mahasiswa tersebut dan sangat membantu mereka dalam hal ekonomi untuk menunjang mereka dalam kuliah.

Agar Lebih Mandiri
5 Alasan Paling Umum Kuliah Sambil Bekerja
Lebih Mandiri
Alasan paling umum selanjutnya mereka yang kuliah sambil bekerja tidak lain adalah supaya mereka menjadi lebih mandiri, dikarenakan ketika sedang kuliah biaya yang dibutuhkan benar-benar dalam jumlah yang tidak sedikit, dan tidak mungkin jika semua beban tersebut harus dibebankan kepada orang tua semata. Maka dari itu langkah yang paling tepat yang bisa diambil adalah dengan bekerja sambil melanjutkan kuliah.

Memang tidak mudah untuk menjalani keduanya secara bersamaan karena seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya yang berhubungan dengan waktu yang terlalu mepet, namun mau bagaimana lagi kalau kebutuhan sudah berkata begitu mau tidak mau orang tersebut harus bekerja keras agar kuliahnya bisa terselesaikan, dan dalan hal ini juga akan melatih mahasiswa yang sedang kuliah untuk lebih mandiri lagi yang tidak selalu mengandalkan orang tua.

Agar Mendapatkan Pengalaman Baru
5 Alasan Paling Umum Kuliah Sambil Bekerja
Pengalaman Kerja
Di bangku kuliah mahasiswa lebih banyak mendapatkan teori daripada praktek, maka tidak heran jika lulusan sebuah fakultas lantas harus mencari kerja agar bisa mendapatkan pengalaman dalam dunia kerja sesuai dengan bidangnya. Namun jika saat sedang memiliki status sebagai seorang mahasiswa sudah mulai bekerja dengan tujuan seperti 2 point yang sudah admin sampaikan diatas, maka besar kemungkinan setelah lulus kuliah para mahasiswa sudah benar-benar siap untuk mulai bekerja.

Apalagi jika sebelumnya mahasiswa tersebut bekerja sesuai dengan jurusan yang mereka ambil di fakultas atau universitas tempat mereka kuliah. Tidak hanya itu, sudah bukan rahasia lagi jika beberapa perusahaan sekarang justru lebih mementingkan pengalaman kerja dibandingkan dengan ijazah yang terlalu tinggi, maka peluang bagi maha siswa yang sebelumnya sudah pernah bekerja untuk mendapatkan pekerjaan tersebut lebih besar lagi.

Agar Bisa Menerapkan Ilmu di Bangku Kuliah di Lapangan
5 Alasan Paling Umum Kuliah Sambil Bekerja
Penerapan Ilmu Yang Dipelajari
Selajutnya tujuan paling umum orang kuliah sambil bekerja tidak lain adalah agar supaya mereka bisa menerapkan ilmu yang sudah mereka pelajari di tempat study mereka saat berada di dalam dunia kerja yang nyata. Karena biasanya orang yang bekerja dengan meniru orang lain yang melakukan pekerjaan tersebut akan berbeda hasilnya dengan mereka yang benar-benar memiliki skill yang memumpuni dalam sebuah pekerjaan.

Dikarenakan mereka yang belajar akan mengetahui hampir sepenuhnya ketimbang dengan mereka yang hanya meniru atau mengikuti saja langkah-langkah yang dikerjakan oleh orang lain agar pekerjaan tersebut bisa terselesaikan. Biasanya mereka yang mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang study mereka tergolong sangat beruntung, karena di kampus mereka belajar dan dilapangan mereka akan praktek, jadi hasilnya lebih maksimal dari yang dibayangkan.

Agar Siap Bersaing Untuk Mendapatkan Pekerjaan & Menciptakan Lapangan Pekerjaan
5 Alasan Paling Umum Kuliah Sambil Bekerja
Menciptakan Lapangan Kerja
Setelah selesai dari bangku kuliah biasanya seseorang akan langsung mencari pekerjaan karena memang itulah tujuan akhirnya, namun untuk bersaing di dunia kerja untuk sekarang ini sama sekali tidak bisa dibilang mudah. Maka dari itu mereka harus benar-benar memiliki skill yang memumpuni untuk bisa bersaing nantinya, dan salah satu nilai tambah untuk mendapatkan pekerjaan tersebut adalah dengan pengalaman kerja.

Mereka yang sudah memiliki pengalaman yang mencukupi akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan mereka yang lulus sebagai fresh graduate, seorang yang sudah memiliki pengalaman kerja juga tidak akan berketergantungan lagi pada lowongan kerja karena mereka akan cenderung lebih memilih untu memulai usaha sendiri dan mengelola usahanya dengan benar berdasarkan apa yang sudah pernah mereka pelajari saat mereka sedang bekerja.

Nah, seperti itulah kiranya informasi yang bisa admin share pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk para pembaca, Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »