5 Cara Mempercepat Kinerja Komputer

Attailah Petir Komputer merupakan perangkat yang wajib bagi sebagian besar orang untuk zaman sekarang ini dimana komputer sudah menjadi kebutuhan  terutama untuk mereka yang sedang kuliah atau bekerja di perkantoran. Menurut wikipedia komputer ini merupakan alat yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang sudah dirumuskan.
Cara Mempercepat Kinerja Komputer
Pada dasarnya komputer ini merupakan alat bantu hitung mekanik yang mulai muncul pada saat terjadinya perang dunia 2 dimana pada saat itu komputer digunakan untuk memecahkan sandi jerman untuk mengetahui strategi dan teknik perang oleh inggris. Namun seiring berjalannya waktu perkembangan pun semakin pesat dimana komputer tidak lagi sebatas alat hitung mekanik tapi sudah mampu untuk mengerjakan berbagai pekerjaan untuk membantu manusia.

Cara kerja dari komputer di era dewasa ini juga sudah sangat canggih dimana setiap pengguna komputer hanya perlu mengimputkan data yang ingin diproses lalu komputer akan mengolahnya untuk di outputkan kedalam bergai bentuk. Sebuah perangkat komputer terdiri dari Keyboard, Monitor, Mouse, Speaker, CPU dan juga printer yang juga memiliki peranan penting untuk urusan output data yang telah diolah sebelumnya.

Baca Juga

Jika dulunya komputer ini memiliki ukuran yang sangat besar yang tidak memungkinkan pengguna untuk membawa komputer mereka kemana pun selain di kamar di rumah mereka masing-masing maka akan sangat berbeda dengan sekarang ini dimana perangkat komputer sudah dibuat seringkas mungkin dan mudah untuk dibawa kemanapun bahkan sudab bisa hidup tanpa harus menggunakan kabel power secara terus menerus berkat adanya teknologi baterai yang semakin lama semakin canggih.

Komputer portable atau yang lebih dikenal dengan Laptop juga sudah sangat canggih dan memiliki performa yang luar biasa kencang apalagi dengan pengembangannya yang sangat signifikan, perangkat komputer untuk era sekarang ini memiliki ukuran yang mungil namun performa yang ditawarkan puluhan kali lebih kencang bila dibandingkan dengan komputer zaman dulu yang memiliki ukuran yang besar dan menyita ruang yang begitu luas tapi performa yang dihasilkan tidak akan setara dengan laptop sekarang ini.

Pada dasarnya sebuah komputer atau laptop sudah memiliki performa yang cepat, namun bila terjadi beberapa masalah maka tidak mustahil performa dari perangkat tersebut akan menurun, maka dari itu untuk mempercepat kembali kompter yang sudah lambat tersebut bisa coba untuk melakukan 5 hal berikut:

Kosongkan Reycle Bin
5 Cara Mempercepat Kinerja Komputer
Reycle Bin
Reycle bin merupakan penampungan file yang sebelumnya sudah pernah dihapus yang sebenarnya masih bisa diambil lagi jika user membutuhkan di Reycle Bin ini, ibaratnya jika seseorang sudah memakai selembar tisu lalu membuangnya ke tong sampah maka reycle bin ini berperan sebagai sebuah tong sampah yang menampung semua file yang sebelumnya sudah pernah dihapus.

Tidak heran jika penyimpanan di drive C sering kali penuh tanpa ada file yang berarti yang disimpan atau di install di sebuah komputer dan biasanya penuhnya penyimpnanan di C akan membuat komputer menjadi lambat. Maka dari itu ada baiknya untuk mengosongkan semua file yang ada didalam Reycle Bin agar komputer bisa kembali bekerja dengan normal.

Scan Virus Secara Berkala
5 Cara Mempercepat Kinerja Komputer
Scan Virus
Selanjutnya cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat kinerja komputer atau laptop adalah dengan scanning virus secara berkala agar tidak kondisi komputer atau laptop tidak bertambah parah karena pada dasarnya virus bersifat merusak bahkan bisa membuat data hilang dari folder yang kita buat.

Baca Juga

Selain itu virus pada komputer atau laptop juga bisa memperlambat kinerja komputer dan akan sangat terasa pada saat kondisi dimana virus sudah mulai merusak file-file dan sistem windows dan perlu menjadi catatan juga bahwa jangan terlalu banyak menggunakan antivirus tapi cukup dengan menggunakan antivirus bawaan Windows yaitu windows Defender saja sudah cukup, karena terlalu banyak menggunakan antivirus juga bisa memperlambat kinerja komputer, karena antivirus akan tetap berajalan pada background windows.

Defrag Disk Sesekali
5 Cara Mempercepat Kinerja Komputer
Defragment Disk
Tidak banyak yang melakukan hal ini namun sangat ampuh untuk mempercepat kembali kinerja dari komputer atau laptop anda masing-masing karena fungsi dari Disk Defragment adalah untuk menyusun kembali file-file yang tadinya sudah berantakan menjadil tertata kembali di komputer anda.

Sehingga pada saat anda ingin mengakses file atau data tersebut maka CPU akan melakukannya dengan lebih cepat karena file yang sebelumnya tidak ada pada tempatnya sudah ditata kembali dengan rapi berkat Disk Defragment.

Upgrade RAM
5 Cara Mempercepat Kinerja Komputer
RAM
Jika cara diatas yakni mengosongkan Reycle Bin tidak bisa juga mempercepat kinerja PC anda maka langkah selanjutnya yang bisa diambil adalah dengan mengupgrade Hardware komputer anda masing-masing yaitu dengan mengupgrade RAM. Kapasitas RAM yang paling ideal untuk penggunaan umum untuk tahun 2020 ini adalah 8GB dan seperti yang kita tahu bahwa fungsi utama RAM adalah untuk menyimpan data sementaradi komputer yang nantinya akan diakses kembali.

Biasanya sebuah Motherboard komputer menyediakan 2 hingga 4 soket untuk RAM tapi umumnya hanya terisi 1 slot ram saja dengan kapasitas yang paling banyak terisi yaitu hanya 2GB. Namun dalam hal ini yang perlu menjadi catatan adalah cek kembali maksimal RAM yang mampu dibaca oleh Motherboard anda karena penggunaan RAM dengan kapasitas yang berlebihan akan membuat sisa kapasitas RAM yang tersedia terbuang percuma.

Upgrade Harddisk Ke SSD
5 Cara Mempercepat Kinerja Komputer
SSD
Langkah terakhir yang bisa diusahakan untuk mempercepat kinerja dari komputer adalah dengan mengganti Harddisk komputer anda lalu Upgrade dengan SSD karena salah satu penyebab kinerja dari komputer anda lambat yaitu Harddisk yang bermasalah. Jika harddisk bermasalah maka tidak menutup kemungkinan lama-kelamaan komputer tidak akan dioperasikan lagi.

Tidak hanya itu, kinerja dari SSD memiliki performa yang 2 hingga 3 kali lipat lebih baik bila dibandingkan dengan kinerja dari Harddisk karena pada dasarnya Harddisk menulis dan membaca data dari piringannya sehingga aksesnya sedikit lebih lambat yang menulis dan membaca data dari sebuah IC.

Nah, seperti itulah kiranya cara untuk mempercepat atau memaksimalkan kinerja dari komputer atau laptop anda masing-masing karena performa komputer yang lemot akan membuat kerja dari User atau penggunanya menjadi tertunda, semakin tinggi performa dari sebuah komputer maka akan semakin baik pula kinerja dari user untuk menunjang aktivitas kerjanya dan semakin produktif juga.
Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat, Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »