5 Tips Merawat Tanaman Kakao

Attailah Petir Kakao merupakan salah satu tanaman yang paling banyak ditanam oleh masyarakat indonesia setelah padi, sawit, kelapa dan juga kopi tentunya, tanaman yang satu ini merupakan bahan utama untuk membuat coklat yang banyak digunakan pada berbagai macam makanan siap saji yang beredar di pasaran saat ini.
5 Tips Merawat Tanaman Kakao
Tips Merawat Tanaman Kakao
Selain itu kakao juga memiliki nilai jual yang tinggi di beberapa daerah, bahkan tidak sedikit dari masyarakat yang dulunya menanam tanaman selain kakaao yang beralih untuk menanam kakao karena memang hasilnya yang sangat menjanjikan. Kemudahan dalam proses penanaman juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa setiap orang di perkampungan lebih memilih untuk menanam tanaman yang satu ini.

Memang untuk merawat tanaman kakao ini dibutuhkan usaha lebih agar hasil yang didapatkan nantinya bisa lebih maksimal namun jika dijalani dengan santai pasti perawatan tanaman kakao yang melelahkan tersebut tidak akan terasa karena pada dasarnya setiap tanaman butuh perawatan dencan cara yanga berbeda-beda tergantung dari tanaman yang ditanam.

Mulai dari proses penanaman hingga membuahkan hasil tanaman kakao ini membutuhkan waktu  kurang lebih sekitar 2 hingga 3 tahun tergantung dari perawatan dan lingkungan di sekitar tanaman itu sendiri, namun jika kondisi tanah yang subur dan zat-zat yang dibutuhkan oleh tanaman kakao ini juga mencukupi di tempat yang ditumbuhi oleh tanaman kakao ini maka tidak menutup kemungkinan untuk bisa menghasilkan buah dengan lebih cepat.

Seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya bahwa untuk merawat tanaman kakao ini tidaklah mudah, namun jika dijalani dengan santai pastinya tidak akan terlalu terasa. Berikut ini merupakan 5 Tips Merawat Tanaman Kakao.

Baca Juga

Bersihkan Area Tanaman Kakao
5 Tips Merawat Tanaman Kakao
Tanaman Kakao
Pada dasarnya setiap tanaman butuh area atau tempat yang nyaman untuk hidup baik untuk bernapas maupun untuk mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup. Maka dari itu ada baiknya untuk membersihkan tanaman lain diarea sekitar pangkal tanaman kakao tersebut.

Bersihkan setiap tanaman yang tidak dibutuhkan sebersih mungkin dan tanaman-tanaman yang tidak berguna yang tumbuh disekitar pengkal pohon kakao ini bisa di tumpuk kembali ke bagian pangkal pohon kakao nya jika tanaman yang dibersihkan tersebut sudah dalam keadaan kering agar bisa menjadi pupuk alami untuk pohon kakako nantinya.

Siram Pohon Kakao Jika Masih Baru-Baru Ditanam
5 Tips Merawat Tanaman Kakao
Penyiraman
Setiap tanaman yang baru saja dipindahkan pada dasarnya memerlukan perawatan lebih agar bisa tumbuh dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal tesebut juga berlaku untuk tanaman kakao ini dimana sebelum tanaman kakao tumbuh hingga sejajar orang dewasa maka ada baiknya untuk disiram agar asupan air untuk tanaman ini bisa terpenuhi.

Tidak harus menyiram setiap hari secara rutin, penyiraman tanaman ini bisa dilakukan selama 3 atau 4 hari sekali dan jika sedang musim kemaru maka ada baiknya jika sesekali untuk menyemrot tanaman ini hingga ke daun-daunnya agar tanaman kakao ini bisa tumbuh dengan lebih maksimal walau dalam kondisi apa pun.

Berikan Pupuk
Pemupukan
Walaupun tanaman kakao ini bukan merupakan tanaman padi atau sejenisnya namun pemberian pupuk perlu dilakukan agar tanaman kakao ini bisa tumbuh dengan baik, caranya pun cukup mudah yaitu dengan mengorek sedikit tanah di sekeliling pohon kakao lalu beri sedikit pupuk NPK dan uruk kembali tanah tersebut agar pupuk yang sudah diberi tersebut tidak berserakan dan bisa langsung diserap oleh tanah.

Baca Juga

Sekalipun tanah dimana tempat tumbuhnya kakao tersebut merupakan tanah yang subur tapi tidak menutup kemungkinan Zat yang dibutuhkan oleh tanaman kakao tersebut terpenuhi sepenuhnya. Maka salah satu langkah untuk mencukupi zat yang dibutuhkan oleh tanaman kakao ini adalah dengan memberinya pupuk tambahan seperti yang sudah admin sebutkan barusan.

Bersihkan Ranting Yang Tumbuh Berlebihan
5 Tips Merawat Tanaman Kakao
Pembersihan Ranting
Jika tanaman kakao sudah berumur dan sudah terlalu tinggi biasanya pohon tersebut memiliki sangat banyak ranting yang terlalu pengap, maka dari itu ada baiknya untuk memotong ranting-ranting yang tumbuh terlalu berserakan agar pohon kakao tersebut bisa dengan lebih leluasa bernapas.

Tidak hanya itu ranting-ranting dan juga dedaunan yang dipotong dan dibersihkan tersebut masih bisa dimanfaatkan untuk dijadikan pupuk tambahan yaitu dengan menumpukkan kembali dedaunan dan juga ranting-ranting tersebut pada pangkal pohon kakao ini, dimana dedaunan tersebut nanti dengan sendirinya akan mengering dan menjadi tanah yang bisa dimanfaatkan sebagai zat-zat makanan untuk taman kakao yang sudah ditanam tersebut.

Berikan Plastik Pada Buah Kakao Muda
5 Tips Merawat Tanaman Kakao
Buah Kakao
Pada saat pohon kakao sudah mencapai masanya untuk berbuah maka perawatan yang lebih rumit lagi kembali harus dilakukan agar buah tersebut bisa selamat dari serangan larva yang membuat biji kakao yang terdapat di dalam buahnya bisa selamat sepenuhnya dan dalam hal ini salah satu jalan yang bisa dilakukan adalah dengan melapisi buah kakao muda dengan menggunakan plastik menggunakan peralatan sederhana.

Selain dengan dilapisi plastik sebenarnya masih ada cara  yang lebih alami yang bisa dilakukan tapi cara tersebut tidak terlalu menentu karena memang benar-benar sangat alami yakni dengan membiarkan semut membuat sarang atau berkerumun pada bagian buah kakaonya, selain membabat larva yang akan melubangi kulit kakao untuk masuk kedalamnya kerumunan semut tersebut juga sangat berguna untuk mengganggu hewan liar seperti bajing untuk mendekati buah kakao yang sudah hampir bisa dipanen.

Nah, seperti itulah kiranya 5 Tips Merawat Tanaman Kakao yang bisa admin share kali ini yang merupakan pendapat murni dari admin sendiri, semoga informasi tersebu bisa bermanfaat. Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »