Alternator Mobil & Harganya

Attailah Petir Alternator merupakan sebuah peralatan Elektromekanis yang memiliki fungsi untuk mengubah atau mengkonversi energi mekanik menjadi energi listrik AC ( Automatic Current ) dengan kata lain adalah arus bolak balik. Pada pembangkit listrik Alternator ini digerakkan dengan menggunakan turbin uap agar bisa berputar dan menghasilkan sejumlah energi listrik namun alternator pada sebuah mobil tentunya digerakkan oleh mesin mobil.
Alternator Mobil & Harganya
Alternator 
Pada putaran tertentu altrernator akan menghasilkan sejumlah besar energi listrik AC yang kemudian akan dikonversi kedalam bentuk DC untuk disimpan ke dalam baterai jika alternator tersebut digunakan pada sebuah mobil. Karena pada dasarnya mobil akan membutuhkan sejumlah energi listrik untuk berbagai kebutuhan operasinya seperti untuk menghidupkan mesin, untuk pengoperasian AC, Audio dan berbagai kebutuhan entertaiment lainnya yang membutuhkan energi listrik.

Baca Juga

Tidak hanya itu sensor-sensor mobil pun membutuhkan suplai energi listrik agar bisa dioperasikan sesuai dengan fungsinya masing-masing dan peralatan lain pun seperti instrument cluster hingga lampu-lampu pada sebuah mobil  juga baru bisa hidup jika mendapatkan suplai aliran listrik yang mencukupi.

Maka dari itulah sebuah kendaraan layaknya mobil membutuhkan pembangkit listrik berukuran kecil yang bisa muat dalam kap mobil yang lebih tepatnya di letakkan disamping mesin untuk digerakkan dengan memanfaatkan putaran mesin dari mobil tersebut. pada dasarnya Alternator ini tidak hanya terdapat pada mobil saja, namun sebuah alternator juga harus dimiliki oleh Sepeda motor hingga Pesawat terbang, karena memang semua kendaraan berpenggerak mesin untuk sekarang ini pasti akan membutuhkan benda yang namanya Alternator ini.

Berbeda halnya dengan mobil yang sudah Full Listrik dimana Alternator sudah tidak digunakan lagi dikarenakan mobil yang sudah Full Listrik pastinya tidak lagi menggunakan mesin konvensional yang berbahan bakar Bensi, Solar atau sejenisnya. Namun mobil yang sudah Full listrik sudah menggunakan baterai Lithium dalam jumlah besar untuk menyimpan energi listrik yang bisa isi dari catu daya di rumah-rumah dengan daya listrik tertentu.

Bagaimana Cara Kerja Alternator Pada Sebuah Mobil?
Alternator Mobil & Harganya
Komponen Alternator
Cara kerja dari alternator ini sendiri pada sebuah mobil adalah dengan adanya mesin mobil yang terhubung dengan Alternator melalui Belt atau tali kipas, sehingga pada saat Mesin mobil menyala maka mesin tersebutu pastinya akan menghasilkan putaran yang mana Alternator juga akan turut berputar karena terhubung dengan tali kipas atau Belt tadi.

Nah, jika alterntornya sudah bergerak maka otomatis benda tersebut yang memiliki fungsi untuk menghasilkan energi listrik akan mulai bekerja untuk menghasilkan energi listrik yang selanjutnya akan di atur oleh IC regulator supaya arus listrik yang di loloskan ke Aki Mobil tidak lebih dari yang bisa diterima oleh Aki Mobil  tersebut untuk mencegah terjadinya kebakaran akibat dari arus berlebihan.

Jadi dengan kata lain fungsi dari IC Regulator ini untuk membuang arus yang berlebihan yang dihasilkan oleh alternator.

Baca Juga

Apa Fungsi Alternator?
Alternator Mobil & Harganya
Fungsi Alternator
Seperti yang sudah pernah admin singgung diatas bawha fungsi utama dari Alternator ini adalah untuk menghasilkan arus listrik yang akan disuplay ke baterai untuk disimpan. Namun dalam hal ini masih sangat umum karena arus yang dihasilkan oleh alternator ini sebagiannya juga dikirim ke berbagai komponen kelistrikan yang terdapat pada mobil, singkatnya Alternator menghasilkan arus sebesar 100% akan dibagi menjadi 2 dimana 50% nya untuk disimpan ke dalam baterai dan 50%nya lagi untuk di salurkan ke berbagai komponen mobil lainnya yang membutuhkan energi listrik.

Tapi perlu dicatat juga bahwa sebelum disalurkan ke berbagai komponen elektronik mobil arus yang dihasilkan oleh alternator ini terlebih dulu dikonversi kedalam Arus searah atau DC ( Direct Curent ) agar bisa digunakan oleh komoponen-komponen elektronik mobil.

Berapa Harga Alternator Mobil Tersebut?
Alternator Mobil & Harganya
Harga
Untuk harganya sendiri tidak menentu karena berbeda daerah, berbeda toko maka akan berbeda pula penawaran harga dari masing-masing seller, tapi untuk patokannya sebuah Alternator mobil standar atau umum memiliki harga mulai dari angka Rp 700.000 hingga Rp 1.000.000, tergantung dari jenis mobil apa dan tipe berapa, harga tersebut merupakan harga yang admin Update pada tanggal 12 Ferbruari 2020.

Harga bisa saja berbeda tergantung kapan dan dimananya seperti yang sudah admin singgung diatas tadi, namun harga tersebut adalah harga untuk patokan dasarnya.

Nah, seperti itulah kiranya sedikit banyaknya informasi yang bisa admin share pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat, Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »