Perhitungan Modal Usaha Catering


Attailah Petir Banyak usaha yang bisa dijalankan oleh semua orang terutama mereka yang sudah berumah tangga seperti ibu-ibu dimana mereka bisa berbisnis sambil mengurusi anak-anak di rumah mereka, dikarenakan kebutuhan semakin hari semakin bertambah maka tidak ada salahnya untuk mencoba berkecimpung di dunia bisnis, dan dalam hal ini admin akan coba menyebutkan salah satu bisnis yang paling mudah sekaligus cocok dijalankan oleh para ibu-ibu untuk mencari penghasilan lebih dalam membantu suami.
Perhitungan Modal Usaha Catering
Usaha Catering
Bisnis yang admin maksud disini tidak bukan dan tidak lain adalah catering, alasan sederhana kenapa bisnis catering ini menjadi bisnis yang sangat cocok dijalankan oleh para ibu-ibu adalah karena yang pertama tidak membutuhkan terlalu banyak modal untuk bisa mulai bergerak, yang kedua bisa dijalankan di rumah dan bisa membantu tetangga mendapatkan pekerjaan dan alasan yang terakhir adalah karena bisnis yang satu ini walaupun modalnya tidak terlalu banyak tapi untuk hasilnya sangat-sangat lumayan kalau menurut admin.

Selain itu usaha katering ini juga merupakan salah satu usaha yang selalu hidup selama manusia masih membutuhkan makanan sebagai bahan untuk dikonsumsi sehari-hari, semakin banyak acara maka semakin banyak orderan, semakin banyak orderan maka semakin banyak potensi untuk para ibu-ibu untuk mengahasilkan nilai ekonomi untuk membantu perekonomian keluarga mereka masing-masing.

Baca Juga

Pada dasarnya market dari catering ini sangatlah luas karena hampir menjangkau semua orang mulai dari kalangan Karyawan, Pegawai Kantoran, Mahasiswa, Anak Sekolah, Pelajar atau lembaga pendidikan, PNS Acara Hajatan, Pesta Pernikahan, Acara Sunatan Masal, Pesta Ulang Tahun, Workshop, Seminar, Diskusi, Wisuda hingga acara-acara tertentu seperti Bertem Klien, Reuni Alumni dan masih sangat banyak lagi acara lainnya yang membutuhkan makanan baik dalam jumlah yang sangat besar, besar hingga dalam jumlah yang lumayan.

Seperti yang sudah admin singgung diatas kalau untuk memulai usaha catering ini tidak membutuhkan tempat khusus seperti ruko atau gedung khusus, usaha catering ini bisa dimulai dari dapur rumah pribadi degan peralatan masak yang ada bisa dimanfaatkan untuk ini, dan dalam hal ini tentu akan sangat membantu mengingat untuk menyewa tempat di zaman sekarang ini sudah sangat-sangat mahal bahkan bisa dikatakan kurang cocok untuk usaha catering ini kecuali usaha cateringnya sudah sangat besar dan menggunakan banyak sekali karyawan yang dipekerjakan.

Mempekerjakan banyak orang juga merupakan impian dari kebanyakan orang dan tidak mustahil anda merupakan salah satunya, walaupun usaha anda hanya usaha catering namunt tidak menutup kemungkinan kedepannya catering anda merupakan catering yang paling lengkap dan paling diminati oleh semua orang yang ujung-ujungnya anda akan membutuhkan banyak pekerja agar target orderan bisa tercapai.

Maka dalam hal ini anda harus merekrut tenaga kerja baru untuk anda pekerjakan, umumnya kriteria pekerja merupakan lulusan SMK jurusan tata boga yang ahli dalam bidang memasak karena akan sangat membantu anda bila dibandingkan dengan mempekerjakan orang lain yang tidak memiliki pengalaman sama sekali dengan dunia masak-memasak apa lagi orang-orang yang sebelumnya sama sekali belum pernah menyentuh dapur.

Setelah urusan memasak tentu saja anda harus mengantarkan orderan ke tempat acara, dan dalan masalah ini anda akan membutuhkan driver yang handal, sebelumya juga perlu dipastikan kalau driver atau supir yang anda pekerjakan memiliki keahlian berkendara yang baik dan harus memiliki Sim agar tidak terjadi kerepotan yang mengakibatkan anda rugi.

Baca Juga

Selain dari beberapa hal yang sudah admin sebutkan diatas anda juga perlu mempromosikan usaha anda dan lagi-lagi untuk zaman sekarang ini anda bisa memanfaatkan sosial media, atau mengendors langsung public figur yang sudah dikenal masyarakat luas dan disinilah anda harus mengelurkan sedikit biaya untuk promosi, tapi admin lebih menyarankan untuk mempromosi sendir melalu account sosmed pribadi masing-masing karena jangkauan yang akan diterima sangatlah luas dan jangan lupa juga untuk mempromosikan secara manual kepada teman-teman atau kerabat anda masing-masing.

Perhitungan Biaya Usaha Catering
Upah 3 Orang Pekerja Rp 3.000.000 ( untuk 3 orang  )
Biaya Listrik, bahan baku, gas dan juga transportasi Rp 8.000.000
Biaya tidak terduga Rp 1.000.000
Total biaya awal yang dibutuhkan adalah sebesar Rp 12.000.000

Biaya Rp 12.000.000 tersebut belum termasuk peralatan dapur seperti wajan dan alat masak lainnya, karena dari awal hanya mengandalkan peraltan masak rumah tangga. Akan tetapi jika ingin menginvestasikan uang sebesar Rp 4.000.000 untuk membeli peralatan dapur yang lebih lengkap dan lebih baik lagi juga tidak masalah, toh peralatan-peralatan tersebut juga bisa digunakan seumur hidup.

Rp 12.000.000 + 4.000.000 = Rp 16.000.000 Total keseluruhan modal awal.

Perhitungan Keuntungan Yang didapatkan
Katakanlah dalam 1 hari anda berhasil menjual sebanyak 100 porsi menu catering dimana untuk satu porsi harga yang dipatok adalah sebesar Rp 5.000.

Maka Rp 5.000 x 100 porsi = Rp 500.000/hari
Jika tidak ada kendala apa-apa dan usaha anda bisa berjalan dengan lancar maka penghasilan yang akan anda dapatkan adalah sebesar Rp 500.000 x 30 Hari = Rp 15.000.000 untuk pendapatan kotornya .

Seperti yang sudah kita sebutkan diatas bahwa setidaknya anda harus mengeuarkan biaya sebesar Rp 12.000.000 per bulannya untuk kebutuhan biaya listrik, bahan baku, gas, transportasi dan juga biaya tak terduga.

Maka Rp 15.000.000 – 12.000.000 maka anda bisa mengantongi Rp 3.000.000 perbulan hanya dari usaha catering ini saja. Ini merupakan bayangan sederhananya saja, penghasilan anda masih bisa berkali-kali lipat bila dibandingkan dengan nilai yang saya sebutkan diatas, karena jika ada acara-acara tertentu yang membutuhkan catering anda seperti acara pesta pernikahan maka setidaknya anda harus menyiapkan 1.500 hingga 3.000 porsi per harinya, dan keuntungan yang didapatkan pastinya lebih besar yang diperkirakan.

Hanya dengan bermodalkan dapur rumah dan karyawan seadanya anda bisa mendapatkan gaji layaknya seorang karyawan bank bahkan gaji anda masih bisa lebih besar dari yang diperkirakan karena untuk seorang karyawan BRI saja gajinya hanya Rp 3.000.000 per pulan tapi gaji seorang pengusaha tidak pernah bisa ditebak oleh siap pun , dikarenakan usaha yang dikerjakan biasanya tidak akan pernah meng hianati hasil.

Sekali lagi ini merupakan perhitungan sederhananya dan bisa saja biaya yang harus dikeluarkan nantinya lebih besar jika orderan yang datang dalam jumlah yang banya, dan bisa saja biaya yang dikeluarkan nantinya tidak akan sebesar yang admin sebutkan tadi jika orderannya dalam jumlah yang sedikit atau tidak sebanyak yang admin perhitungkan pada postingan ini, namun yang jelas setidaknya jika anda memiliki tekad yang kuat silahkan sisipkan biaya sebesar Rp 16.000.000 untuk modal pertamanya dan selanjutnya anda hanya akan memanen hasilnya secara perlahan.

Silahkan dicoba, semoga apa yang dikerjakan bisa membuahkan hasil dengan baik, semoga informasi yang admin share kali ini bisa bermanfaat untuk anda, Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »