Spesifikasi & Harga Realme 5i


Attailah Petir – Diawal tahun 2020 kemarin Realme merilis smartphone terbaru mereka yakni Realme 51 dimana smartphone yang satu ini merupakan smartphone yang menyasar kelas bawah karena harganya yang berada dikisaran Rp 1 jutaan saja. Namun walaupun harganya masih berada dibawah angka Rp 2 juta namun spesifikasi yang ditwarkan smartphone ini sama sekali tidak bisa dianggap remeh karena untuk kebutuhan harian seharusnya lebih dari cukup.
Spesifikasi & Harga Realme 5i
Realme 5i
Selain itu desain dari Realme 5i ini juga menarik walaupun masih menggunakan material body plastic, namun felling nya saat digenggam cukup nayaman. Tidak hanya itu smartphone ini juga sudah megusung sitem kamera dengan 4buah lensa kamera pada bagian belakang dan 1 buah lensa kamera selfie yang berada pada bagian depan yang lebih tepatnya pada bagian atas layar smartphone.

Sejumlah fitur-fitur menarik lainnya juga bisa dijumpai pada Realme 5i ini seperti tersedianya sensor yang lumayan lengkap jika dilihat dari harganya, kemudian baterainya yang jumbo yang bisa menemani setiap penggunanya hingga seharian penuh. Hingga masih tersedianya Radio FM walaupun untuk sekarang ini sudah sangat jarang digunakan oleh kebanyakan orang.

Baca Juga

Desain & Dimensi
Seperti yang sudah admin sebutkan diatas bahwa Realme 5i ini memiliki desain yang berbeda dari kebanyakan smartphone lain yang beredar dipasaran saat ini dimana saat samartphone-smartphone lain berlomba-lomba untuk membuat smartphonenya terlihat mewah dengan material kaca atau plastic yang dibuat menyerupai material kaca justru Realme 5i ini memilih untuk membuat body smartphone mereka dengan bahan plastic dengan tekstur yang berbeda.

desain cove belakang dari Realme 5i ini lebih bergiri yang membuatnya mudah untuk dipengang bahkan jika saat tangan dalam keadaan berminyak atau licin karena teksturnya dan walaupun bahan yang digunakan adalah plastic namun jika dilihat sekilas smartphone ini sama sekali tidak terlihat murahan.

Untuk dimensinya Realme 5i ini memiliki dimensi Panjang 164.4 mm, Lebar 75 mm dan juga tebalnya yang mencapai 9.3 mm. Sedangkan untuk beratnya sendiri smartphone yang satu ini memiliki bobot yang lumayan berat dikelasnya karena mencapai 195 gram dan seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya bahwa smartphone menggunakan bahan plastic baik untuk bagian depan maupun bagian belakang smartphone.

Sedangkan untuk bagian depannya Realme 5i ini berbahan kaca seperti kebanyakan smartphone lain yang beredar dipasaran saat ini.

Disebelah kanan Realme 5i ini terdapat Tombol Power sedangkan disebelah kiri terdapat tombol volume Up & Down dan juga tempat SIM Card yang berada sedikit diatas tombol Volume Up & Down dan saat beralih ke bagian bawah smartphone pengguna akan menemukan lubang Jack Audio 3.5 mm, lubang Microphone, Port Micro USB dan juga Lubang Speaker. Untuk urusan SIM Cardnya sendiri Realme 5i ini juga sudah dibekali dengan Triple slot dimana 2 slot bisa digunakan untuk SIM Card sedangkan 1 Slot lainnya bisa digunakan untuk memperluas ruang penyimpanan dengan menggunakan Micro SD.

Seperti biasa pada bagian depan Realme 5i ini terlihat modern dengan desai layar yang luas dengan sedikit Notch kecil pada bagian tengah atas untuk modul kamera selfie, sedangkan untuk bagian belakangnya pengguna akan menemukan tulisan Realme pada bagian kiri bawah smartphone. Tulisan tersebut tentunya sejajar dengan modul kamera yang terdapat pada bagian atas dan disamping modul kamera tersebut pengguna juga akan menemukan LED Flash untuk kebutuhan fotografi sedangkan untuk sensor Fingger print terdapat pada bagian tengah smartphone dengan sedikit menjorok kebagian atas.

Layar
Beralih ke bagian layar Realme 5i ini memang belum dibekali dengan layar Amoled atau Super Amoled, namun jika dilihat untuk range harganya Layar dengan Teknologi IPS dengan bentangan layar seluas 6.52 Inch dirasa sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan harian dari masing-masing pengguna. Untuk perbandingan dengan ukuran layar dengan body dari smartphone ini bisa dibilang lumayan besar karena mencakup 83.2% dari total keseluruhan body smartphone.

Untuk resolusinya sendiri sudah 720 x 1600 pixel dengan rasio layar 20:9 gambar yang dihasilkan oleh layar IPS tersebut memang tidak bisa diblang bagus namun mengingat harganya yang berada di Range Rp 1 Jutaan, kualitas gambar yang dihasilkan oleh layar IPS ini sudah mencukupi untuk penggunaan harian karena untuk kepadatan layarnya sendiri sudah mencapai 296ppi dan layar tersebut sudah dilapisi Corning Gorilla Glass yang berguna untuk melindungi layar dari goresan-goresan dari luar.

Kamera
Jika dari segi layar belum bisa memenuhi belum mencukupi untuk kebutuhan harian para pengguna, disini Realmi juga menawarkan kamera utamanya dengan 4 buah lensa kamera yang tersusun secara vertikal dalan satu modul kamera, masing-masing lensa memiliki resolusi 12 MP f/1.8 sebagai Lensa Wide dan sudah dilenkapi dengan fitur PDAF, 8 MP f/2.3 sebagai Lensa Ultrawide, 2 MP f/2.4 yang berguna sebagai Lensa Makro untuk pengambilan objek yang lebih kecil dari ukuran standarnya dan yang terakhir adalah Lensa 2 MP f/2.4 yang berguna sebagai Depth Sensor untuk pengambilan foto dengan efek bokeh.

Sedangkan untuk pengambilan Video kamera utamanya ini hanya mampu untuk merekam video dengan resolusi 2160 pixel pada frame rate 30fps saja dan resolusi 1080 pixel pada frame rate 30fps yang sudah dilengkapi dengan Gyro dan juga EIS ( Electrical Image Stabilization ).

Baca Juga

Untuk kebutuhan selfie Realme 5i ini juga dibekali dengan 1 buah lensa kamera yang membentuk Notch pada bagian atas layar smartphone dan lensa tersebut memiliki resolusi 8 MP f/2.0 lengkap dengan fitur HDR dan juga panorama dan untuk perekaman videonya hanya mentok pada resolusi 1080 pixel pada frame rate 30fps saja.

Performa
Dibekali prosessor Qualcomm Snapdragon 665 dengan fabrikasi 11 nm membuat Realme 5i ini cocok untuk mereka yang senang bermain game di smartphone namun tidak memiliki cukup biaya untuk membeli smartphone gaming kelas atas seperti Asus ROG Phone, Xiaomi Black Shark atau pun Razer Phone yang memiliki spesifikasi tinggi yang bisa diajak untuk bermain semua game berat.

Realme 5i ini sanggup untuk menjalankan beberapa game berat seperti PUBG mobile, Call Of Duty Mobile ataupun Mobile Lengend dengan mulus pada settingan grafik rendah. Untuk GPU nya sendiri smartphone ini menggunakan GPU Adreno 610 yang mampu menampilkan gambar yang baik saat sedang digunakan untuk bermain game apalagi Realme 5i ini sudah menggunakan beberpa pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna yakni 3GB untuk penyimpanan internal 32 GB dan juga 4 GB untuk penyimpanan internal 64 GB, dan untuk yang penyimpanan internall 128 GB dengan Ram yang ditawarkan sebesar 4 GB.

Jika penyimpanan internal yang ditawarkan tersebut masih dirasa kurang maka seperti yang sudah admin sebutkan diatas bahwa penyimpanan di smartphone ini masih bisa diperluas hingga 256 GB.

Lain-lain
Selanjutnya yang menjadi pelengkap Realme 5i ini adalah ketersediaan sensor yang lumayan lengkap pada rentang harga Rp 1 jutaan, sensor-sensor tersebut diantaranya ada fingger print pada bagian belakang layar yang belum menggunakan fingger print Under Display, Sensor Accelerometer, Sensor Proximity, Gyro dan juga Compass.

Untuk pilihan warna sendiri Realme 5i ini hanya tersedia dalam 2 pilihan warna yakni warna biru dan juga warna hijau, masing-masing warna tersebut memiliki keunikan tersendiri saat dipandang mata.

Harga
Berbicara soal harga maka tidak terlepas dari yang namanya terjangkau karena memang dari dulu brand-brand seperti Xiaomi, Realme, Asus, Vivo dan lainnya selalu menawarkan smartphone dengan performa yang memumpuni tapi dengan harga yang lebih terjangkau bila dibandingkan dengan brand-brand lain seperti Samsung dan juga Apple.

Untuk mebawa pulan 1 unit Realme 5i yang Versi 3/32 GB pengguna hanya mengeluarkan Budget sebesar Rp 1.799.000

Sedangkan untuk mebawa pulan 1 unit Realme 5i yang Versi 4/64 GB pengguna hanya mengeluarkan Budget sebesar Rp 1.999.000

Dan yang terakhir Realmi 5i dengan versi Ram 4 GB dengan penyimpanan Internal sebesar 128 GB dibandrol dengan harga Rp 2.499.000.

Untuk Spesifikasi yang lebih detailnya bisa dilihat di bawah ini.

Detail Specs
Dimensi Body

Panjang
Lebar
Tebal
Berat
Material Bahan Depan
Material Bahan Belakang


164.4 mm
75 mm
9.3 mm
195 gram
Kaca ( Gorilla Glass )
Plastik
Layar

Teknologi Layar
Ukuran Layar
Perbandingan Ukuran Layar Dengan Body
Resolusi Layar
Rasio Layar
Kepadatan Layar


IPS
6.52 Inch
83.2%

720 x 1600 pixel
20:9
269 ppi
Kamera

Kamera Utama
Lensa Utama
Lensa Kedua
Lensa Ketiga
Lensa Keempat

Fitur Kamera



Perekaman Video Kamera Utama

Fitur Perekaman Video


Kamera Depan
Lensa Kamera Depan
Fitur Kamera Depan


Perekaman Video Kamera Depan


Quad Camera
12 Mp f/1.8 sebagai Lensa Wide dengan fitur PDAF
8 Mp f/2.3 sebagai Lensa Ultrawide
2 Mp f/2.4 sebagai Lensa Makro
2 Mp f/2.4 sebagai Lensa Depth Sensor

LED Flash
HDR
Panorama

2160 Pixel pada frame rate 30fps
1080 Pixel pada frame rate 30fps
Gyro
EIS ( Electrical Image Stabilization )

Singgle Camera
8 Mp f/2.0
HDR
Panorama

1080 pixel pada frame rate 30fps.
Performa

Prosessor
GPU
RAM


Qualcomm Snapdragon 660
Adreno 610
3/4GB
Penyimpanan

Penyimpanan Internal
Penyimpanan Eksternal


32/64/128GB
Micro SDXC Maksimal 256GB
Kartu SIM
Dual SIM
Nano SIM
Dual Stand-by
Sensor
Finggger Print
Accelerometer
Gyro
Compass
Konektivitas

WLAN




Bluetooth




USB


Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Dual-band
Wi-Fi Direct
Hotspot

Tersedia
Versi 5.0
A2DP
LE

Micro USB
Versi 2.0
USB On-The-Go
Daya

Baterai

Adaptor Charger


Baterai Li-Po
Kapasitas 5000mAh
10 Watt
Lain-lain

Jack Audio3.5 mm
Radio FM
GPS


Tersedia
Tersedia
Tersedia
A-GPS
GLONASS
GALILEO
BDS
Warna
Hijau
Biru
Harga

3/32GB
4/64GB
4/128GB
Update Bulan Februari 2020

Rp 1.799.000
Rp 1.999.000
Rp 1499.000

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »