Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Fold


Attailah Petir – Samsung selalu memiliki inovasi-inovasi terbaru untuk membuat smartphone buatan mereka dilirik oleh dunia, dan di akhir 2019 kemarin samsung merilis sebuah smartphone yang awalnya hanya diproduksi sebagai prototipe saja, Smartphone yang dimaksud tidak bukan dan tidak lain adalah Samsung Galaxy Fold dimana smartphone yang satu ini memiliki keunikan tersendiri karena layar utamanya yang bisa dilipat.
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Fold
Samsung Galaxy Fold
Walaupun layar tersebut dilipat, tidak ada bekas lipatan atau semacamnya pada layar tersebut jadi pengguna tidak perlu khawatir akan ketidak nyamanan saat menggunakan smartphone mereka yang satu ini, dengan memiliki 2 buah layar otomatis samsung harus mematikan 1 buah layar dan tidak bisa diaktifkan secara berasmaan, karena jika smartphone  tersebut dibuka maka layar utamanya yang seluas Tablet yang akan menyala dan saat layar tersebut ditutup maka layar yang tadinya berada di bagian belakang layar utama yang akan menyala walaupun ukuran layar keduanya ini tidak tergolong besar atau masih dalam kategory normal.

Setidaknya pengalaman terbaru tersebut sudah mulai diperkenalkan samsung dan mereka berani memproduksi smartphone yang awalnya hanya dijadikan prototype nya saja. Jadi dengan kata lain gebrakan awal samsung sudah mulai terbuka untuk inovasi smartphone model baru.

Selain itu, sejumlah keistimewaan-keistimewaan lain juga ditawarkan untuk smartphone yang satu ini, mulai dari service VIP di service center samsung  hingga jaminan layar lipatnya tetap aman dengan dengan mekanismi pelipatan layar yang ditawarkan oleh samsung tersebut, dimana jika layar tersebut rusak selama masa garansi pengguna hanya perlu membayar Rp 2 juta rupiah untuk mengganti layar tersebu sedangkan kalau untuk harga normalnya layar tersebut memiliki harga hingga Rp 9 juta rupiah.

Baca Juga

Desain & Dimensi
Desain dari Samsung Galaxy Fold ini tergolong unik karena desainnya lebih mirip sebuah tablet saat perangkat tersebut dibuka namun saat ditutup akan menjadi sebuah smartphone biasa dari samsung dengan tetap menawarkan layar Touch Screen yang tetap lega namun terlihat sangat-sangat tebal untuk kebanyakan smartphone untuk sekarang ini.

Dengan membawa desain yang baru seperti ini Samsung Galaxy Fold ini tidak memiliki sertifikat IP68 seperti kebanyakan smartphone-smartphone samsung lainnya dengan harga yang tidak bisa dibilang murah. Tidak hanya itu, cara penggunaan dan juga perawatannya juga berbeda dengan kebanyakan smartphone yang beredar di pasaran saat ini, seperti cara untuk menekan layar utamanya yang tidak bisa ditekan sembarangan hingga tidak boleh didekatkan ke benda seperti kartu kredit karena smartphone yang satu ini memiliki magnet.
Saat dalam kondisi tertutup smartphone yang satu ini akan terlihat seperti smartphone biasa pada umumnya dengan ketebalan 15.5mm dan pada bagian belakang nya pengguna akan disuguhkan dengan 3 buah lensa kamera yang tersusun secara horizontal dalam satu modul kamera dengan 1 buah LED Flash di bagian bawahnya, sedangkan sisanya polos dengan gradasi warna yang dilapi material kaca dan membuat Samsung Galaxy Fold ini terlihat keren dan juga mewah.

Walaupun sudah dilapisi material kaca pada bagian belakang body smartphone samsung juga membekali Samsung Galaxy Fold ini dengan hard case dalam box penjualannya agar pengguna tidak perlu membeli lagi secara terpisah. Beralih ke bagian depan dalam keadaan tertutup yang terlihat adalah sebuah layarlebih kecil dari layar utamanya dengan satu buah modul kamera di bagian atas smartphone untuk kebutuhan selfie pada saat smartphone belum dalam keadaan terbuka.

Sedangkan pada saat smartphone nya dibuka maka akan terlihatlah layar utamanya yang begitu lega dengan potongan sedikit pada sudut atas sebelah kanan untuk penempatan modul kamera untuk kebutuhan selfie, dan untuk kamera selfie di layar utamanya sendiri sudah menggunakan 2 lensa kamera yang berbaris rapi vertikal.

Di bagian sebelah kanan pengguna akan disuguhi dengan2 buah tombol dengan 1 buah sensor fingger print tombol tersebut adalah tombol power dan juga tombol volume Up & Down. Sedangkan untuk bagian atasnya terdapat lubang speaker dan juga microphone  dan untuk bagian bawahnya pengguna akan kembali menemukan 1 buah speaker, 1 buah port USB Type C dan juga 1 buah microphone, jadi total ada 2 buah speaker di Samsung Galaxy Fold ini yang mestinya untuk urusan suara tidak ada komplain sama sekali.

Dalam keadaan tertutup smartphone ini memiliki dimensi panjang 160.9mm, dengan lebar 62.9mm dan ketebalannya yang mencapai 15.5mm sedangkan pada saat kondisi smartphone ini sedang terbuka  dimensinya panjangnya mencapai 160.9mm dengan lebarnya yang juga mencapai 117.9mm dan 6.9mm saja.

Dalam keadaan terbuka layar keduanya yang kecil menggunakan material Kaca sedangkan untuk layar utamanya pada saat smartphone dalam keadaan terbuka material bahannya menggunakan plastic karna menggunakan mekanisme pelipatan pastinya tidak bisa menggunakan material kaca, sedangkan sisanya seperti yang sudah pernah admin singgung diatas yang menggunakan kaca dengan fame metal yang pastinya membuat Samsung Galaxy Fold ini terlihat lebih mewah dan juga lebih kokoh.

Layar
Seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya kalau smartphone yang satu ini menggunakan 2 buah layar yakni layar utama pada saat smartphonenya dalam keadaan terbuka dan layar kedua pada saat smartphonenya tertup karena bentuknya yang memang seperti dompet, untuk layar utamanya yakni layar yang berukuran besar sudah menggunakan layar dengan teknologi andalannya samsung yakni Foldable Dynamic Amoled yang tentunya layar tersebut sudah bisa dilipat.

Resolusi dari layar utamanya ini adalah 7.3 Inch dengan resolusi 1536 x 2152 pixel layar tersebut tergolong cukup luas dengan perbandingan antara body dan layar yang mencapai 85.7%, sedangkan untuk kepadatan layar dari Samsung Galaxy Fold ini menapai 362ppi dan pastinya sudah didukung fitur HDR 10 +.

Sedangkan untuk layar keduanya sendiri berukuran lebih kecil dari layar utama yang admin sebutkan tadi yakni hanya 4.6 inch dengan teknologi yang sama tapi berbeda level saja, jika layar utamanya menggunakan teknologi Foldable Dynamic Amoled maka layar kedua ini menggunakan teknologi Super Amoled seperti yang digunakan pada kebanyakan smartphone-smartphone samsung. Sedangkan untuk resolusinya adalah 720 x 1680 pixel dengan aspek rasio 21:9.

Kamera
Jika kebanyakan smartphone hanya menggunakan 4 buah lensa kamera maka pada smarpthone ini pengguna akan disuguhkan dengan 6 buah lensa kamera dimana 3 buah lensa diantaranya berada di bagian belakang smartphone yang disusun rapi dalam 1 modul horizontal, 2 buah pada bagian sudut kanan atas layar utama dan 1 lagi berada pada bagian sudut kanan atas pada layar kedua yang berukuran lebih kecil.

Untuk resolusinya sendiri menggunakan Triple camera untuk kamera utamanya yang masing-masing beresolusi 12 Mp f/1.5-2.4 yang berfungsi sebagai lensa Wide nya dan sudah dilengkapi dengan Dual Pixel PDAF dan juga OIS, 12 Mp f/2.4 yang berguna sebagai lensa Telephoto untuk pengambilan gambar dengan efek bokeh, dan yang terakhir adalah 16 Mp f/2.2 yang berguna sebagai lensa Ultra wide yang mampu menangkap gambar dengan ukuran yang lebih luas.

Seperti kebanyakan smartphone lain fitur dari Tripel Camera yang menjadi kamera utama untuk Samsung Galaxy Fold ini tentunya sudah adanya LED Flash, Panorama dan juga HDR. Sedangkan untuk perekaman video kamera utamanya ini mampu merekam video dengan resolusi 2160 pixel pada frame rate 60fps, 1080 pada frame rate 60 atau 240fps dan sudah diukung Gyro dan juga EIS ( Electrical Image Stabilization ) yang seharusnya mampu untuk merekam video yang tidak terlalu goyang atau lebih stabil dan yang terakhir adalah video yang mampu direkam dengan resolusi 720 pixel pada frame rate 960fps dan sama seperti perekaman video pada resolusi 1080 pixel yang sudah didukung Gyro dan EIS, tabahan perekaman video pada resolusi 720 pixel ini juga sudah dilengkapi dengan fitur HDR 10.

Untuk kamera selfie layar kecilnya samsung membekali Samsung Galaxy Fold ini dengan 1 buah lensa kamera dengan resolusi 10 Mp f/2.2 sebagai lensa wide, dan untuk perekaman videonya sendiri bisa sampai dengan resolusi 2160 pixel pada frame rate 30fps dan resolusi 1080 pixel pada frame rate 30fps, untuk hasil perekaman video yang lebih stabil samsung juga membekali kamera sifie ini dengan Gyro dan juga EIS.

Baca Juga

Terakhir adalah kamera Selfie untuk layar besarnya yang hanya bisa digunakan jika Samsung Galaxy Fold ini sudah dalam keadaan terbuka, 2 buah lensa kamera tersebut masing-masing beresolusi 10 Mp f/2.2 sebagai lensa Wide nya dan satu lensa lagi yang bersolusi 8 Mp f/1.9 sebagai lensa Depth Sensor untuk pengambilan foto dengan efek bokeh, jadi bisa dibilang kalau dalam kondisi terbuka smartphone ini meliki kamera baik depan maupun belakang yang hampir sama levelnya sedangkan untuk perekaman videonya kamera selfie baik untuk layar utama maupun layar keduanya sama saja.

Performa
Samsung Galaxy Fold ini menggunakan prosessor Qualcomm Snapdragon 855 dengan fabrikasi 7 nm yang dirasa sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan kerja dari smartphone ini, prosessor yang kencang tersebut juga dibantu oleh Ram sebesar 12GB yang membuat Samsung Galaxy Fold ini menjadi lebih maksimal untuk urusan multitasking.

Dikarenakan layar dari Samsung Galaxy Fold ini yang tergolong besar maka tidak heran jika samsung juga menyertakan GPU Adreno 640 untuk hasil yang lebih baik dan juga lebih OK lagi, dan pastinya sudah menggunakan OS Android terbaru yakni 10. Untuk mendukung anda dalam hal penyimpanan samsung langsung memberikan ruang penyimpanan yang tidak tanggung-tanggung yakni dengan kapasitas 512 GB dan sudah tidak bisa diperluas lagi karena tidak tersedia Slot Micro SD.

Harga
Seperti kata pepatah bahwa harga tidak pernah berbohong, admin rasa pepatah tersebut ada benarnya juga karena dengan segenap penawaran dari samsung ini harga yang ditawarkan untuk membawa pulang satu unit Samsung Galaxy Fold setidaknya anda harus menyiapkan dana sebesar Rp 30.000.000.

Detail Specs
Dimensi

Smartphone Tertutup
Panjang
Lebar
Tebal

Smartphone Terbuka
Panjang
Lebar
Tebal
Berat



160.9 mm
62.9 mm
15.5 mm


160.9 mm
117.9 mm
6.9 mm
263 gram
Body

Kondisi Tertutup
Bahan Bagian Depan
Bahan Bagian Belakang

Kondisi Terbuka
Bahan Bagian Depan

Bahan Samping Kiri & Kanan



Kaca
Kaca


Plasitc

Alumunium
Layar

Ukuran Layar Utama
Teknologi Layar
Resolusi
Rasio Layar Dengan Body
Kepadatan Layar
Fitur Layar

Ukuran Layar Kedua
Teknologi Layar
Resolusi Layar
Aspek Rasio Layar


7.3 Inch
Foldable Dynamic AMOLED
1536 x 5152 pixel
85.7%
362 ppi
HDR10+

4.6 Inch
Super Amoled
720 x 1680 pixel
21:9
Kamera

Kamera Utama
Lensa Utama



Lensa Kedua



Lensa Ketiga
Fitur Kamera



Perekaman Video








Kamera Selfie Layar Utama
Lensa Utama
Lensa Kedua

Kamera Selfie Layar Kedua
Resolusi
Fitur Kamera

Perekaman Video


Triple Camera
12 Mp f/1.5-2.4 ( Lensa Wide )
Dual Pixel
PDAF
OIS ( Optical Image Stabilization )
12 Mp f/2.4 ( Lensa Depth Sensor )
Auto Focus
OIS ( Optical Image Stabilization )
2x Optical Zoom
16 Mp f/2.2 ( Lensa Ultrawide )
LED Flash
HDR
Panorama

2160 pixel pada frame rate 60fps
1080 pixel pada frame rate 60 atau 240fps
Gyro
EIS ( Electrical Image Stabilization )
720 pixel pada frame rate 960fps
Gyro
EIS ( Electrical Image Stabilization )
HDR 10

Dual Camera
10 Mp f/2.2 ( Lensa Wide )
8 Mp f/1.9 ( Depth Sensor )

Singgle Camera
10 Mp f/2.2
HDR

2160 pixel pada frame rate 60fps
1080 pixel pada frame rate 30fps
Performa

Prosessor
RAM
GPU


Qualcomm Snapdragon 855 fabrikasi 7 nm
12GB
Adreno 640
Penyimpanan

Penyimpanan Internal

Penyimpanan Eksternal


512GB
UFS 3.0
Tidak Tersedia
SIM Card
1 Nano SIM atau 2 eSIM
Konektivitas

Bluetooth





NFC

WLAN




Kabel


Tersedia
V 5.0
A2DP
LE
aptX HD

Tersedia

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Dual-Band
Wi-Fi Direct
Hotspot

USB Type C 3.1
Reversible Conector
Sensor
Fingger Print
Accelerometer
Gyro
Proximity
Compass
Barometer
ANT+
Smsung Dex
GPS
Tersedia
A-GPS
GLONASS
GALILEO
BDS
Radio
Tidak Tersedia
Speaker





Jack Audio 3.5mm
Tersedia
Speaker Stereo
32-bit/384KHz
Dolby Atmos
AKG Tune

Tidak Tersedia
Lain-lain

Daya

Tipe Baterai
Kapitas Baterai
Charger Adaptor
Charger Wireless
Revers Wireless Charge


Li-Po
4.380 mAh
15 Watt
15 Watt
9 Watt
OS
Android 10
Warna
Space Silver
Cosmos Black
Martian Green
Astro Blue
Harga
Rp 30.000.000

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »