Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Tab S6


Attailah Petir Tab atau Tablet merupakan salah satu perangkat pendukung kerja bagi sebagian besar orang karena ukurannya yang tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil untuk sebuah perangkat mobile untuk menunjang kebutuhan kerja dari kebanyakan orang di zaman sekarang ini. Tab itu sendiri juga memiliki ukuran yang berbeda-beda dengan masing-masing spesifikasi yang ditawarkan yang juga akan berbeda-beda pula.
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Tab S6
Samsung Galaxy Tab S6
Sebagai salah satu contohnya adalah Samsung Galaxy Tab S6 yang memiliki spesifikasi yang memumpuni untuk kebutuhan kerja dan juga berasal dari salah satu brand yang sudah dipercayai di indonesia yakni samsung. Sejumlah keunggulan yang ditawarkan pada perangkat Samsung Galaxy Tab S6 ini mungkin bisa jadi pertimbangan untuk pengguna yang ingin memiliki sebuah Tablet dengan spesifikasi tinggi buatan samsung.

Walaupun pada dasarnya harga yang ditawarkan untuk Samsung Galaxy Tab S6 ini sama sekali tidak bisa dikatakan murah-murah amat, namun hal tersebut masih bisa dianggap wajar karena spesifikasi yang diberikan yang juga tinggi. Dipasaran Samsung Galaxy Tab S6 head to head langsung dengan Ipad Pro yang juga sudah sangat dikenal oleh masyarakat untuk saat ini, karena dari ukuranya yang hampir sama, kemudian desainnya yang juga mirip hingga fitur-fitur yang ditawarkan juga mengingatkan admin akan Ipad.

Baca Juga

Dimensi & Desain
Seperti yang sudah admin singgung diatas kalau desain dari Samsung Galaxy Tab S6 mirip dengan rival abadinya yakni Ipad Pro, hal tersebut sudah mulai terlihat pada desain yang dibawa oleh tab samsung yang satu ini. Untuk bagian depannya menggunakan bahan kaca sedangkan pada bagian belakangnya menggunakan material alumunium yang tampak kokoh saat tab ini dipegang, feel yang dirasakan adalah tab ini termasuk ke dalam salah satu Tab yang tergolong solid karena memang material bahan yang digunakan adalah material yang solid.

Untuk pilihan warna Samsung Galaxy Tab S6 ini tersedia dalam 3 pilihan warna yakni Mountain Gray, Cloud Blue dan juga Rose Blush yang bisa disesuaikan dengan mood dari masing-masing pengguna pada saat pembelian.

Dengan dimensi panjang 244.5 mm, Lebar 159.5 mm dan tebalnya yang hanya 5.7 mm saja membuat tablet ini terasa sangat nyaman untuk digunakan baik untuk mereka yang suka travelling maupun untuk mereka yang gemar menggunakan Tab untuk menunjang aktivitas kerja masing-masing karena Samsung Galaxy Tab S6 tergolong ke dalam tablet yang memiliki bobot yang lumayan ringan dengan berat yang hanya 420 gram saja membuat Tab samsung yang satu ini sangat mudah untuk dibawa kemana pun.

Seperti biasanya pada bagian sebelah kanan unit pengguna akan disuguhkan dengan 2 buah tombol yakni tombol power dan juga tombol Volume Up & Down untuk memperbesar dan memperkecil suara. Dan pada bagian sebelah kirinya polos saja tidak ada tombo apa pun sedangkan dibagian bawah pengguna juga akan menemukan port USB Type-C yang bisa digunakan untuk pemindahan data dengan menggunakan kabel data ataupun untuk charging Samsung Galaxy Tab S6 ini.

Selai itu tersedia lubang speaker dan juga lubang microphone untuk kebutuhan Input suara pada Tablet samsung yang satu ini, dikarenakan Samsung Galaxy Tab S6 ini sudah menggunakan USB Type-C maka tidak heran jika pengguna tidak akan menemukan lagi lubang Jack Audio 3.5 mm, jadi mau tidak mau pengguna harus menggunakan sambungan kabel dari USB Type-C ke Jack Audio 3.5 mm atau dengan memanfaatkan teknologi bluetoot atau menggunakan TWS.

Pada bagian belakang Samsung Galaxy Tab S6 ini hanya Tulisan Samsung dengan 2 buah lensa kamera yang tersusun rapi dalam satu modul kamera, sedangkan untuk bagian depan atau bagian layarnya pengguna hanya akan menemukan satu buah lubang kamera dan layar dengan bezel yang tidak terlalu tebal namun juga tidak bisa dibilang paling tipis karena masih ada tablet lain yang memiliki bezel yang lebih tipis dari Samsung Galaxy Tab S6 ini.

Layar
Beralih ke bagian layar disini samsung menawarkan Samsung Galaxy Tab S6 ini dengan layar berukuran 10.5 Inch yang pastinya sudah menggunakan teknologi layar andalan nya samsung yakni teknologi Super Amoled dengan resolusi 1600 x 2560 pixel yang membuat pengalaman bermain game dan juga nonton video di Samsung Galaxy Tab S6 ini jadi lebih menyenangkan bila dibandingkan dengan menggunakan smarpthone.

Seperti yang sudah admin singgung diatas kalau layar dari Samsung Galaxy Tab S6 ini bukan merupakan yang terluas jika dibandingkan dengan keseluruhan ukuran body tablet walaupun juga tidak kecil-kecil amat, karena perbandingan antara layar dan body tab ini sendiri mencapai 82.5% dari keseluruhan body tab.

Performa
Sebuat tab seharusnya memiliki performa yang kencang untuk menunjang penggunanya mengerjakan setiap pekerjaan yang mereka miliki masing-masing dan dalam hal ini samsung membekali Samsung Galaxy Tab S6 ini dengan prosessor Qualcomm Snapdragon 855 dengan fabrikasi 7 nm yang tentunya akan membuat pengalaman mengguankan tab ini lebih menyenagkan apa lagi performa kencang dari prosessor Snapdrogon 855 tersebut dibantu oleh Ram 6 atau 8 GB sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing pengguna.

Bagi mereka yang gemar bermain game di tab, samsung juga membekali Samsung Galaxy Tab S6 ini dengan GPU Adreno 640 yang pastinya akan memberikan pengalaman bermain game dengan grafik yang baik. Sedangkan untuk penyimpanannya sendiri samsung menawarkan Samsung Galaxy Tab S6 dengan 2 kapasitas penyimpanan internal yang berbeda dimana masing-masing memiliki kapasitas 128GB untuk unit yang menggunakan Ram sebesar 6GB dan juga 256GB untuk unit yang menggunakan Ram sebesar 8GB.

Perbedaan kapasitas penyimpanan dan juga Ram yang ditawarkan untuk tab tersebut juga tentunya akan membuat perbedaan harga dari Samsung Galaxy Tab S6 ini. Selain itu jika penyimpanan internal yang ditawarkan tersebut masih kurang pengguna masih bisa memperluas penyimpanan dengan menggunakan kartu Micro SD yang dedicated dengan kartu Nano SIM yang maksimal bisa sampai 1TB.

Kamera
Berbicara tentang gadget samsung maka tidak lengkap rasanya jika tidak mebahas kamera. Samsung Galaxy Tab S6 ini menggunakan 2 kamera utama yang tersusun rapi di dalam satu modul kamera, masing-masing lensa kamera nya memiliki resolusi 13Mp f/2.0 lengkap dengan fitur Auto Focus dan digunakan sebagai lensa utamanya dan juga samsung juga bermurah hati membekali lensa kedua untuk tab mereka yang satu ini dengan resolusi 5Mp f/2.2 yang berguna sebagai lensa Ultrawide.

Untuk urusan perekaman video kamera belakang Samsung Galaxy Tab S6 hanya mampu merekam video dengan resolusi 2160 pixel pada frame rate 30fps saja sedangkan untuk kamera selfienya mampu merekam video dengan resolusi 1080 pixel pada frame rate 30fps.

Kamera selfie Samsung Galaxy Tab S6 ini hanya memiliki resolusi 8Mp f/2.0 yang mampu untuk menangkap gambar dengan kualitas sedang, tidak terlalu bagus namun juga tidak bisa dibilang jelek. Memang kamera yang bagus sangat dibutuhkan pada gadget untuk sekarang ini karena fitur kamera sudah menjadi barang wajib pada setiap gadget apalagi gadget buatan samsung, tapi yang perlu diingat bahwa Samsung Galaxy Tab S6 ini merupakan sebuah tablet yang tidak mengedepankan kamera walaupun didalamnya terdapat kamera dan itu hanya sebagai pelengkap saja.

Baca Juga

Lain-Lain
Selebinya Samsung Galaxy Tab S6 ini tidak memiliki sesuatu yang terlalu spesial lagi dan seperti sebuah smartphona tablet ini juga dilengkapi dengan 4 buah speaker yang tentunya akan menghasilkan suara yang kencang dan juga  jernih. Mungkin yang akan jadi kekurangan dari tablet yang satu ini mengingat harganya yang diatas angka Rp 10 juta, tidak hadirnya NFC mungkin akan jadi sesuatu yang kurang lengkap karena untuk smartphone flagship mereka sepert samsung galaxi Note 8 dan s10 saja sudah memiliki NFC.

Selebihnya gadget samsung yang satu ini sudah mampu memenuhi ekspektasi para penggunanya untuk mendukung aktivitas kerja baik ringan hingga berat sekalipun, apalagi untuk mereka yang memiliki mobilitas yang tinggi yang tidak memiliki banyak waktu untuk selalu berada di dekat colokan listrik karena Samsung Galaxy Tab S6 ini sudah dibekali dengan baterai dengan kapasitas 7040mAh.

Harga
Seperti yang kita tahu bahwa samsung merupakan salah satu brand terbaik yang ada di indonesia, maka tidak heran jika harga dari perangkat-perangkat mereka yang tidak murah. Untuk Samsung Galaxy Tab S6 dengan varian Ram 6GB dengan internal storage 128GB dijual dengan harga Rp 11.999.000. Sedangkan untuk varian Ram 8GB dengan internal storage 256GB dijual dengan harga Rp 14.160.000.

Untuk spesifikasi yang lebih detailnya bisa dilihat dibawah ini.

Detail Specs
Ukuran

Panjang
Lebar
Tebal
Berat
Bahan Body Belakang
Bahan Body Depan


244.5 mm
159.5 mm
5.7 mm
420 gram
Alumunium
Kaca
Layar

Teknologi Layar
Ukuran Layar
Rasio Layar Dengan Body
Resolusi Layar
Rasio Layar
Kepadatan Layar


Super AMOLED
10.5 inch
82.5%
1600 x 2560 pixel
16:10
287 ppi
Performa

Prosessor
Ram
GPU


Qualcomm Snapdragon 855 fabrikasi 7 nm
6/8GB
Adreno 640
Penyimpanan

Internal
Eksternal


128/256GB
Micro SD Maksimal 1TB
Kamera

Kamera Utama
Lensa Utama
Fitur
Lensa Kedua
Fitur


Perekaman Video

Kamera Selfie
Resolusi

Perekaman Video


Dual Camera
13Mp f/2.0  sebagai Lensa Wide
Auto Focus
5Mp f/2.2 sebagai Lensa Ultrawide
HDR
Panorama

2160 pixel pada frame rate 30fps

Single Camera
8Mp f/2.0 sebagai Lensa Wide

1080 pixel pada frame rate 30fps
Output Suara

Loadspeaker

Jack Audio 3.5 mm


Tersedia
4 Buah Speaker
 Tidak Tersedia
Konektivitas

Kabel
WLAN



Bluetooth


USB Type-C 3.1
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Dual-band
Wi-fi Direct
Hotspot
Tersedia
Versi 5.0
A2DP
LE
Sensor
Fingger Print Under Display
Accelerometer
Gyro
Proximity
Compass
Samsung DeX
ANT+
Lain-lain

GPS




Radio


Tersedia
A-GPS
GLONASS
BDS
GALILEO
Tidak Tersedia
Daya

Kapasitas Baterai
Adaptor Charger


7040mAh
15 Watt
Warna
Mountain Gray
Cloud Blue
Rose Blush
Harga

Varian Ram 6GB Internal 128GB
Varian Ram 8GB Internal 256GB


Rp 11.999.000
Rp 14.160.000

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »