Spesifikasi & Harga Xiaomi Redmi K30


Attailah Petir Salah satu brand smartphone yang sudah sangat memasyarakat di indonesia adalah brand smartphone Xiaomi dimana brand smartphone yang satu ini memang dikenal dengan keunggulan dari segi spesifikasi yang ditawarkan dengan harganya yang murah meriah. Biasanya setiap produk yang dikeluarkan oleh xiaomi selalu mematahkan harga smartphone lain di pasaran karena harga yang ditawarkan oleh brand smartphone yang satu ini yang tidak main-main murahnya.
Spesifikasi & Harga Xiaomi Redmi K30
Xiaomi Redmi K30
Pada penghujung 2019 lalu xiaomi kembali memperkenalkan smartphone kelas menengah mereka yakni Xiaomi Redmi K30 dimana tampilan dari smartphone buatan pabrikan tiongkok yang satu ini menawarkan desain ala-ala smartphone flagship dengan harga smartphone kelas menengah. Tidak hanya itu tampilannya juga semakin modern dan kekinian dikarenakan penggunaan 4 buah lensa kamera pada bagian belakang smartphone yang berjejer vertikal.

Entah memang pandai dalam urusan meniru bagian depan dari Xiaomi Redmi K30 ini terlihat lebih mirip dengan Samsung Galaxy S10 Plus dimana penggunaan 2 buah kamera pada bagian samping kanan atas kamera bukan di tengah dengan model water drop seperti kebanyakan smartphone-smartphone lainnya dengan kasta yang lebih rendah.

Baca Juga

Dimensi & Desain
Desain dari Xiaomi Redmi K30 ini memang unik, karena seperti yang sudah pernah admin singgung diatas tadi kalau desain bagian depannya sangat mirip dengan Samsung Galaxy S10 Plus, akan tetapi untuk bagian belakangnya kalau diperhatikan lebih jauh lagi desainnya juga mirip-mirip dengan Huawei P30 pro dimana tempat untuk peletakan modul kameranya dibuat membulat besar dengan modul lensanya yang sejejerkan vertikal.

Sedangkan untuk kamera Xiaomi Redmi K30 ini membawa 6 buah lensa kamera dimana 2 buah lensa kameranya berada pada bagian depan sudut kanan atas sedangkan 4 buah lensa kamera lainnya berada pada bagian belakang smartphone yang nantinya akan kita bahas pada ulasan di bawah ini.

Berbahan body metal dengan finishing glass membuat Xiaomi Redmi K30 ini semakin menarik untuk diperhatikan, dikarenakan kesan yang diberikan bisa dikatakan mewah untuk sebuah smartphone kelas menengah, pada bagian sebelah kanan smartphone pengguna akan menemukan 1 buah sensor fingger print yang menyatu dengan tombol power, sedangkan pada bagian sebelah kanan nya hanya terdapat tombol volume Up & Down saja.

Seperti biasa pada bagian bawah smartphone terdapat lubang Jack Audio 3.5mm, lubang speaker, lubang charger dan juga lubang microphone yang berguna untuk menangkap suara saat dibutuhkan. Bazzle layarnya juga tidak terlalu tebal yang membuatnya terlihat lebih modern dan kekinian, apalagi smartphone ini hanya memiliki dimensi 165.3 x 76.6 x 8.8 mm saja dengan beratnya yang mencapai 208 gram.

Memang untuk berat 208 gram tersebut merupakan berat yang lumayan untuk sebuah smartphone zaman sekarang karena berat rata-rata smartphone-smartphone lain pada umumnya hanya beriksar antara 150 hingga 180 gram saja, namun berat nya yang lumayan berat tersebut juga bisa menjadi cerminan bahwa Xiaomi Redmi K30 ini merupakan sebuah smartphone premium dengan spek yang bisa diandalkan.

Layar
Beralih ke bagian layar Xiaomi Redmi K30 ini membekali layar dengan ukuran 6.67 Inch dengan resolusi 1080 x 2400 Pixel dimana ukuran layar seperti ini bukan seperti ukuran layar yang pada kebanyakan smartphone lainnya yang beredar dipasaran, mungkin saja dalam hal ini Xiaomi ingin memberikan sesuatu yang berbeda kepada para penggunanya karena kalau dilihat dari refresh rate nya Xiaomi Redmi K30 ini membekali layar smartphonenya ini dengan refresh rate layar 120Hz yang mana ini menjadi satu-satunya untuk smartphone kelas menengah dengan harga yang lumayan terjangkau.

Sreen to Body Ratio nya sendiri adalah 84.8% yang mana layarnya ini hampir bisa memenuhi keseluruhan dari body smartphone atau dengan kata lain bazzel nya tergolong tipis untuk kebanyakan smartphone sekarang yang berdar di pasaran, namun walaupun refresh rate nya sudah tinggi sayangnya Xiaomi belum membekali smartphone nya ini dengan layar Amoled tapi masih mengandalkan layar dengan teknologi IPS Capasitive Touch Screen 16 juta warna yang dirasa sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan harian kebanyakan orang di zaman sekarang.

Apalagi untuk urusan kepadatan layar Xiaomi Redmi K30 ini sudah memiliki kepadatan layar hingga 395ppi yang mampu menampilkan gambar dilayar smartphone ini dengan sangat detail,  layarnya sendiri juga sudah HDR10 dan sudah dilenkapi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5 yang diklaim lebih tahan terhadap goresan tapi bukan goresan yang terlalu parah.

Kamera
Seperti yang sudah admin singgung diatas kalau untuk kamera yang digunakan pada Xiaomi Redmi K30 ini totalnya ada 6 buah lensa kamera dimana 2 diantaranya berada pada bagian depan smartphone yang berguna sebagai kamera selfie sedangkan 4 buah lensa kamera lainnya berada pada bagian belakang smartphone yang berguna sebagai kamera utama.

Untuk 4 buah lensa kamera yang berada pada bagian belakang smartphone Xiaomi Redmi K30 ini masing-masing beresolusi 64 MP f/1.9 yang berfungsi sebagai lensa Wide dengan fitur PDAF, lensa kedua 8MP f/2.2 yang berguna sebagai lensa Ultrawide, lensa ketiga 2 MP f/2.4 yang berguna sebagai lensa makro untuk membidik objek yang lebih kecil dari ukuran normal dan yang terakhir adalah lensa dengan resolusi 2 MP yang befungsi sebagai Depth Sensor untuk pengambilan gambar dengan efek bokeh.

Layaknya smartphone-smarpthone lain pada umumnya fitur kamera Xiaomi Redmi K30 ini juga lengkap dengan fitur Dual-LED Flash, HDR dan juga panorama. Dan untuk urusan perekaman video ke Empa lensa tersebut mampu untuk merekam gambar dengan kualitas 2160 pixel pada frame rate 30fps, 1080 pixel pada frame rate 30 atau 120 fps dan yang terakhir adalah 720 pixel dengan frame rate 960fps untuk pengambilan gambar super slow motion.

Baca Juga

Sedangkan untuk kamera selfienya pada bagian depan smartphone ini terdapat 2 buah lensa yang masing-masing memiliki lensa 20MP f/2.2 sebagai lensa wide dan 2 MP f/2.4 sebagai lensa Depth Sensor untuk pengambilan foto dengan efek bokeh dan walaupun kamera depannya ini digunakan untuk kebutuhan selfie tapi tetap saja Xiaomi Redmi K30 ini memberikan fitur HDR agar penggunaanya bisa lebih maksimal. Sedangkan untuk urusan perekaman video kamera depan nya ini hanya mampu merekam gambar dengan resolusi 1080 pixel pada frame rate 30fps saja.

Performa
Dikarenakan Xiaomi Redmi K30 ini merupakan smartphone kelas menengah yang menawarkan performa yang bisa dikatakan sedang, maka tidak heran jika smartphone ini sudah menggunakan prosessor Qualcomm Snapdragon 730 dengan fabrikasi 8 nm yang dipadukan dengan GPU Adreno 618 tentunya akan menawarkan performa yang sangat baik, tidak hanya untuk urusan penggunaan sedang, tapi GPU tersebut juga sangat memadai untuk kebutuhan gaming berat hingga sedang untuk rentang harga yang ditawarkan.

Selain itu performanya juga semakin OK berkat adanya varian Ram yang tersedia dalam 2 pilihan yakni 6 GB dan juga 8 GB yang sangat membantu dalam urusan Multitasking, untuk beberapa aplikasi yang paling sering digunakan sehari-hari seperti instagram, facebook, whatsaapp dan juga browsing-browsing lainnya mampu dijalankan oleh Xiaomi Redmi K30 dengan sangat mulus tanpa ada kendala sama sekali.

Penyimpanan
Dalam hal penyimpanan disini Xiaomi menawarkan Xiaomi Redmi K30 ini dengan 4 Varian penyimpanan dengan msaing-masing penyimpanan yang berbeda kapasitas Ram dimana diantaranya tersedia penyimpanan 64 GB dengan Ram sebesar 6 GB, Penyimpanan 128 GB dengan Ram sebesar 6 GB, Penyimpanan 128 GB dengan varian Ram 8 GB dan juga penyimpanan 256 GB dengan Ram sebesar 8 GB yang tentunya akan sangat berpengaruh pada harga yang ditawarkan Xiaomi.

Namun dari semua varian tersebut tentunya tidak akan semuanya ready dan resmi masuk ke indonesia dikarenakan unit yang masuk ke indonesia hanya yang tertera pada daftar harga yang akan admin coba sebutkan di bawah nantinya. Dengan ruang penyimpanan dan Ram yang sebegitu luas admin rasa sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan harian dari masing-masing pengguna, akan tetapi bagi yang masih mera kurang dengan kapasitas penyimpanan internal yang ditawarkan Xiaomi Redmi K30 ini pengguna masih bisa menambahkan penyimpanan tambahan melalui Slot Micro SD yang Hybrid dengan kartu sim, jadi pengguna harus memilih apakah ingin menggunakan 2 kartu SIM namun tidak ada ruang untuk Micro SD atau hanya menggunakan 1 kartu SIM dan bisa memanfaatkan 1 slot untuk kartu Micro SD yang mampu di baca hingga 256GB.

Lain-lain
Seperti kebanyakan smartphone-smartphone lain pada umumnya, Xiaomi Redmi K30 ini juga sudah memiliki fingger print under display, sensor Accelerometer, Gyro, Proximity dan juga Compass dan tidak luput dari smartphone Xiaomi adalah infrared yang sangat berguna untuk menjadikan smartphone sebagai remote saat perangkat peralatan rumah tangga anda kehilangan remote. Walaupun fitur ini sudah tergolong lawas, namun fitur lawas inilah yang sudah sangat jarang di temukan pada smartphone-smartphone zaman sekarang.

Tidak hanya itu Xiaomi juga sudah menyematkan NFC untuk koneksi smartphone ke TV tanpa harus menggunakan kabel lagi dan fitur ini biasanya hanya ditemukan pada smartphone kelas flagship. Sekalipun Xiaomi Redmi K30 ini bukan sebuah smartphone gaming, tapi Xiaomi sudah membekali smartphone yang satu ini dengan kapasitas baterai yang lumayan yakni 4.500mAh dan pengalaman dari banyak pengguna mengatakan bahwa dengan kapasitas baterai segitu bisa bertahan hingga seharian.

Harga
Dari segi harga Xiaomi Redmi K30 ini dibandrol mulai dari angka Rp 4.420.000 hingga Rp 6.000.000 Tergantung dari pilihan Ram dan Rom yang ditawarkan.

Detail Specs
Dimensi
Berat
165.3 x 76.6 x 8.8 mm
208 gram
Layar

Teknologi Layar
Ukuran Layar
Screen To Body Ratio
Resolusi Layar
Kepadatan Layar
Rasio Layar
Fitur Layar
Refresh Rate Layar
Proteksi Layar


IPS LCD Capasitive Touch Screen ( 16 Juta Warna )
6.67 Inch
84.8%
1080 x2400 pixel
395 ppi
20 : 9
HDR 10
120 Hz
Corning Gorilla Glass 5
Kamera Utama

Resolusi Lensa Utama
Resolusi Lensa Kedua
Resolusi Lensa Ketiga
Resolusi Lensa Ke Empat
Fitur Kamera


Perekaman Video



Kamera Selfie

Lensa Utama
Lensa Kedua
Fitur
Perekaman Video
Quad Camera

64MP f/1.9 sebagai lensa Wide dengan fitur PDAF
8MP f/2.2 sebagai lensa Ultrawide
2MP f/2.4 sebagai lensa Makro
2MP f/2.4 sebagai Depth Sensor
Dual-LED Flash
HDR
Panorama
2160 pixel pada frame rate 30fps
1080 pixel pada frame rate 30 atau 120fps
720 pixel pada frame rate 960fps

Dual Camera

20MP f/2.2 sebagai lensa Wide
2MP f/2.4 sebagai Depth sensor
HDR
1080 pixel pada frame rate 30fps
Performa

Prosesor
GPU
RAM


Qualcomm Snapdragon 730
Adreno 618
6/8 GB
Penyimpanan

Internal
External


64/128/256 GB UFS 2.1
Micro SD Maksimal 256GB
Konektivitas

Bluetooth





WLAN





NFC

Infrared


5.0
A2DP
LE
aptX
HD

Wi-Fi 802.11
a/b/g/n/ac
dual-band
Wi-Fi Direct
Hotspot

Tersedia

Tersedia
Sensor
Fingger Print Under Display
Accelerometer
Proximity
Gyro
Compass
Lain-lain

Radio
GPS



USB



Pengisian Daya
Kapasitas Baterai


FM Radio
A-GPS
GLONASS
GALILEO
BDS
Type-C
2.0
1.0 Reversable Conector
USB OTG
Fast Charging 27 Watt
4.500mAh
Warna
Blue
Red
Purple
OS
Android 10
MIU 11
Harga
Rp
Rp
RP
Rp

Baca Juga
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy A20s
Spesifikasi & Harga Asus ROG Phone 2

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »